Diperbaharui pada Rabu, 5 Juli 2023 | 13:43

Tips Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik Beserta Rekomendasinya

cara memilih asuransi mobil all riskFoto: Pexels

Salah satu cara untuk melindungi kendaraan, terutama mobil, adalah dengan memiliki asuransi mobil yang mencakup perlindungan terhadap potensi atau risiko kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan, pencurian, hingga kerusakan, atau biasa disebut asuransi mobil all risk.

Terdapat beberapa jenis asuransi mobil all risk yang disediakan oleh berbagai layanan asuransi dengan penawaran yang berbeda-beda, sehingga membuat kita bertanya-tanya, mana asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan?

Melalui artikel ini, kami memberikan panduan dan tips memilih asuransi mobil all risk terbaik, termasuk beberapa rekomendasi layanan asuransi mobil yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Cara Memilih Asuransi Mobil All Risk Terbaik Sesuai Kebutuhan

cara memilih asuransi mobil all riskFoto: Pexels

Sebelum memutuskan untuk memilih satu dari beberapa opsi layanan asuransi mobil, langkah terbaik adalah dengan membandingkannya terlebih dahulu, karena dengan membandingkan penawaran asuransi mobil, maka kita akan lebih mudah menemukan produk yang paling sesuai.

Berbeda dengan asuransi total loss only, asuransi mobil all risk memiliki keunggulan lebih. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi mobil all risk.

1. Lakukan Perbandingan

Membandingkan penawaran dari berbagai layanan asuransi mobil all risk sangat penting, karena setiap layanan memiliki jenis-jenis produk yang berbeda, dengan cakupan perlindungan yang juga berbeda antara satu dengan lainnya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk perlindungan kendaraan, lalu pilih layanan asuransi mobil all risk berdasarkan kebutuhan tersebut.

Selanjutnya, cari layanan asuransi mobil all risk yang paling sesuai dengan kebutuhan, atau setidaknya yang memiliki perlindungan paling mendekati dengan kebutuhan Anda. 

Bila masih belum punya gambaran, maka perhatikan jenis kendaraan yang Anda miliki, misalnya sedan, MPV, SUV dan sebagainya, juga frekuensi penggunaan kendaraan, apakah digunakan setiap hari, atau hanya pada saat-saat tertentu saja. Dari situ, Anda bisa menentukan apa kebutuhannya.

2. Pertimbangkan Reputasi Penyedia Layanan Asuransi Mobil All Risk

Rekam jejak dari penyedia layanan asuransi mobil all risk sangat penting untuk diperhatikan, karena dengan memilih perusahaan yang memiliki reputasi baik, maka keamanan kendaraan Anda pun terjamin.

Cari informasi terkait cara penanganan klaim di penyedia layanan asuransi mobil all risk tersebut. Bila punya lebih banyak waktu, baca juga pengalaman pelanggan lainnya yang mungkin bisa ditemukan di media sosial.

3. Pahami Produk Asuransi Mobil All Risk yang Dipilih

Setiap penyedia layanan asuransi mobil all risk pada umumnya memiliki jenis perlindungan yang sama. Namun perlu diperhatikan bahwa akan ada perbedaan pada syarat dan ketentuan asuransinya. Selain itu, Anda juga perlu memahami cakupan perlindungan dan nilainya.

Pastikan Anda memahami apa saja yang didapatkan dari produk atau jenis asuransi mobil all risk yang dipilih, serta pastikan juga tidak ada ketentuan-ketentuan yang rancu, atau biaya-biaya tambahan lain di luar kebutuhan.

Rekomendasi Layanan Asuransi Mobil All Risk Terbaik di 2023

cara memilih asuransi mobil all riskFoto: Pixabay

Setelah melakukan langkah-langkah cara memilih asuransi mobil all risk sesuai kebutuhan yang telah dijabarkan sebelumnya, selanjutnya adalah memilih penyedia layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan perlindungan kendaraan Anda.

Di bawah ini adalah beberapa rekomendai penyedia layanan asuransi mobil all risk terbaik yang kami kurasi berdasarkan jenis layanan, penawaran yang diberikan, termasuk kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Garda Oto

Rekomendasi penyedia layanan asuransi mobil all risk pertama ini cukup populer di kalangan pemilik kendaraan, terutama mobil. Garda Oto memiliki dua produk perlindungan kendaraan yaitu Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive.

Perlindungan Comprehensive di Garda Oto dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Lite Package Comprehensive, Comprehensive, dan Premium Package Comprehensive. Untuk perlindungan mobil all risk, Anda bisa memilih paket Premium Package Comprehensive.

Kelebihan

  • Premi terjangkau.
  • Menyediakan opsi pembayaran yang mudah, tanpa biaya tambahan.
  • Layanan tersedia 24 jam.
  • Memiliki banyak Garda Center yang tersebar di seluruh Indonesia.
  • Proses klaim dapat dilakukan secara daring atau langsung.

