Diperbaharui pada Rabu, 31 Januari 2024 | 09:04

Fitur AI yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Samsung Galaxy S24 Series

harga samsung galaxy s24 ultra

Samsung resmi meluncurkan perangkat smartphone flagship terbarunya belum lama ini, Galaxy S24 Series yang terdiri dari Galaxy S24, Galaxy S24+ dan Galaxy S24 Ultra. Ketiganya hadir sebagai game changer yang memaksimalkan fungsi AI untuk memudahkan keseharian penggunanya.

Beragam fitur yang didukung oleh teknologi AI pada Samsung Galaxy S24 Series dapat ditemukan di antaranya pada fitur ‘Circle to Search with Google’ yang memudahkanmu untuk mencari tahu tentang objek yang ditemui di sekitar, dengan cara melingkari objek tersebut di layar smartphone.

Selain itu, Samsung Galaxy S24 Series juga dibekali dengan teknologi komunikasi lintas bahasa menggunakan fitur ‘Live Translate’ dan ‘Chat Assist’, ‘Web Assist’ yang mengubah cara membaca informasi online, ‘Transcript Assist’ yang memudahkan pembuatan transkrip saat meeting atau wawancara, dan ‘Note Assist’ yang menyederhanakan proses membuat Minutes of Meeting (MoM).

Semua fitur AI tersebut hanya bisa kamu dapatkan di perangkat smartphone Samsung Galaxy S24 Series. Berikut penjelasan lebih mendetail untuk setiap fitur dan manfaatnya untukmu.

Circle to Search with Google Buat Kamu yang Kepo

harga samsung galaxy s24 ultra

Setiap orang pasti pernah merasa penasaran ketika melihat satu objek tertentu saat bepergian, termasuk kamu, entah itu pakaian, sepatu, atau aksesoris yang dipakai oleh orang lain dan di mana kira-kira kamu bisa membelinya, hingga objek landmark yang ingin kamu ketahui sejarahnya.

Samsung Galaxy S24 Series bisa menjawab rasa penasaranmu dengan menghadirkan fitur Circle to Search with Google yang dapat digunakan untuk mencari berbagai informasi tentang objek atau produk di sekitarmu.

Bila kamu suka belanja produk fashion, maka kamu bisa dengan mudah menemukan brand baju, celana sampai sepatu yang ada di layar smartphone, atau mencari alternatif barang serupa di online shop. Untuk menggunakannya, cukup tekan tombol ‘Home’ yang terletak di bawah layar selama beberapa detik, lalu lingkari objek yang ingin kamu cari. 

Setelah objek dilingkari, AI pada Samsung Galaxy S24 Series akan langsung mendeteksi objek tersebut dan memunculkan pop up browser berisi informasi situs yang menjual barang tersebut ataupun barang yang menyerupai.

Untuk kamu yang suka traveling, fitur Circle to Search with Google ini juga bisa digunakan untuk mendapatkan informasi tentang objek-objek atau landmark yang ditemui selama perjalanan. Fitur ini juga bisa dipakai untuk mencari spot-spot destinasi wisata. 

Komunikasi Lintas Bahasa Pakai Live Translate dan Chat Assist

harga samsung galaxy s24 ultra

Komunikasi adalah salah satu aktivitas yang sangat krusial dalam keseharian, apalagi kalau sudah menyangkut kebutuhan profesional seperti belajar atau bekerja. Bila terkendala dengan bahasa, bisa saja terjadi salah persepsi atau pemahaman, sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal.

Samsung Galaxy S24 Series dapat mengatasi kendala bahasa ini melalui fitur Live Translate dan Chat Assist yang menggunakan teknologi AI untuk membantu kamu berkomunikasi lintas bahasa saat melakukan penggilan telepon, chat, atau berkirim email.

Kamu dapat menggunakan fitur Live Translate dan Chat Assist dengan cara mengaktifkannya di pengaturan melalui langkah-langkah sbb:

  1. Buka pengaturan pada smartphone Samsung Galaxy S24 Series.
  2. Klik opsi ‘Pengaturan Panggilan’.
  3. Pilih ‘Terjemahan Langsung’ untuk mengaktifkan fitur Live Translate.
  4. Pilih ‘Panggilan Teks’ untuk mengaktifkan fitur Chat Assist.

