Diperbaharui pada Selasa, 2 April 2024 | 15:03

Sony Rilis 3 Mikrofon Nirkabel untuk Vlogging dan Podcast

mikrofon sony terbaik

Melengkapi lini produk audionya di Indonesia, Sony meluncurkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kreator konten dalam membuat konten vlog, podcast, wawancara, hingga live streaming.

Mikrofon Sony ECM-W3 memiliki receiver dua saluran dan dua mikrofon, sedangkan ECM-W3S memiliki receiver satu saluran dan satu mikrofon. Sony mengklaim keduanya dapat merekam suara berkualitas tinggi bahkan saat mengambil gambar jauh dari kamera.

Keunggulan dari Sony ECM-W3 adalah kemampuannya untuk membuat konten wawancara dan percakapan dua arah, sementara mikrofon ECM-W3S unggul dalam menangkap suara pengguna yang jelas dan terartikulasi untuk vlogger dan content creator video, dengan fokus pada penyampaian suara yang organik. 

Selain kompatibilitas Multi-Interface (MI) Shoe dengan kamera Sony, kompatibilitas semakin ditingkatkan melalui terminal USB Type-C dan output audio 3,5 mm yang memungkinkan koneksi dengan berbagai perangkat yang dilengkapi terminal USB dan input audio 3,5 mm seperti seperti kamera, smartphone, dan PC, dan lainnya.

Beralih ke Sony ECM-S1, mikrofon Sony terbaru ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan videografer profesional dan kreator konten video yang membutuhkan audio berkualitas untuk pengambilan gambar, live streaming, dan podcast.

Mikrofon ini memiliki bodi yang ringan dan ringkas serta dilengkapi dengan tiga kapsul berdiameter 14 mm yang disesuaikan untuk menangkap suara manusia secara alami dan dengan kualitas tinggi. 

Koneksinya yang mudah ke kamera, komputer, dan smartphone menjadikannya aset yang sangat diperlukan bagi kreator konten yang mencari pengalaman audio-video yang dinamis dan menarik. 

Karena audio direkam langsung ke kamera melalui koneksi nirkabel, tidak terjadi "delay antara suara dan video" yang kadang terjadi saat suara dan video dimasukkan secara terpisah ke perangkat distribusi selama live streaming, sehingga kompensasi delay tidak diperlukan.

Mikrofon nirkabel ECM-W3, ECM-W3S, dan ECM-S1 sudah tersedia di Indonesia dan dapat dibeli di dealer resmi Sony. Masing-masing mikrofon dijual dengan harga Rp 7.499.000 untuk ECM-W3, Rp 5.599.000 untuk ECM-W3S, dan Rp 6.499.000 untuk ECM-S1.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1504 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.