Diperbaharui pada Rabu, 22 April 2020 | 20:51

Sebagus Apa Sih Kamera 108MP di Samsung Galaxy S20 Ultra?

kamera 108MP samsung galaxy s20 ultra

Jika kemarin Pricebook sudah memberikan review Samsung Galaxy S20 Ultra serta Unboxing Galaxy S20 Ultra. Kali ini, penguji akan membeberkan kualitas dari tumpukan kamera yang tersemat pada bodi hp flagship Samsung ini.

Pastinya penasarankan dengan hasil dari kamera 108MP yang diusung produk asal Korea Selatan ini? Satu persatu kita bedah teknologi dan fitur kamera Samsung Galaxy S20 Ultra ini.

Teknologi kamera 108MP sebenarnya sudah bukan hal baru, teknologi kamera resolusi tinggi ini sudah ditemui sebelumnya pada produk sebelum Samsung Galaxy S20 Ultra. Contohnya Xiaomi Mi Note 10 Pro yang sudah terlebih dahulu menggendong kamera dengan resolusi 108MP.

Jadi apakah Samsung Galaxy S20 Ultra adalah smartphone baru di masa depan atau setidaknya yang terbaik saat ini?

Kamera 108MP

review kamera samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki lensa utama 108MP yang besar. Meskipun begitu, kamera secara default mengambil foto 12MP. Tapi Anda juga dapat mengambil gambar raksasa dalam resolusi penuh.

Di sepanjang bagian atas jendela bidik Anda akan melihat ikon yang kemungkinan ditandai 3: 4 (atau 4: 3 jika Anda memegang telepon dalam lanskap), yang mewakili rasio aspek. Anda akan melihat opsi bertanda 3: 4 108MP atau 4: 3 108MP.

Pilih tersebut untuk mengambil foto resolusi penuh. Gambar-gambar ini berukuran 12000 x 9000 piksel, dan masing-masing dapat menggunakan ruang penyimpanan minimal 10MB.

Teknologi Kamera

teknologi kamera

Jantung dari unit kamera Galaxy S20 Ultra adalah Samsung Isocell Bright HM1. Berbeda dengan Bright HMX yang digunakan Mi Note 10, prosesor kamera ini tidak hanya menggabungkan empat tetapi sembilan piksel menjadi satu "superpixel" yang digunakan sehari-hari.

Apa? dan Bagaimana? Melalui konsep lama yang disebut " pixel binning ," setiap sembilan "piksel" menjadi superpixel. Idenya adalah untuk membuat foto lebih terang dan tajam dengan membuat masing-masing dari 12 "piksel" lebih besar dan karenanya dapat menarik lebih banyak cahaya. Secara teori, lebih banyak cahaya berarti foto yang lebih baik.

Alih-alih Tetracell, departemen pemasaran menyebutnya Nonacell. Dengan demikian, resolusi standar Galaxy S20 Ultra tidak 27, tetapi hanya 12 megapiksel.

Di atas sensor utama 108 megapiksel, Samsung memasang modul sudut ultra lebar. Resolusi asli chip adalah 12 megapiksel dan sudut pandang terluas yang dimiliki smartphone ada pada 120 derajat. 

Didukung dengan konstruksi periskop lima kali pembesaran optik kamera utama, terdapat sensor Sony IMX586 48 megapiksel yang terkenal menjadikannya memiliki konfigurasi di atas rata-rata untuk kamera telefoto.

Di atas kertas, Samsung Galaxy S20 Ultra jelas memiliki prasyarat terbaik dari semua hp Android terbaru saat ini.

Kamera Focal Length Resolusi Sensor Size Aperture Sensor Gambar
Kamera Super Wide Angle 13 mm 12 megapiksel 1 / 2,55 inci  F2.2  tidak diketahui
Kamera utama 26 mm 108 megapiksel 1 / 1,3 inci F1.8 Isocell Bright HM1
Kamera zoom telefoto 102 mm 48 megapiksel 1 / 2,0 inci F3.5 Sony IMX586
Kamera selfie 26 mm 40 megapiksel 1 / 2,65 inci F2.2 Isocell Bright GH1

Performa kamera utama

performa kamera 108MP samsung galaxy s20 ultra

Kamera utama di Samsung Galaxy S20 Ultra 5G selalu mengambil foto yang bagus dengan reproduksi detail yang luar biasa. Hasil bidikan 12 megapiksel sudah sangat detail, tapi dengan adanya 108MP hasil foto semakin baik.

Perbedaannya hanya terlihat pada perbesaran detail tinggi dan minim noise seperti yang penguji harapkan. Dalam perbandingan langsung dengan gambar 108 megapixel milik Mi Note 10, reproduksi detail dari S20 Ultra sedikit lebih baik.

Dalam penggunaan sehari-hari, Anda dapat dengan mudah dan puas pada hasil gambar S20 Ultra yang menggunakan memori 2 hingga 6 MB dalam 12-megapiksel sekali jepret. Sebagai perbandingan, gambar 108 megapiksel memakan sekitar 30MB per gambar.

Semua ini karena perangkat keras yang lebih kuat dari Mi Note 10, termasuk versi prosesor dari Samsung Exynos 990 SoC milik Samsung, memastikan Anda dapat mengambil foto dalam mode 108MP lebih nyaman. 