Live Translate akan secara otomatis menerjemahkan suara dan teks dua arah secara real-time pada panggilan telepon. Percakapan akan langsung diterjemahkan secara instan melalui tampilan split-screen, dan fitur ini dapat digunakan tanpa koneksi data seluler maupun wi-fi.

Fungsi serupa ada pada fitur Chat Assist yang dapat membantu kamu dalam memperbaiki nada bicara di dalam teks, sehingga sesuai dengan apa yang kamu maksud. Fitur ini bisa digunakan saat chat di aplikasi berbagi pesan, saat membuat konten media sosial, berkirim email, hingga kebutuhan berbasis teks lainnya secara real-time.

Browsing Internet Lebih Mudah Pakai Web Assist

harga samsung galaxy s24 ultra

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda, ada yang masih bisa santai di sela aktivitas, ada juga yang saking sibuknya, hingga setiap melakukan sesuatu harus dilakukan dengan cepat, misalnya saat browsing internet untuk membaca artikel.

Bagi kamu yang terkadang hanya punya sedikit waktu, fitur Web Assist pada Samsung Galaxy S24 Series akan membuat waktumu lebih efisien, karena fitur ini dapat membuat rangkuman untuk artikel panjang, sehingga waktu membacamu menjadi lebih singkat, namun informasi penting pada artikel tidak terlewatkan.

Untuk menggunakan fitur Web Assist, kamu hanya perlu memberi highlight pada tulisan yang ingin diringkas, lalu nantinya akan muncul icon Galaxy AI dan tombol ‘Summarize’. Setelah itu, semua tulisan akan diringkas secara otomatis. Selain meringkas, fitur ini juga bisa digunakan untuk menerjemahkan tulisan.

Mudahnya Membuat Transkrip Pakai Transcript Assist

harga samsung galaxy s24 ultra

Pernah menghadiri suatu acara, seminar, meeting, atau wawancara dan perlu membuat transkrip dari para pembicara atau narasumber yang hadir? Kalau biasanya aktivitas ini dilakukan secara konvensional dengan mencatat, hal tersebut tidak perlu lagi dengan fitur Transcript Assist pada Samsung Galaxy S24 Series.

Untuk menggunakan fitur Transcript Assist, kamu hanya perlu mencari dan klik tulisan ‘Transcribe’ pada aplikasi bawaan yang ada di Samsung Galaxy S24 Series, dan teknologi AI yang tersemat di smartphone akan secara otomatis mengkonversi audio menjadi tulisan.

Praktis Membuat Catatan dengan Note Assist

harga samsung galaxy s24 ultra

Ketika melakukan pertemuan, kita perlu untuk membuat Minutes of Meeting (MoM) yang mencakup poin-poin penting dalam diskusi atau pembicaraan, sehingga bisa digunakan untuk menentukan langkah selanjutnya terkait strategi atau hal lainnya.

Bila hal ini biasanya diakukan secara konvensional dengan mencatat atau mengetiknya di laptop, yang dalam jangka panjang dapat membuat catatan MoM menumpuk dan sulit dicari, fitur Note Assist di Samsung Galaxy S24 Series dapat membantu membuatnya lebih efisien.

Fitur Note Assist dibekali dengan teknologi AI yang mampu membuat ringkasan, template, hingga menyederhanakan setiap catatan MoM yang dibuat. Selain itu, hasil catatan yang tersimpan dilengkapi dengan cover dan preview singkat untuk memudahkan pencarian.

Seluruh fitur berbasis AI yang telah dijabarkan di atas hanya bisa kamu temui di perangkat smartphone Samsung Galaxy S24 Series terbaru. Fitur-fitur ini hadir untuk memberikan kemudahan serta pengalaman menggunakan smartphone yang lebih baik dan efisien.

Jika tertarik dan mau mencoba kehebatan fitur yang mengesankan ini kamu bisa menjadi salah satu dari pembeli pertama Galaxy S24 Series melalui pre-order Samsung Galaxy S24 Series hingga 6 Februari 2024, 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1519 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.