Diperbaharui pada Selasa, 7 Februari 2017 | 11:31

Update Google Maps Hadirkan Informasi Transportasi Kian Lengkap

Google terus mengembangkan aplikasi Google Maps untuk mempermudah para penggunanya. Untuk itu, Google terus menghadirkan update yang berisi fitur-fitur baru. Bila sebelumnya, Google menghadirkan update beta yang berisi pencarian tempat parkir, kali ini Google menghadirkan update Google Maps yang berisi informasi real time untuk transportasi.

Google menempatkan tombol transit dan traffic di bar bagian bawah. Dengan hal ini, pengguna bisa mencari restoran hingga SPBU terdekat, informasi lalu lintas hingga jadwal bus dan kereta. Fitur terbaru Google maps ini sebetulnya sudah diuji coba sejak sebulan lalu dan mendapat respon sangat baik. Alhasil Google menghadirkan update ini lebih cepat.

Tombol bar pada bagian bawah Google Maps memungkinkan pengguna untuk mengusapnya ke arah atas guna menampilkan lebih banyak informasi. Dalam tab baru ini, pengguna bisa mencari berdasarkan kata kunci seperti “makan malam” atau “restoran murah”. Tombol ini juga bisa menampilkan informasi lain seperti lokasi ATM, apotik dan pusat perbelanjaan. Sementara itu, pada bagian traffic, pengguna bisa mendapatkan informasi arah dan estimasi waktu, berserta informasi lalu lintas lainnya.

Image via Droid-life.com

Update Google Maps terbaru ini sangat bermanfaat jika Google Maps mengimplementasikan jaringan transportasi umum pada masing-masing kota di tiap negara. Dengan mengusap Tab ke atas akan menampilkan bus yang akan datang selanjutnya, beserta halte di sekitar dan jadwal transportasi lainnya.

Dalam update Google Maps sebelumhya, Google menghadirkan fitur Indoor Maps. Fitur ini akan menampilkan peta bagian dalam sebuah gedung. Untuk Indonesia sendiri sudah terdapat 60 tempat populer yang tersebar di 13 kota, yang terhubung fitur Indoor Maps. Pengguna bisa menemukan mall, bandara, museum hingga universitas. Selain itu, Google juga mengumumkan fitur lain yang tersedia aplikasi petanya. Aplikasi ini akan mempermudah pengguna dengan kursi roda dalam beraktifitas.

Diharapkan dengan bekerja sama bersama para pengembang lokal, Google Maps bisa menampilkan lebih banyak konten di Indonesia. Untuk saat ini, update Google Maps terbaru hanya tersedia untuk versi Android saja.

Baca juga artikel:
Update Google Maps Akan Hadirkan Info Tempat Parkir
Update Google Maps dengan Kompas Baru Kian Permudah Pengguna Mencari Tempat
Cara Mudah Bandingkan Tarif Go-Jek, Grab dan Uber Melalui Google Maps
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts