Diperbaharui pada Minggu, 1 Januari 2023 | 14:42

Kilas Balik Sejarah Perkembangan Laptop, Komponennya Gede

sejarah laptop

Dunia telah lama mengenal komputer jinjing atau yang biasa dikenal baik sebagai “laptop”. Gawai berteknologi tinggi dalam ukuran yan ringkas dan mudah dibawa kemana-mana ini telah cukup lama hadir sebagai pengganti Personal Computer (PC) untuk urusan sehari-hari, mulai dari mengetik, berselancar di internet, hingga desain.

Akan tetapi, dari manakah benda mungil ini berasal? Bagaimanakah perjalanan dan sejarah laptop hingga bisa mencapai bentuk minimalis seperti sekarang ini?

Sejarah Laptop

sejarah laptoplaptop via pexels.com

Sejak awal tahun 70-an, wacana menciptakan komputer yang dapat dibawa dan digunakan kemana-mana telah jadi perbincangan serius di kalangan produsen dan desainer PC. Lewat makalah “Dynabook” hasil buah tangan Alan Key, seorang penulis buku komputer yang juga merupakan pemilik dari sebuah perusahaan percetakan buku.

Di dalamnya, Alan menjelaskan mengenai konsep dasar mengenai komputer yang dapat dibawa kemana-mana dan tidak perlu tersambung ke aliran listrik setiap saat. Konsep ini disebut pula sebagai personnel, portable information manipulator. Dari sinilah akhirnya sejarah laptop dimulai. Dari sebuah ide, akhirnya menjadi kreasi teknologi yang dipergunakan secara luas.

Meskipun begitu, Alan bukanlah orang yang akhirnya menciptakan laptop. Sejarah laptop pertama malah lahir dari hasil buah tangan Adam Osborne di tahun 1975. Dalam merealisasikan idenya tersebut ia bekerjasama dengan Felsenstein, seorang pemilik perusahaan produsen perangkat keras, yang juga merupakan profesional yang ahli dalam membuat sirkuit prosesor.

Adam Osborne

Adam Osborne adalah seorang berkewarganegaraan Amerika dengan keturunan Inggris yang lahir di Thailand pada tahun 1939. Ia dikenal publik berkat penemuan besarnya, yaitu komputer jinjing atau laptop. Bisa dibilang, ia adalah penemu yang mengawali sejarah laptop hingga masif seperti sekarang ini.

adam osborne
Adam Osborne via crashtestentrepreneur.com

a. Tentang Adam Osborne

Walaupun memiliki warga negara Amerika Serikat, ternyata Adam dan keluarganya cukup sering berpindah-pindah. Ia dan keluarganya sempat merasakan tinggal di Thailand dikarenakan ayahnya yang berprofesi sebagai dosen di Chulalongkorn University. Setelah itu, ia juga sempat tinggal di Kodaikanal, India hingga kelas 6.

Di tempat ini juga, akhirnya ia dan 2 saudarinya belajar bahasa setempat. Diketahui jika Adam dan keluarganya ternyata juga dapat berbicara bahasa tamil dengan lancar. Di tahun 1949, Adam dan keluarganya pun harus kembali ke Inggris.

Ia menyelesaikan studi hingga mendapatkan gelar Master di University of Birmingham, lalu dilanjutkan dengan gelar Ph.D yang didapatkannya di University of Delaware. Di sinilah akhirnya ia terekspos dengan teknologi perangkat lunak dan mendalami ketertarikannya di dunia desain komputer. Sejarah laptop pertama pun dimulai dari perjalanannya ini.

adam osborne
Adam Osborne via i-programmer.info

Namun, sebelum dikenal sebagai orang yang memulai sejarah laptop, Adam Osborne telah dikenal di dunia kepenulisan bertemakan komputer. Ia adalah seorang pionir untuk buku-buku bertemakan komputer, yang diterbitkannya lewat perusahaan yang didirikannya pada tahun 1972, Osborne & Associates.

