Daftar Harga HP Android Termurah September 2022

Model Harga Termurah
Samsung Galaxy A13 Rp 1.500.000
OPPO A31 (2020) Rp 1.840.000
Xiaomi Redmi Note 10 Rp 2.199.000
Samsung Galaxy A03 Rp 950.000
Vivo T1 5G Rp 2.600.000
Vivo Y21 (2021) Rp 1.850.000
Xiaomi Redmi Note 10S Rp 1.999.000
OPPO A57 4G Rp 1.750.000
Infinix Hot 11S NFC Rp 1.575.000
Vivo Y12s Rp 1.200.000
POCO M4 Pro Rp 2.785.000
OPPO A76 Rp 2.249.900
Xiaomi Redmi Note 11 Rp 2.285.000
Realme 5i Rp 1.470.000
Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G Rp 3.089.000
Samsung Galaxy A32 Rp 2.700.000
Realme C11 Rp 1.000.000
OPPO A9 Rp 2.499.000
OPPO A95 Rp 3.000.000
POCO M3 Rp 1.899.000

Deskripsi Mengenai HP

Android menggeser hampir semua platfrom smartphone

Sebelum kehadiran HP Android, dunia ponsel yang didominasi perangkat handphone biasa masih popular, karena kebutuhan masyarakat saat itu masih terpaku hanya pada kebutuhan komunikasi. HP cerdas yang hadir seperti saat ini bukan menjadi salah satu yang paling dibutuhkan masyarakat umum. Namun dari situlah cikal bakal Hp pintar berbasis Andrid di mulai.

HP Android pertama kali di rilis tahun 2013, oleh sebuah perusahaan telekomunikasi besar di Amerika Serikat. Tiga buah perusahaan besar yang terdiri dari T-Mobile, Google, dan HTC merilis sebuah perangkat HP canggih berbasis Android. HP itu dikenal dengan tipe HTC Dream.

HP Android pertama yang dibekali dengan sistem operasi Android 1.6 (Donut) merupakan satu-satunya HP dengan platform Android pertama. Di tengah-tengah platform handphome lain yang berbasis Windows Phone, Symbian, iOs, dan beberapa lagi yang mungkin kurang popular. Dan ini menjadi awal popularitas Android.

Semua mata mulai tertuju pada perangkat berbasis Android, karena dinilai lebih fleksibel karena mendukung platform berbasis open sourch, di mana fitur-fitur handphone tidak terbatas lagi hanya pada merek sebuah handphone, namun bersifat universal. Maka setelahnya Google yang memegang kendali penuh pada Android mulai dilirik, seiring animo pasar yang begitu besar pada HP pintar ini.

Jauh sebelumnya lagi, HP Android sama sekali bukan target dari Android Inc, yakni perusahaan pendiri platform Android sebelum dibeli oleh Google, tadinya justru OS Android ini diuji coba pada perangkat kamera, agar kamera dapat terhubung secara wireless dengan perangkat lain.

Tapi tetap pada akhirnya, Google memilih mengembangkan OS Android pada perangkat-perangkat selular, yang dianggap pangsa pasarnya lebih menjanjikan. Maka hingga sekarang bermunculan lah HP Android terbaru, yang bertaburan di pasaran hampir tak terhitung janahnya. Bahkan menguasai lebih dari setengahnya pangsa pasar smartphone di seluruh dunia.

Keunggulan HP Android dan sepak terjangnya

HP Android saat ini menjadi salah satu HP yang paling popular dan digunakan di mana-mana. Selain banyak pilihan, Android selalu mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat dengan pembaruan yang selalu ada hampir setiap tahun.

Nama-nama versi Android pun mulai bermunculan, seiring perkembangan teknologi ponsel. Hampir semua vendor besar dunia kecuali Apple menggunakan sistem operasi Android sebagai platform terbuka di ponselnya. Beberapa nama tersebut antara lain adalah Samsung Mobile, Oppo, Xiaomi, HTC, dan masih banyak lagi.

Yang unik dari OS Android adalah penamaan dari setiap versi yang dikeluarkan. Dan hal ini menjadi salah satu daya tarik pengguna untuk mulai melirik HP Android adalah dari namanya. Mulai dari Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nouhat, Oreo, Pie, dan lain sebagainya.

Harga HP Android sendiri sangat bervariasi, dan menyentuh semua segmen pasar. Bahkan beberapa HP Android ada yang hanya menyentuh harga ratusan ribu saja. Tapi banyak juga HP Android terbaru yang menyentuh harga puluhan juta. Bergantung dari spesifikasi dan vendor HP yang menawarkannya.

Ketenaran HP Android tidak terlepas juga dari Google yang merupakan salah satu penyokong dan pemilik nama ini, sejak Google membeli Android Inc di tahun 20025. Google yang terus berinovasi, menciptakan berbagai pembaruan pada sistem Android, sehingga lebih memudahkan dan menjawab segala kebutuhan pasar.

Nama-nama vendor dengan produksi HP Andorid paling masif

Seiring perkembangan sistem operasi Android, banyak bermunculan berbagai varian HP Android di pasaran, bahkan mungkin hampir setiap tahun, selalu ada pembaharuan. Baik pada sistem Androidnya sendiri, maupun teknologi dari HPnya sendiri. Sehingga antara sistem operasi Android terbaru dengan HP Android terbaru saling melengkapi satu sama lain.

Perusahaan ponsel besar pengguna OS Android paling banyak datang dari Asia. Samsung, Oppo, Xiaomi, Huawei, menjadi beberapa nama yang menduduki urutan teratas. Dan di antaranya, sebut saja Samsung, Xiaomi, dan Oppo, menjadi nama-nama yang paling masif mengeluarkan berbagai varian HP Android terbaru.

HP Android setiap tahunya terus berkembang, bahkan dalam satu tahun mungkin ada lebih dari 10-20 tipe HP Android terbaru dirilis. Hal ini tak terlepas dari kebutuhan masyarakat, serta dukungan teknologi dan inovasi dalam komunikasi, yang menciptakan HP Android sangat menjamur.

Seiring menggeliatnya HP berplatform Android, maka berbagai vendor pun semakin giat saling bersaing. Bahkan sering kali sebuah tipe dikeluarkan di waktu yang berdekatan, sehingga tidak terlihat perbedaannya jika di lihat sepintas, hanya untuk tetap lebih unggul dari kompetitor. Begitulah persaingan ketat dalam bisnis HP Android saat ini.

Keuntungan konsumen dari persaingan ini tentu saja terpenuhinya kebutuhan akan perangkat yang canggih. Selian itu, dengan bertebarannya berbagai jenis ponsel Android, konsumen semakin banyak pilihan untuk menentukan ponsel mana yang hendak di beli. Yang disesuaikan dengan budget.

Hingga kini HP Android terus berkembang, banyak pihak yang terlibat dalam peluncuran sebuah perangkat Android. Selain vendor Android yang semakin gencar menciptakan inovasi-inovasi baru agar produknya laku di pasaran, perusahaan penyedia jasa aplikasi pun semakin di untungkan. Karena HP Android seperti yang diketahui mengambil sumber terbuka di HP nya.

Berbagai perusahaan pengembang aplikasi berbasis telefon selular pun terus membuka diri dengan perkembangan. Para pengguna HP Android terbaru maupun yang lebih awal muncul sangat bergantung dengan sejumlah aplikasi yang hanya bida diunduh melalui HP dengan platform Android.

Kebutuhan pasar yang saling menguntungkan, serta perkembangan teknologi yang kian pesat membuat HP Android semakin kian pesat. Ada banyak pilihan HP Android dengan rentang harga beragam yang menjadi pilihan masyarakat. Tinggal konsumen sendiri yang dituntut untuk bijak memilih.