Kekurangan:

  • Layanan survei di rumah hanya tersedia untuk wilayah Jakarta, Bogor, Bandung, dan Surabaya saja.

2. Insureka

Insureka adalah penyedia layanan asuransi mobil yang menawarkan berbagai jenis produk perlindungan yaitu Comprehensive Basic, Comprehensive Premium, Total Loss Only (TLO), Katastropik Polis, dan Pertanggungan Hybrid (TLO + Comprehensive).

Proses pembelian polis asuransi di Insureka dapat dilakukan di mana saja, tanpa perlu survei, sehingga sangat memudahkan pelanggan. Selain itu, jenis-jenis pertanggungannya juga bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan setiap pelanggan yang berbeda-beda.

Kelebihan:

  • Penyedia layanan asuransi hybrid pertama di Indonesia.
  • Penerbitan polis elektronik dalam 24 jam
  • Layanan call center dan bantuan darurat 24 jam.
  • Proses klaim mudah, dengan layanan antar-jemput.
  • Memiliki bengkel resmi
  • Garansi 6 bulan untuk perbaikan dan penggantian suku cadang asli

Kekurangan:

  • Layanan baru tersedia untuk wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Batam, dan Makassar.

3. Zurich

Zurich dikenal sebagai penyedia layanan asuransi mobil Autocillin yang memiliki 3 produk utama yaitu Jaminan Total Loss Only (TLO), Jaminan Comprehensive, dan Jaminan Comprehensive Plus. Ketiganya memberikan penggantian atas kerusakan akibat kecelakaan, kebakaran, dan pencurian, dengan nilai yang berbeda-beda.

Sebagai tambahan, Jaminan Comprehensive Plus memberikan penggantian lebih akibat kerusakan dan kerugian yang disebutkan di atas, yang mencakup perlindungan atas risiko angin topan, banjir, badai, hujan es, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, huru-hara, kerusuhan, serta kecelakaan diri dan penumpang

Kelebihan:

  • Menyediakan jenis layanan yang bisa disesuaikan untuk setiap kebutuhan.
  • Pengajuan klaim mudah melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim.
  • Pemantau proses klaim melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim.
  • Penggantian mobil untuk kerusakan total dalam 6 bulan pertama masa perlindungan.
  • Jaminan seumur hidup untuk cat di Garasi Autocilin selama masa perlindungan.
  • Layanan antar-jemput mobil.

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengeluhkan pengalaman pengguna yang kurang optimal saat menggunakan aplikasi.

4. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi mobil Sinarmas menyediakan 2 jenis layanan yaitu Jaminan Gabungan (Comprehensive) dan Jaminan Total Loss Only (TLO). Kedua jenis layanan ini dapat diperluas cakupannya, untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada layanan Jaminan Gabungan, Sinarmas turut memberikan penggantian untuk kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan selama penyeberangan dengan kapal feri, atau alat penyeberangan lain yang berada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat.

Kelebihan

  • Menerima mobil dengan usia lebih dari 10 tahun.
  • Menyediakan fasilitas derek dan call center 24 jam.

Kekurangan:

  • Batas usia kendaraan untuk Jaminan Gabungan lebih dari 5 tahun, dikenakan loading premi minimal 5% per tahun.
  • Batas usia kendaraan untuk Jaminan TLO lebih dari 10 tahun dikenakan loading premi minimal 5% per tahun.

5. Asuransi Central Asia (ACA)

Asuransi mobil ACA adalah salah satu rekomendasi layanan penyedia asuransi mobil all risk dengan harga premi mulai dari Rp 3 jutaan per tahunnya. Untuk produk asuransinya sendiri, ACA menawarkan 2 jenis produk, yaitu Comprehensive dan Otomate.

Comprehensive adalah jenis asuransi mobil all risk yang mencakup jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan atau kerusakan sebagian maupun keseluruhan, yang diakibatkan oleh faktor eksternal seperti kejatuhan benda, tabrakan, benturan, dan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, jaminan comprehensive juga memberikan ganti rugi akibat kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, hingga perampokan. Sementara untuk Otomate, jaminan ini merupakan produk asuransi kendaraan yang dikemas khusus dalam bentuk paket.

Kelebihan:

  • Fasilitas layanan mobil pengganti, perbaikan darurat, hingga mobil derek untuk produk Otomate.
  • Risiko tanggungan menyeluruh untuk produk Otomate Solitaire.
  • Memiliki lebih dari 400 bengkel rekanan di seluruh Indonesia.

Kekurangan:

  • Usia maksimal kendaraan adalah 7 tahun.

Dengan mengikuti tips dalam artikel ini, diharapkan Anda semakin teliti ketika akan memilih layanan penyedia asuransi mobil all risk, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Dengan memilih layanan penyedia asuransi mobil all risk yang tepat, maka kita tidak akan terbebani dengan biaya-biaya di luar budget. Selain itu, sebagai pemilik mobil, kita bisa tenang karena seluruh kebutuhan sudah tercakup dengan baik.

Semoga tips dari kami ini bermanfaat, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1502 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.