Perusahaan ini secara khusus menerbitkan manual atau petunjuk mudah untuk menggunakan komputer. Tidak kurang dari 40 judul buku telah dikeluarkan oleh perusahaannya. Ia pun diketahui merupakan anggota dari organisasi bernama Mensa, yang merupakan organisasi bagi orang-orang dengan IQ tinggi.

b. Awal Mula Bisnis dan Karir

adam osborne
Adam Osborne via parrikar.com

Di tahun 1975, Adam bersama rekannya menciptakan komputer jinjing pertama di dunia, yang ia beri nama Osborne 1. Akhirnya, sejarah laptop pun dimulai olehnya. Di awal kemunculannya, Osborne 1 memiliki berat mencapai 10 kilogram dan dirancang secara khusus agar dapat muat di bawah kursi penumpang pesawat.

Setelah karyanya tersebut mendapat tanggapan positif dari khalayak ramai, akhirnya ia pun mendirikan Osborne Computer Corporation.  Osborne 1 pun diproduksi secara massal. Bahkan, di masa kejayaannya Osborne 1 dapat terjual 10.000 unit tiap bulannya! Adam Osborne merupakan salah satu pionir yang memulai sejarah laptop.

Ia mengerti betul, jika pasar bagi orang yang membutuhkan laptop sangatlah besar dan tidak terbatas hanya bagi yang hobi utak-atik komputer saja. Pada saat yang sama, IBM menjual komponen PC secara terpisah, sehingga orang lebih tertarik dengan Osborne 1 yang portabel dan bisa langsung digunakan.


Osborne I, laptop pertama di dunia ciptaan Osborne Computer Corporation via inexhibit.com

Sayangnya, reputasi perusahaannya mengalasi kejatuhan di tahun 1983, ketika ia berbual jika telah memiliki dua desain komputer mutakhir yang siap dipasarkan. Nyatanya, hal tersebut hanya cara agar perusahaannya mendapat konsumen lebih banyak. Hal ini juga yang membuat penjualan Osborne 1 mengalami penurunan drastis.

Padahal, sejarah laptop inilah yang menjadi tulang punggung pendapatan perusahaannya. Tepat pada tanggal 13 September 1983, Osborne Computer Corporation pun dinyatakan bangkrut dan penjualan Osborne 1 terhenti sejak itu. Namun, hal ini ternyata menciptakan tren baru di dunia komputer, karena produsen lain akhirnya mengikuti jejak Osborne untuk mengeluarkan seri laptopnya sendiri. Sejarah laptop pun terus berlanjut.

Lalu, di tahun 1984 ia pun sempat membuat perusahaan perangkat lunak yang bernama Paperback Software International, dengan mengeluarkan sebuah perangkat lunak untuk word processing. Sayangnya, perangkat lunak miliknya tersebut digugat oleh perusahaan pembuat “Lotus”.

Perusahaannya dituding melakukan pencurian hak cipta, karena perangkat miliknya memiliki kesamaan dengan Lotus 1-2-3. Perusahaannya pun kalah di dalam pengadilan, dan bapak sejarah laptop dunia ini memutuskan hengkang dari perusahaan.

c. Kehidupan Pribadi Adam Osborne


Adam Osborne memamerkan Osborne I di media cetak via inexhibit.com

Kehidupan pribadi dari “bapak sejarah laptop dunia” ini juga tidak lepas dari pasang surut. Ia diketahui telah menikah sebanyak 2 kali, yang pertama dengan Cynthia Geddes dan harus mengalami perceraian. Setelahnya, ia menikah dengan Barbara Zelnick. Dari pernikahan keduanya, mereka memiliki 3 orang anak.

Salah satunya adalah Paulus Osborne, seorang ahli pendidikan dan penulis yang dikenal baik oleh akademisi dari seluruh dunia. Sayangnya, pernikahan keduanya pun mengalami kegagalan. Adam dan Barbara pun akhirnya berpisah.

Tepat pada tahun 1992, untuk “menenangkan diri”, akhirnya Adam Osborne pun pergi dari Amerika dan kembali ke India, tempat ia menghabiskan masa kecilnya. Alasan lain bapak penemu yang memulai sejarah laptop ini kembali ke India adalah untuk pengobatan, karena ia diketahui mengidap gangguan otak kronis yang memicu terjadinya stroke.

