Diperbaharui pada Kamis, 30 April 2020 | 13:24

Ini Kelebihan RAM LPDDR5 di Samsung Galaxy S20 Ultra

RAM LPDDR5
Bicara performa smartphone tidak terlepas dari dukung memori RAM. Sama seperti sebuah laptop, fungsi RAM pada sebuah hp pintar juga akan mempercepat pemprosesan data. Semakin besar RAM yang disematkan maka semakin cepat pula smartphone. Tapi performa secara keseluruhan tetap harus mendapat dukungan dari hardware lainnya, sebut saja prosesor.

Apalagi kini teknologi smartphone dituntut untuk terus lebih baik lagi seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan konten dengan resolusi tinggi, layar hp dengan refresh rate tinggi, peningkatan ketergantungan pada aplikasi AI serta implementasi koneksi 5G. Dimana semua itu membutuhkan memori yang lebih cepat dan lebih baik, salah satunya adalah inovasi dari memori RAM.

RAM sendiri memiliki jenis yang beragam, salah satunya adalah Low-Power Double Data Rate (LPDDR). Teknologi LPDDR kini juga terus berkembang, dan sudah memasuki generasi LPDDR5. Dimana Samsung sudah memproduksi masal RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB menggunakan proses 10nm second-generation. 

Sebagai generasi terbaru, LPDDR5 tentunya menawarkan performa yang lebih meningkat. Kabarnya kecepatan LPDDR5 mengalami peningkatan hingga 50 persen dari generasi sebelumnya, LPDDR4X. Dimana kecepatan LPDDR5 sendiri berada dikisaran hingga 5,500Mbps. 

Dari sisi lain, LPDDR5 juga menjanjikan lebih hemat hingga 20 persen dalam hal konsumsi daya. Itu berkat teknologi DVFS, DQ Copy dan WriteX yang dapat menurunkan daya saat transfer data. Serta masih ada beberapa teknologi lain yang sudah tersemat di LPDDR5. 

RAM LPDDR5

Lalu smartphone apa saja yang sudah dibekali RAM LPDDR5 ini? Teknolologi RAM canggih ini sudah digunakan pada hp flagship Samsung di lini Galaxy S20 series, salah satunya Samsung Galaxy S20 Ultra. Dengan semua teknologi tersebut, kelebihan dari smartphone yang menggunakan LPDDR5 seperti Samsung Galaxy S20 Ultra bisa menghadirkan performa lebih cepat. 

Hal inilah yang dirasakan dari pengalaman kami saat menggunakan Galaxy S20 Ultra. Apalagi kapasitas RAM yang besar 12GB menjadi jaminan kelancaran semua aktivitas, termasuk bermain game berat sekalipun. Sebagai contoh, membuka game maupun di Galaxy S20 Ultra lebih cepat bila dibandingkan dari hp lain yang tidak menggunakan RAM LPDDR5.

Selain itu, lancar saat melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Dimana ketika beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain di Samsung Galaxy S20 Ultra dapat dilakukan tanpa hambatan. 

Lalu kami mencoba membuka 6 - 7 game sekaligus (PUBG, Free Fire, Golf King, CODM, Warship Blitz, Death Race dan Legends). Menariknya, ketika beralih dari satu game ke game lain semua berjalan tanpa kendala. Membuka dan menutup game tidak ada satupun game yang tertutup. Peralihan antar game cukup mulus dan game langsung dapat dimainkan tanpa harus mengulang dari awal. 

Yang terpenting, performa yang cepat tersebut diimbangi dengan manajemen daya yang baik. Sehingga baterai smartphone tidak cepat terkuras ketika beraktivitas. Yang menarik, kabarnya Samsung juga tengah mengembangkan LPDDR5 dengan kapasitas mencapai 16GB. Kita tunggu saja.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2446 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.