Diperbaharui pada Selasa, 23 Mei 2017 | 10:09

Xiaomi Mi6 Ceramic Edition Mulai Dipasarkan

Setelah dirumorkan cukup lama, akhirnya Xiaomi memperkenalkan salah satu produk ponsel premium terbarunya, Xiaomi Mi6. Tak tanggung-tanggung, Xiaomi sudah menggunakan chipset baru milik Qualcomm yakni Snapdragon 835 dengan dukungan RAM besar.

Tidak hanya itu, sama seperti seri sebelumnya, Xiaomi juga menghadirkan varian Xiaomi Mi6 Ceramic Edition. Varian ini hadir untuk pengguna gadget yang mencari smartphone berdesain premium dengan spesifikasi tangguh termasuk dengan terpasangnya chipset gahar dan dual kamera belakang. Sayangnya, Xiaomi tidak melakukan ubahan banyak pada spesifikasi. Alhasil, spesifikasi Ceramic Edition masih sama dengan spesifikasi standar Mi6. Walaupun demikian, hal tersebut tidak menjadi penghalang kesuksesan ponsel Android terbaru ini kedepannya.

Xiaomi Mi6 Ceramic Edition mengusung desain yang lebih mewah dibandingkan varian standar seri Mi sebelumnya. Xiaomi mengandalkan bodi metal berlapis ceramic yang memang dirancang khusus sangat solid dan kuat. Bodi keramik ini juga diklaim halus sehingga nyaman digenggam. Bedanya dengan varian standar, smartphone ini juga menggunakan rangka lensa kamera berlapis emas 18 karat. Bila itu masih belum memuaskan, Xiaomi sudah menerapkan fitur water splash yang membuat ponsel tahan cipratan air. Sayangnya, ubahan bodi keramik ini membuat ponsel sedikit lebih berat dibanding sebelumnya. Dengan bodi keramik baru, smartphone ini diklaim kian mewah dan nyaman digunakan untuk mobilitas tinggi maupun harian.

Pada bagian layar, Xiaomi akan memasang layar berukuran 5,1 inci. Layar ini akan disokong dengan resolusi tinggi Full HD. Hal ini memang mengecewakan banyak pihak karena ponsel premium saat ini sudah menggunakan resolusi Quad HD. Walaupun sederhana, layar mampu menampilkan visual yang cukup jernih dan detail. Dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi, layar ponsel juga diklaim tidak boros baterai seperti layar lebar ponsel premium lainnya.

Untuk dapur pacu, Xiaomi Mi6 ceramic edition menggunakan mesin yang sama gahar dibanding versi standar xiaomi Mi6. Xiaomi memasang chipset baru Qualcomm Snapdragon 835. Ini merupakan prosesor octa-core berkecepatan tinggi disokong GPU Adreno 540. Performa prosesor ini akan semakain cepat dengan dukungan RAM 6GB dengan memori internal 64 atau 128GB. Untuk sistem operasi, hape premium terbaru ini sudah menggunakan sistem Android Nougat 7.1 dengan MIUI 8.0.

Di bagian kamera, ponsel Android premium dari Xiaomi ini masih menggunakan dual kamera utama 12 MP dengan dukungan teknologi PDAF hingga 4 Axis optical image stabilization. Kamera utama ini terdiri satu kamera wide angle dan satu kamera tele mirip dengan kamera Apple iPhone 7 Plus. Untuk kamera depan, Xiaomi memasang kamera 8 MP yang diklaim sudah mumpuni untuk selfie maupun video call.

Xiaomi juga sudah mengganti port MicroUSB dengan USB type C. Untuk baterai, Xiaomi memasang baterai lebih besar pada Xiaomi Mi6 Ceramic Edition yakni 3350 mAh dengan Qualcomm Fast charge. Tidak lupa terpasang sensor sidik jari baru pada bagian tombol home.

Kabarnya, Xiaomi Mi6 sudah bisa didapatkan dibeberapa toko online di wilayah Cina terlebih dahulu. Belum jelas kapan ponsel Android premium ini dipasarkan global.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.15 inch
OS Version 7.1.1
Detail Prosesor Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.45 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3350 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
Hape Xiaomi Mi 6 VS Xiaomi Mi 5, Apa Saja yang Baru dan Menarik?
Hape Xiaomi Mi 6 Setengah Harga Samsung Galaxy S8, Performanya Tak Kalah Ajib
Lebih Gahar, Hape Xiaomi Redmi 4X Kini Punya RAM 4GB dan Memori 64 GB
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts