Diperbaharui pada Selasa, 11 Mei 2021 | 13:52

3 Indonesia Tingkatkan Kapasitas Jaringan Selama Libur Lebaran

peningkatan jaringan 3 indonesiaFoto: 3 Indonesia

Larangan mudik Lebaran di 2021 membuat sebagian besar masyarakat Indonesia akan tetap di rumah, dan 3 Indonesia akan meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan selama libur Idul Fitri.

Peningkatan pelayanan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan 3 yang ingin melakukan silaturahmi secara virtual, sekaligus untuk mengakses berbagai konten hiburan selama libur Lebaran.

Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 3 Indonesia telah dilakukan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia (71 titik di Kalimantan dan Sumatra, 8 titik di Sulawesi, 135 titik di Pulau Jawa dan Bali).

Selain itu, 3 juga menambah Cell on Wheels (COW) yang tersebar di Pulau Jawa, yaitu di Kota Bandung, dan Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo dan Surabaya. 

Optimisasi juga dilakukan di bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, jalur utama transportasi darat, tempat ibadah, rumah sakit, daerah wisata, serta area pemukiman padat penduduk.

Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia, M. Danny Buldansyah, mengatakan bahwa 3 akan mengawasi trafik melalui NOC (network operation center).

Optimisasi yang telah dilakukan ini mampu mengatasi terjadinya tambahan lonjakan trafik hingga 35% terhadap kapasitas jaringan 3. Jaringan ini juga didukung dengan jaringan 4.5G Pro.

Menurut data yang dirilis oleh 3 Indonesia, volume trafik data tercatat mengalami peningkatan saat libur Idul Fitri, karena di masa ini, akses aplikasi chatting seperti WhatsApp dan media sosial meningkat tajam, termasuk akses pada konten-konten digital seperti streaming video dan game.

3 Indonesia merilis data pada minggu ketiga Ramadan, dimana terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube (22%), Shopee (21%), TikTok (20%), dan Mobile Legends (19%). 

Kenaikan trafik diprediksi akan terus meningkat hingga momen Idul Fitri, dengan angka kenaikan tertinggi terdapat di kota Bekasi, Tangerang, dan Bogor.

Untuk mengantisipasi terjadi keadaan darurat cadangan daya (power backup) juga selalu sedia di setiap unit BTS. Pelanggan 3 Indonesia juga dapat mengakses Call Center 132 yang beroperasi secara penuh selama 24/7.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.