Diperbaharui pada Jumat, 8 Mei 2020 | 09:41

7 Fitur Canggih dan Keren di Samsung Galaxy S20 Ultra

Fitur Canggih di Samsung Galaxy S20 Ultra
Diantara Samsung Galaxy S20 series, Galaxy S20 Ultra merupakan versi tertinggi. Selain lebih besar, performa yang ditawarkannya juga sedikit lebih baik. Sebut saja seperti teknologi 100x Space Zoom, sensor kamera 108MP dengan teknologi Nona-Binning, perekam video beresolusi 8K, serta RAM LPDDR5 tentunya akan memberikan pengalaman baru bagi konsumen di Tanah Air. 

Jika tertarik, Anda sudah bisa membeli Samsung Galaxy S20 Ultra secara offline maupun online. Apalagi saat ini Samsung menawarkan program khusus Ramadhan promo, dimana untuk pembelian Galaxy S20 Ultra di Samsung.com/id akan mendapatkan langsung Samsung Air Purifier AX40 senilai Rp 3.299.000 mulai 24 April- 31 Mei 2020.

Tapi sebelum membeli tidak ada salahnya jika menyimak teknologi-teknologi keren dan canggih di Galaxy S20 Ultra ini. Apa saja? 

Layar dengan Refresh Rate 120Hz

Layar dengan Refresh Rate 120Hz
Bicara kenyamanan dalam menggunakan sebuah smartphone tidak terlepas dari keberadaan layarnya. Pasalnya layar yang baik akan memberikan rasa nyaman di mata pengguna Ketika sedang beraktivitas. Dari sisi ukuran, layar Samsung Galaxy S20 Ultra ini tergolong cukup besar, seluas 6.7 inci. Tapi berkat desain rounded corners yang dibawanya, layar terlihat lebih luas seolah kita menggunakan layar 7 inci. 

Tidak hanya itu, layar Samsung Galaxy S20 Ultra sudah dibekali dengan fitur HDR 10+. Dimana layar dengan HDR10+ dapat meningkatkan kontras yang membuat gambar tetap terlihat meski latar gambar gelap. Selain itu, teknologi HDR10+ juga mengalami peningkatan kualitas warna yang mendekati warna aslinya. Hal ini tentu menjadi kabar yang menyenangkan bagi pengguna yang gemar menonton film.

Bagi yang hobi gaming juga tidak perlu khawatir, karena resolusi yang diusung sudah QHD 3200 x 1440 dengan kualitas Dynamic Amoled 2X. Gaming pun makin terasa dengan dukungan refresh rate 120Hz di galaxy S20 Ultra. Kelebihan layar dengan refresh rate 120Hz untuk gaming adalah dapat menikmati gambar yang terlihat lebih nyata dan tidak blur. Termasuk meminimalisir screen tearing sehingga gambar tampil super smooth dan game nyaman dimainkan.

Yang membuatnya makin nyaman adalah layar Galaxy S20 Ultra sudah dilindungi Gorilla Glass 6 yang menjadi versi tertinggi saat ini. 

Kamera 108MP

Kamera 108MP
Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki lensa utama 108MP yang besar. Keunggulannya Anda dapat menghasilkan foto dalam resolusi tinggi. Sangat penting Ketika ingin mencetak foto dalam ukuran besar meski harus mengalami cropping pada foto. 

Untuk menggunakan kamera 208MP di Galaxy S20 Utra ini, pada bagian atas jendela bidik Anda akan melihat ikon yang ditandai 3: 4 (atau 4: 3 jika Anda memegang telepon dalam lanskap), yang mewakili rasio aspek. Lalu pilih opsi bertanda 3:4 108MP atau 4:3 108MP.

Sensor yang digunakan adalah Samsung Isocell Bright HM1 yang menggabungkan sembilan piksel menjadi satu "superpixel". Melalui konsep lama yang disebut " pixel binning ," setiap sembilan "piksel" menjadi superpixel. Idenya adalah untuk membuat foto lebih terang dan tajam dengan membuat masing-masing dari 12 "piksel" lebih besar dan karenanya dapat menarik lebih banyak cahaya. Secara teori, lebih banyak cahaya berarti foto yang lebih baik.

Itu sebabnya hasil kamera Samsung galaxy S20 Ultra bisa menghasilkan foto yang tajam dengan pencahayaan yang baik. Sedangkan untuk tiga kamera lainnya terdiri dari sensor Sony IMX586 48 MP + 12 MP dan + depth camera. 

Teknologi Space Zoom

space zoom
Selain kapasitas resolusi yang mencapai 108Mp, kamera Samsung Galaxy S20 Ultra juga dibekali sejumlah teknologi terbaru dan canggih. Salah satunya teknologi Space Zoom, yaitu kombinasi antara Hybrid Optical Zoom dan Super Resolution Zoom dengan dukungan AI-powered Digital Zoom.