Pada akhirnya, ia pun menghembuskan nafas terakhirnya di tempat ini, tepat di usia 64 tahun. Ia meninggal pada 18 Maret 2003. Meskipun begitu, sejarah laptop miliknya di dunia teknologi terus dikenal hingga saat ini. Berikut ini adalah rangkuman biografi bapak laptop dunia, Adam Osborne.

  • 1939 – Adam Osborne lahir di Bangkok, Thailand
  • 1961 – Lulus  dari University of Birmingham dan mendapat gelar Ph.D. dari University of Delaware
  • 1970-an – Melepas pekerjaannya sebagai teknisi kimia di Shell Oil dan mendalam dunia komputer
  • 1972 – Mendirikan Osborne & Associates, perusahaan penerbitan buku komputer.
  • 1975 – Menciptakan Osborne 1, laptop pertama di dunia
  • 1979 – Menjual perusahaan Osborne & Associates senilai 3 juta dollar, sebagai modal untuk Osborne 1
  • 1981 – Mendirikan Osborne Computer Corporation. Osborne 1 diproduksi secara massal
  • 1983 – Osborne Computer Corporation mengalami kebangkrutan
  • 1984 – Mendirikan Paperback Software International, menciptakan perangkat lunak mirip Lotus 1-2-3
  • 1987 – Lotus Corporation mengajukan gugatan atas pelanggaran hak cipta ke Paperback Software
  • 1990 – Lotus Corporation memenangkan gugatan. Osborne pun mundur dari perusahaan tersebut
  • 1992 – Pindah ke Kodaikanal, India untuk “menenangkan diri” dan menjalankan pengobatan
  • 2003 – Meninggal dunia akibat gangguan otak kronis dan stroke

Sejarah Laptop Pertama di Dunia

osborne 1
Osborne I via wikipedia.com

Osborne 1 merupakan microcomputer yang memulai sejarah laptop. Perangkat ini merupakan laptop pertama kali diproduksi secara massal. Saat peluncurannya, harga laptop ini mencapai USD 1,795 atau sekitar 16 juta rupiah. Pada saat itu, harga tersebut cukup mahal. Sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.

Walaupun begitu, Osborne 1 termasuk salah 1 laptop yang paling revolusioner di zaman tersebut, khususnya karena ukurannya yang portabel dan dapat dipindahkan dengan mudah. Laptop ini dilengkapi dengan 2 slot floppy disk, layar sebesar 5  inci, dan juga keyboard yang menempel langsung ke monitor.

Akan tetapi, Osborne 1 belum dilengkapi dengan baterai yang tertanam di dalamnya, sehingga kita masih membutuhkan aliran listrik untuk menyalakannya. Kendati demikian, perangkat yang memulai sejarah laptop ini memilik baterai cadangan yang dapat bertahan beberapa menit saja.

kayproo II
Kayproo II via classiccmp.org

Untuk masalah sistem operasi, Osborne 1 menggunakan CP/M 2.2, yang merupakan salah satu sistem operasi (OS) yang cukup mumpuni di zamannya. Sayangnya, selain bentuknya yang portabel, laptop ini tidak memiliki kelebihan lain dibanding kompetitornya. Dengan memori yang cenderung kecil, Osborne 1 bukanlah microcomputer tercepat di zamannya. Meskipun begitu, laptop ini ternyata sangat laris di pasaran. Sehingga, sejarah laptop yang satu ini tidak bertahan begitu lama.

Dalam 8 bulan sejak peluncurannya di bulan April 1981, Osborne 1 telah laku sebanyak 11.000 unit. Bahkan, di era keemasannya Osborne 1 dapat terjual hingga 10.000 unit per bulan. Angka yang sangat fantastis! Bisa dibilang, perusahaan yang memulai sejarah laptop ini berhasil merevolusi industri komputer selamanya

Sayangnya, Osborne Computer Corporation tidak dapat memenangkan hati konsumen dalam waktu yang lama. Di tahun 1983, Osborne 1 miliknya disaingin oleh Kaypro II, sebuah laptop yang lebih praktis dengan layar 9 inci. Di tahun 1983, IBM juga mengeluarkan produk serupa, yaitu Compaq Portable.

