Diperbaharui pada Jumat, 20 Oktober 2023 | 11:57

3 Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke Hp Baru Android dan iPhone

cara memindahkan chat dan data whatsappFoto: Pexels

WhatsApp adalah salah satu aplikasi berbagai pesan yang paling banyak digunakan saat ini. Berbagai data menjadi hal umum di WhatsApp, jadi tidak heran jika banyak orang menyimpan data-data penting di WhatsApp. Lalu bagaimana bila akan ganti hp?

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi personal saja, namun juga untuk kepentingan bisnis. Pelaku usaha umumnya menggukan WhatsApp Bisnis sebagai media komunikasi.

Namun, berbeda dengan cara menggunakan satu akun WhatsApp di dua hp, bila Anda mengganti smartphone, maka data pada akun WhatsApp di hp sebelumnya akan hilang. Berikut cara agar data dan chat WhatsApp tidak hilang saat ganti hp baru.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp ke Hp Baru

cara transfer data dan chat whatsapp ke hp baruFoto: Faq WhatsApp

Hal ini sering menjadi pertanyaan para pengguna WhatsApp. Bagaimana tidak, kita tentunya tidak ingin direpotkan dalam memindahkan data WhatsApp ke hp baru apalagi jika kehilangan data tersebut.

Tapi sekarang, Anda tidak perlu pusing. Kami akan berikan 3 cara mudah untuk memindahkan data WhatsApp dari hp lama ke hp baru.

1. Google Drive Backup dan Restore

Jika Anda menggunakan versi WhatsApp terbaru, Anda akan mendapatkan fitur backup Google Drive otomatis, yang membuat proses mentransfer riwayat obrolan WhatsApp antar hp menjadi lebih mudah daripada sebelumnya.

  • Ketuk tiga titik di kiri atas layar dan masuk ke Pengaturan, Chat, Backup Chat.
  • Disini Anda dapat mengatur waktu backup otomatis secara manual.
  • Obrolan dan kontak akan langsung muncul di aplikasi, sementara media seperti foto dan video juga akan terunduh secara otomatis.

2. Backup Chat Secara Manual

Jika Anda masih menggunakan WhatsApp versi lama yang belum memiliki fitur backup otomatis, mungkin Anda bisa mencoba cara backup manual sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan WhatsApp, pilih “chat and call” lalu ketuk “backup chat”.
  • Jika hp Android lama dan baru Anda sama-sama menggunakan kartu SD eksternal untuk memori, cukup backup ke kartu SD dan kemudian logout akun WhatsApp dari hp lama, dan login ke hp baru. Restore dari kartu SD ke WhatsApp yang baru dipasang di hp baru Anda.
  • Untuk hp yang menyimpan data WhatsApp ke memori internal, hubungkan hp Anda ke PC dengan kabel USB, dan navigasikan ke memori internal perangkat ke folder WhatsApp / Database. Salin file yang ingin Anda pindahkan ke PC Anda.
  • Install WhatsApp di hp baru Anda tetapi jangan mulai aplikasinya.
  • Hubungkan perangkat baru Anda ke PC melalui USB. 
  • Pindahkan file yang sudah disalin ke PC Anda tadi ke dalam folder yang sudah tersedia.
  • Sekarang mulai WhatsApp di hp baru Anda dan verifikasi nomor telepon Anda. Kemudian akan muncul notifikasi “Backup Chat”, pilih “Restore”. Setelah beberapa detik, semua pesan Anda seharusnya muncul di perangkat baru Anda.

3. Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android

Bagaimana jika memindahkan chat WhatsApp dari iPhone ke Android? Hal ini juga sering menjadi pertanyaan dari para pengguna WhatsApp. Perlu diingat, bahwa perangkat iOS dan Android sangatlah berbeda. Anda memerlukan pihak ketiga untuk melakukan cara ini. 

Pengguna iPhone, dapat menggunakan iCloud untuk mendapatkan pesan lama mereka di iPhone baru. Sedangkan pengguna Android dapat menggunakan fitur cadangan Google Drive.

Caranya, pindahkan data WhatsApp ke PC Anda, kemudian salin data tersebut ke hp Android Anda. Lakukan cara ini persis seperti pada cara nomor 2. Cara ini juga berlaku untuk memindahkan data WhatsApp dari hp Android ke iPhone.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan cara-cara tersebut, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data penting di WhatsApp saat mengganti hp baru. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.