Berkat teknologi terbaru ini, Galaxy S20 Ultra dapat melakukan 10x Hybrid Optical Zoom. Bahkan dengan Digital Zoom yang ditenagai AI, Anda dapat melakukan pembesaran pada kamera hingga 100x. Fitur ini cukup berguna ketika Anda ingin mengambil foto dari jarak jauh, seperti menonton konser atau ketika sedang menyaksikan pertandingan sepakbola. 

Merekam Video 8K di 30fps

Merekam Video 8K di 30fps
Kemampuan kamera 108MP di Samsung Galaxy S20 Ultra tidak hanya sebatas menghasilkan foto dengan resolusi tinggi saja, tapi lebih jauh lagi. Dimana kamera 108MP ini juga mampu merekam video kualitas 8K hingga 30fps. Kemampuan perekaman 8K di Galaxy S20 Ultra ini bahkan diakui Joko Anwar, seorang sutradara kawakan pencipta film Gundala. 

Menurutnya, dengan kemampuan merekam video beresolusi 8K, Samsung Galaxy S20 series menjawab kebutuhan para movie-makers. Samsung Galaxy S20 dilengkapi dengan kemampuan merekam video hingga kualitas 8K yang memiliki resolusi sebesar 7.680 x 4.320 piksel – setara dengan 33 juta piksel. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur 8K Snap pada Galaxy S20 untuk menghasilkan foto beresolusi 33MP. Itu artinya, Anda bisa membuat film dengan resolusi 8K hanya melalui Galaxy S20 Ultra. Jauh lebih lebih mudah dan tidak membutuhkan perangkat lain. 

Performa Exynos 990

Performa Exynos 990
Di kelas flagship, Samsung selalu memberikan opsi chipset berbeda untuk pasar AS dan lainnya. Di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan prosesor Exynos 990. Chipset Samsung terbaru ini diklaim memiliki peningkatan sebesar 25% dari sisi CPU dan 20% peningkatan GPU dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, neural processing unit (NPU) bahkan meningkat hingga 4x lipat.

Yang menarik, chipset terbaru ini juga sudah menanam 5G modem Exynos 5123 yang menawarkan kecepatan download dijaringan 5G hingga 7.35 Gbps. Yang tak penting adalah performanya, dimana Exynos 990 memiliki speed clock yang mencapai 2.73 hingga 3 Ghz. Untuk kualitas grafis, Samsung mempercayakan pada Mali-G77 MP11 untuk tampilan warna yang halus dan lebih detail.

RAM LPDDR5 Super Cepat

LPDDR5
Performa sebuah smartphone juga ditentukan komponen lain, salah satunya RAM. Nah, untuk menyokong kinerja chipset Exynos 990, Samsung menggunakan memori RAM LPDDR 5. Keunggulan yang ditawarkan LPDDR5 adalah menjanjikan transfer data yang lebih kencang 30 persen dibanding Galaxy S10, serta mengalami peningkatan hingga 50 persen dari generasi sebelumnya, LPDDR4X.

Kelebihan hp yang menggunakan RAM LPDDR5 menawarkan multitasking terbaik dengan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Termasuk membuka dan menutup aplikasi dengan proses yang sangat cepat. Dari sisi lain, LPDDR5 juga menjanjikan lebih hemat hingga 20 persen dalam hal konsumsi daya. Jadi bisa menghemat konsumsi daya baterai perangkat. 

Baterai dan Fast Charging

fast charging
Dari sisis sumber daya, Samsung Galaxy S20 Ultra menanam baterai berkapasitas cukup besar, 5000mAh. Samsung mengklaim jika baterai ini sanggup memberi suplai daya selama 2 hari untuk pemakaian normal. Namun, pada dasarnya untuk daya tahan baterai ini akan berpengaruh pada penggunaan, termasuk setingan layar yang paling berpengaruh.

Tapi setidaknya, dukungan baterai besar 5000mAh ini sangat membantu untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi baterainya sudah di dukung teknologi fast charging hingga 45W (dibeli terpisah). Dimana dalam paket pembelian Galaxy S20 Ultra, Samsung menyediakan kepala charger 25W. Tapi dengan charger 25W saja, baterai Galaxy S20 Ultra dapat terisi dengan cepat. 

Dalam pengalaman kami menggunakan Galaxy S20 Ultra, baterai terisi 52 persen selama pengisian 30 menit dan akan terisi penuh dari 0-100 persen hanya dalam waktu kurang lebih 1 jam saja. Sangat cepat.

Itulah beberapa fitur keren yang ada di Samsung Galaxy S20 Ultra. Selain itu, sebenarnya masih ada fitur canggih lain yang bisa Anda gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 10
Ukuran Layar 6.9 inch
Screen Resolution 1440 x 3200 Pixel
Detail Prosesor 990
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.73 GHz
GPU Mali-G77
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 48,12,0.3 MP
Resolusi Kamera Depan 40 MP
USB Type-C
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.