Di bawah kondisi pencahayaan yang optimal, gambar kaya akan detail dan terlihat indah, pun begitu dengan warna yang terlihat hidup. Tapi itu sudah jadi ciri khas Samsung, dan ketika menyangkut pemotretan kontras tinggi, agak sedikit kurang memuaskan.

tingkatan auto HDR samsung galaxy s20 ultra

Ada yang aneh, karena Otomatis HDR seperti tidak bekerja dengan optimal. Bahkan dengan perbedaan kecerahan tinggi antara background dan objek.

Terkadang gambar menjadi kusam, dengan pepohonan yang kurang terang dan awan yang terbakar. Biasanya hal seperti ini lebih sering terjadi di hp 1 jutaan, mungkin saja kesalahan ada pada penguji yang kurang mampu memaksimalkan titik point pemotretan.

Di siang hari, gambar cenderung sedikit kalem. Namun untuk beberapa kali tangkapan langit lepas, hasil yang diberikan cukup memuaskan dan tidak lebay.

Night Mode

night mode samsung galaxy s20 ultra

Meski berada pada kondisi cahaya buruk atau minim pencahayaan, detail yang dihasilkan masih mengesankan. Pengurangan noise terlalu agresif, ini bisa jadi kelebihan atau kekurangan bagi beberapa orang.

Performa Wide-Angle

wide angle samsung s20 ultra

Kamera ultra-wide-angle Samsung memiliki sudut pandang lebar rata-rata di atas hp lain dan sangat nyaman dengan distorsi yang baik. Hal positif yang menonjol adalah bahwa warna foto disesuaikan dengan baik melalui kamera utama, zoom telefoto ataupun kamera selfie.

Penyajian detailnya bagus, warnanya jernih dengan komposisi yang menawan dilihat mata. Modul sudut ultra lebar sangat cocok untuk foto panorama karena mampu memberikan hasil yang indah dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Di sini, Samsung menampilkan filtrasi noise memotret yang jauh di luar batas. Kameranya mampu mengubah gambar cahaya rendah menjadi campuran liar dari area gambar yang hampir seperti komik.

100x Space Zoom

100x zoom

Terakhir namun tak kalah penting kami mencoba ke kamera cuaca tele-zoom. Penguji katakan cuaca cerah, karena aperturnya relatif redup di F3.5. Pada kecepatan rana yang sama, F3.5 secara teknis memiliki perbedaan tepat dua nilai cahaya dibandingkan dengan F1.8.

Akhirnya, kita masuk ke sesi zoom 100x yang menurut penguji seperti hanya sebuah gimmick awalnya. Tapi siapa sangka, berakhir dengan takjub akan hasil yang diberikan.

Jika Anda berharap kejernihan, maaf Anda mungkin tidak akan menemukannya pada 100x Zoom ini. Tapi jika untuk melihat detail yang tak terlihat dari jauh, Anda akan sangat beruntung menggunakan fitur ini.

Performa Kamera Selfie

selfie samsung galaxy s20 ultra

Dalam hal foto selfie, Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan sensor besar dan memiliki resolusi tinggi untuk kamera depan. Oleh karena itu, gambarnya yang dihasilkan sangat rinci dan jelas.

Seperti umumnya hp flasghip Samsung, S20 Ultra juga memberikan serangkaian fitur AI yang bisa mempercantik hasil jepret kamera. Tapi tetap saja, tak seperti hp lain yang juga menghadirkan beragam AI, Samsung cenderung lebih alami dalam memproduksi warna dan juga gambar.

Kinerja Aplikasi Kamera

mode kamera

Aplikasi kamera dari Samsung menyenangkan melalui kesederhanaannya. Menu slide menyediakan mode video, single take, photo dan menyembunyikan sisanya di bawah 'more'. Jika Anda tidak puas dengan pemilihan sebelumnya, Anda juga dapat memindahkan mode ke tingkat pertama. Penguji melakukan ini dengan mode night, serta Live Fokus.

Video 8K

video 8K samsung galaxy s20 ultra

Video 8K adalah masa depan, tetapi ada beberapa platform yang tersedia saat ini, seperti TV (Samsung juga punya) dan situs media sosial, tempat Anda dapat melihat konten seperti YouTube secara teknis sudah mendukung video 8K sejak 2010 . 

Manfaat utama hampir sama dengan 108 foto, membuat Anda menyimpan detail saat memotong video. Ini akan memberi Anda efek yang sama dengan memperbesar.

Penguji mencobanya pada beberapa video yang penguji ambil. Samsung mengatakan setiap pengambilan gambar akan memakan 600MB penyimpanan. Anda juga harus berdiri jauh dari subjek agar sesuai dengan bingkai.

Samsung membuat pengeditan video 8K menjadi mudah pada S20 Ultra. Juga mudah mengunci penyimpanan pada resolusi kecil untuk dibagikan di pada sosmed yang memungkinkan video hingga 1080p.

Permukaan monokrom tampak baik dan lembut, seperti yang terlihat pada hasil potret wajah influencer Beauty Pricebook. Detail yang sangat tajam, dengan AI yang berfungsi dengan apik.

Kesimpulan

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Galaxy S20 Ultra RAM 12GB ROM 128GB
OS Android
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Jumlah Core Octa Core
Dimensi 166.9 x 76 x 8.8 mm
Berat 222 g
Ukuran Layar 6.9 inch
Screen Resolution 1440 x 3200 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 108 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Detail Prosesor 990
GPU Mali-G77
Jumlah Kamera Belakang 4
Prosesor Exynos
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Penguji sangat terkesan dengan foto yang di ambil menggunakan 108MP, terutama setelah penguji mengetahui sweet spot mode ini. Beberapa foto yang diambil di 108MP membuat foto bayangan dan detail baik saat dilihat di ponsel maupun di komputer.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1666 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.