Diperbaharui pada Rabu, 4 November 2020 | 14:38

Fitur Baru WhatsApp, Bisa Menghapus Banyak Gambar dan Video Sekaligus!

Fitur baru WhatsAppFoto: Pexels

Sebagai aplikasi chat yang sering digunakan sebagai alat komunikasi utama, WhatsApp selalu memberikan inovasi terbaru untuk mengoptimalkan penggunaannya. Tidak heran jika jutaan orang di dunia memilih WhatsApp sebagai media untuk bertukar pesan.

WhatsApp kembali hadir dengan update terbarunya yang menawarkan fitur-fitur menarik. Secara keseluruhan, fitur baru yang dihadirkan WhatsApp ini cenderung lebih fokus dalam hal menghemat ruang penyimpanan data. Apa saja fiturnya? Simak info berikut.

Storage Management

Fitur baru WhatsAppFoto: WhatsApp

Baru-baru ini WhatsApp memberikan fitur menarik pada update terbarunya. Salah satunya adalah manajemen penyimpanan. Pengguna yang memiliki WhatsApp dengan versi terbaru akan dapat masuk ke pengaturan penyimpanan dan data. Fitur ini berfungsi untuk mengelola penyimpanan data pada WhatsApp. 

Fitur ini juga akan membantu pengguna menemukan dan mengelompokkan file besar seperti foto dan video yang mungkin telah dikirimkan beberapa kali dalam chat, serta mengurutkan file berdasarkan ukurannya. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih file media ini secara massal dan menghapusnya sekaligus. Ini akan menjadi cara yang jauh lebih efisien daripada menghapusnya satu per satu, atau menelusuri galeri foto di smartphone untuk mencari foto-foto ini dan menghapusnya secara manual.

Expiring Messages

Fitur baru lainnya yaitu Expiring Messages atau Pesan Kadaluarsa. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp bisa mengirim pesan, foto, maupun video yang akan dihapus secara otomatis setelah 7 hari. 

Dalam waktu dekat, akan ada opsi di pengaturan WhatsApp Messenger yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan fitur ini pada setiap pesan keluar untuk setiap kontak. 

Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, kita hanya perlu membuka obrolan WhatsApp, pilih nama kontak yang dituju, lalu pilih “Pesan Kadaluarsa”, kemudian pilih “lanjutkan” dan “On”.

Setelah itu, pesan yang dikirim ke kontak tersebut akan terhapus secara otomatis dalam 7 hari. Tentunya ini sangat membantu dalam menghemat ruang penyimpanan data.

Wah, jadi makin gampang ya! Dengan adanya fitur baru ini, jadi tidak perlu ribet lagi menghapus data yang tidak penting di WhatsApp.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts