Diperbaharui pada Selasa, 13 Oktober 2020 | 09:53

Bukan Hoax, Youtube Bakal Berubah Jadi Situs Belanja Online!

belanja online youtubeFoto: iStock

Youtube terus mengalami banyak perubahan dalam beberapa tahun ke belakang. Berbagai fitur baru terus ditambahkan, dan kabar terbaru mengatakan Google akan menambahkan fungsi belanja online di Youtube.

Youtube adalah situs video streaming yang paling populer di dunia, termasuk Indonesia, dan Google tampaknya paham akan ini, makanya lalu muncul berbagai fitur baru untuk mendatangkan uang yang pastinya tidak sedikit untuk Google.

Bila sebelumnya pengguna dapat menonton video tanpa iklan, kini pengguna harus berlangganan Youtube Premium untuk menghilangkan iklan yang muncul di video. Bahkan ada sistem berlangganan untuk kanal-kanal tertentu. Lalu bagaimana sistem kerja belanja online ini?

Mengutip kabar dari Bloomberg, fungsi belanja online ini akan meminta para creator untuk menggunakan fitur tag dan pelacak produk yang tampil dalam video mereka, lalu secara otomatis akan terhubung dengan tool belanja Google.

Dengan adanya fungsi belanja online ini, maka pengguna Youtube bisa berbelanja langsung di platform Youtube melalui versi web atau aplikasi. Kemungkinan, platfrom belanja yang akan digunakan adalah Google Shopping.

Seorang juru bicara dari Youtube telah mengonfirmasi kabar ini, dan pihak mereka sedang melakukan pengujian fungsi belanja online tersebut. Namun informasi yang diberikan hanya terbatas itu saja.

Belum ada kabar lain yang menyebutkan apakah fungsi belanja online ini hanya akan diaplikasikan untuk pasar Amerika saja, atau akan diluncurkan secara global untuk semua negara.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.