Diperbaharui pada Senin, 26 Januari 2015 | 13:32

Inilah Cara Menonton Video YouTube Secara Offline!  

YouTube memiliki fitur baru yang pastinya bakal banyak disuka oleh setiap orang. Fitur tersebut adalah fitur menonton video secara offline atau tanpa koneksi internet. Fitur ini baru tersedia di aplikasi YouTube yang ada di Android. Oleh karena itu, untuk menikmatif layanan ini, Anda yang menggunakan Android patut memasang aplikasi YouTube terlebih dahulu.

Setelah menginstal aplikasi YouTube, Anda bisa membuka aplikasi tersebut kemudian mencari video yang ingin Anda tonton. Setelah menemukan video yang ingin Anda tonton, cek apakah video tersebut memiliki ikon ‘↓’ atau tanda panah ke bawah. Jika ada, Anda harus mengklik ikon tersebut.

Setelah itu, Anda perlu menunggu karena video sedang diproses dari video online menjadi offline playback. Baru kemudian Anda mengeceknya pada bagian menu. Caranya, lakukan swap kanan layar dari bagian kiri. Akan muncul beberapa pilihan menu seperti History, Watch Later, dan Offline. Anda tinggal memilih bagian Offline, maka video yang tadi Anda pilih ada di bagian ini. Ketika Anda memutar video tersebut, Anda akan melihat status video dari yang tadinya terdapat ikon ↓ sekarang berubah menjadi  ikon √. Ikon menunjukan bahwa video tersebut dapat dinikmati tanpa memakan kuota internet.

Jika menilik cara tersebut, sebenarnya fitur menonton offline ini tidak benar-benar memutar video tanpa jaringan. Anda perlu terhubung dulu dengan internet dan memilih video. Langkah ini sebenarnya sama saja dengan Anda mengunduh video tersebut. Namun, yang membedakan hanyalah masalah bahwa Anda menikmati video unduhan tersebut dalam tampilan aplikasi YouTube.

Itu artinya, video yang dipilih oleh Anda tidak akan melakukan buffering ulang ketika Anda memutarnya. Video yang Anda pilih juga memakan ruang di memori. Itu artinya, fitur offline ini tidaklah benar-benar offline. Caranya hanya tetap melakukan download, namun kemudian video tersebut dapat diputar layaknya memutar video di YouTube ketika terhubung dengan internet.

Terlepas dari kekurangan tersebut, layanan video offline ini cukup bagus. Setidaknya, Anda bisa menonton video tertentu berulang-ulang tanpa perlu melakukan buffering. Anda dapat menghemat kuota internet.. Namun, perlu diingat tidak semua video mendukung layanan atau fitur ini. Jika ada video yang tidak memiliki ikon ikon ↓ berarti video tersebut tidak dapat dinikmati secara offline.(Tedi)

Baca juga artikel:

Perjalanan Smartphone Berkamera Canggih Dari Masa ke Masa

RAM 3 GB dan Harga Miring Ala Meizu MX4 Pro

Kilas Balik Perkembangan Teknologi Ponsel Kamera

Like us!
Hilman Mulya Nugraha
162 Posts