Dikarenakan kompetisi yang semakin berat, akhirnya popularitas Osborne 1 pun menurun dan ditelan perkembangan zaman. Sejarah laptop yang satu ini harus terhenti.

Laptop dari Masa ke Masa

  • 1981 Osborne 1
  • Laptop pertama di dunia dengan berat 10 kilogram dan dilengkapi layar 5 inci, keyboard, dan 2 slot floppy disk. Dirancang oleh Osborne Computer Corporation.
  • 1982 Grid Compass
  • Awalnya dikembangkan khusus bagi para eksekutif, lalu digunakan tentara Amerika di lapangan dan oleh NASA di pesawat ulang-alik pada era 80 sampai 90-an.
  • 1983Compaq Portable
  • Diluncurkan oleh IBM, yang merupakan komputer laptop pertama dengan sistem yang 100% kompatibel dengan perangkat lunak lain.
  • 1984 Gavilan SC
  • Komputer pertama yang dipasarkan sebagai “laptop” dan merupakan laptop pertama yang dilengkapi dengan touchpad.
  • 1984 Commodore SX-64
  • Laptop Seukuran sebuah koper, versi portabel dari Commodore 64 home computer, yang diketahui sebagai laptop pertama di dunia yang telah dilengkapi layar full-colour.
  • 1985 Kaypro 2000
  • Kaypro 2000 merupakan laptop yang paling mendekati bentuk laptop era modern di masa itu.
  • 1986 IBM PC Convertible
  • Laptop yang dikeluarkan oleh IBM dan dilengkapi LCD CGA-compatible serta 2 slot floppy disk. Berat laptop berkisar 5 kilogram. Laptop paling ringan di masanya.
  • 1987 HP Vectra Portable CS
  • Rilis di tahun 1987, yang dilengkapi dengan floppy disk 20 MB, layar 3,5 inci dan keyboard mirip laptop modern (telah memisahkan tombol angka dan huruf).
  • 1989 Apple Macintosh Portable
  • Merupakan komputer portabel keluaran Apple, penerus macintosh yang gagal di pasaran. Komputer ini sempat menuai komen positif karena baterai yang tahan lama dan layar yang cerah.
  • 1991 Apple Powerbook
  • Pionir laptop modern, dengan bentuk laptop yang telah menyerupai laptop modern. Dilengkapi oleh trackball sebagai pengganti mouse dan desain palm rest.
  • 1992 IBM Thinkpad
  • Laptop keluaran IBM yang dilengkapi dengan trackpoint yang letaknya tepat di tengah-tengah keyboard dan berfungsi menggantikan mouse. Telah dilengkapi memori sebesar 810 MB dan RAM 8 MB.
  • 1999 Apple iBook
  • Apple merevolusi desain laptop modern dengan mengeluarkan iBook dengan bodi berbentuk clamshell.
  • 2002 Compaq TC1000
  • Merupakan laptop touchscreen pertama di dunia. Keyboard dari laptop ini dapat diputar dan juga dilepas.
  • 2003 Brand laptop seperti Dell, Lenovo, Toshiba, dan lainnya
  • Produsen laptop semakin banyak bermunculan, seperti Dell, Lenovo, dan Toshiba. Masing-masing memperkenalkan seri laptopnya masing-masing
  • 2008 Macbook Air
  • Apple memperkenalkan laptop tertipis di dunia pertama, yaitu Macbook Air. Perangkat ini memiliki bodi yang minimalis dan baterai yang tahan lama.
  •  2012 Microsoft Surface
  • Microsoft mengeluarkan laptop hybrid yang telah touch-friendly, yaitu Surface.
  • 2015 Microsoft Surface Book
  • Seri Microsoft Surface Book merupakan penerus Microsoft Surface yang telah disempurnakan, dengan spek yang lebih mumpuni untuk pekerjaan berat. Laptop ini pun dapat dilepas dari keyboard menjadi layaknya tablet PC.
  • Saat Ini
  • Laptop hybrid 2-in-1 terus bermunculan dan terus melakukan evolusi untuk performa yang lebih baik.
Like us!
Imam Ali

Content Writer

1707 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.