Diperbaharui pada Senin, 10 Juni 2019 | 18:05

Cara Daftar WhatsApp (WA)

aplikasi whatsapp

Hp dan internet memberikan banyak manfaat positif bagi penggunannya. Salah satunya, kamu bisa melakukan chatting antar sesama pengguna hp untuk membagikan pesan secara singkat, bahkan menghemat pengeluaran karena tidak memerlukan pulsa dan bisa digunakan dengan memanfaatkan akses internet dari data seluler ataupun Wi-Fi. Dari sekian banyak aplikasi berbagi pesan, WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat populer.

Aplikasi chatting WhatsApp (WA) sangat terkenal karena dilengkapi fitur keamanan yang prima, bekerja cepat, serta sangat mudah dioperasikan oleh banyak orang.Kali ini, Pricebook akan membagikan informasi terkait aplikasi berbagi pesan ini, termasuk cara daftar WhatsApp (WA) sekaligus cara menggunakannya. Kamu penasaran? Yuk, ikuti artikel ini selengkapnya!

Apa itu WhatsApp (WA)?

Whatsapp mobile

WhatsApp (WA) adalah aplikasi chatting yang diperuntukkan bagi hp pintar atau smartphone dengan fitur utama yang menyerupai BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi WhatsApp (WA) bekerja lintas platform, di mana kamu bisa berkirim pesan secara bebas ke semua orang tanpa dibatasi tipe hp tertentu, serta bekerja tanpa menggunakan biaya SMS.

WhatsApp (WA) dapat dijalankan dengan akses data internet pada jaringan 3G, 4G ataupun Wi-Fi, sama halnya dengan penggunaan untuk browsing, e-mail ataupun menonton video via YouTube. Sementara itu, fitur utama dari WhatsApp (WA) diantanya adalah berbagi pesan, panggilan suara, panggilan video, berbagi video, berbagi suara, berbagi file, dukungan website, berbagi lokasi, hingga berbagi kontak.

Disertai banyak dukungan bahasa termasuk Indonesia, WhatsApp (WA) menggunakan nomor hp sebagai identitas. Selain itu, WhatsApp (WA) juga disertai sederet fitur menarik lainnya, seperti Broadcast atau Group Chat, fitur “tarik pesan”, dukungan emoticon, hingga fitur blokir nomor hp tertentu.

Cara download WhatsApp (WA)

download Whatsapp

WhatsApp saat ini mendukung berbagai perangkat hp, seperti:

  • Perangkat berbasis Android 2.3.3 ke atas.
  • Perangkat berbasis iOS 7 ke atas.
  • Perangkat Windows Phone 8.1 keatas.
  • Perangkat berbasis KaiOS (hp fitur).

Selain itu, WhatsApp (WA) yang sudah terpasang di hp juga bisa kamu koneksikan pada perangkat PC berbasis Windows dan Mac.

Nah, untuk mengunduh WhatsApp (WA), kamu bisa mengakses situs resminya di sini kemudian memilih platform yang digunakan oleh perangkat kamu. Selain itu, kamu juga bisa menemukan aplikasi WhatsApp (WA) di toko aplikasi, seperti di Google Play Store untuk pengguna Android, App Store untuk pengguna iOS, dan Microsoft Store untuk pengguna Windows Mobile.

Cara daftar WhatsApp (WA)

cara daftar whatsapp wa

Setelah sukses mengunduh atau download WhatsApp (WA) ke dalam hp, sekarang waktunya kamu untuk melakukan registrasi.

1. Buka aplikasi WhatsApp (WA)

2. Verifikasi nomor hp kamu dengan memasukkan kode negara (+62) dan masukkan nomor hp yang aktif.

3. Setelah itu, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi ke dalam nomor tersebut yang nantinya harus kamu masukkan ke dalam WhatsApp (WA) untuk menuntaskan proses registrasi.

Dalam proses verifikasi ini, pastikan kamu telah mematikan aplikasi pemblokir panggilan, memastikan bahwa nomor hp yang didaftarkan dalam kondisi aktif dan dapat menerima panggilan atau SMS, mematikan aplikasi pencegah SMS, ataupun mematikan aplikasi pencegah tugas.

Cara Daftar WhatsApp (WA) Tanpa Verifikasi

Jika kamu ingin memasang WhatsApp (WA) di hp Android tanpa proses verifikasi, berikut cara lengkapnya:

1. Pertama, silahkan cabut SIM card yang ada di hp kamu.

2. Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp (WA) dan lakukan registrasi.

3. Setelah masuk ke bagian verifikasi, abaikan pilihan opsi verifikasi melalui SMS.

4. Setelah beberapa detik, kamu akan melihat proses verifikasi melalui telepon. Silahkan klik tombol “Call Me”

5. Kamu akan memperoleh kode verifikasi ke nomor darurat dan akun WhatsApp (WA) telah siap kamu gunakan.

Cara Daftar WhatsApp (WA) Tanpa Nomor

cara daftar whatsapp wa tanpa nomor

Bagi kamu yang tidak ingin menggunakan nomor hp pribadi sebagai akun WhatsApp (WA), kamu bisa menggunakan nomor palsu sebagai identitas. Adapun, cara berikut bisa kamu ikut untuk daftar WA tanpa nomor hp:

1. Install aplikasi bernama TextNow di Google Play Store. Aplikasi ini akan memberikan sebuah nomor hp yang akan kamu gunakan pada akun WhatsApp (WA).

2. Gunakan nomor dari aplikasi TextNow untuk melakukan verifikasi WhatsApp (WA).

3. Saat aplikasi WhatsApp (WA) melakukan verifikasi via SMS, proses akan dinyatakan gagal. Tunggu beberapa detik hingga muncul opsi “Call Me” dan silahkan klik tombol tersebut.

4. Kamu akan mendapatkan telepon dari operator yang menyebutkan kode verifikasi untuk akun WhatsApp (WA).

5. Akun WhatsApp (WA) telah siap kamu pakai

Cara Menggunakan WhatsApp (WA)

Untuk memudahkan kamu dalam mengoperasikan WhatsApp (WA), berikut ini terdapat panduan umum untuk menggunakan aplikasi berbagi pesan ini.

Cara Mengubah Foto Profil WhatsApp (WA)

Cara mengubah foto waBagi kamu yang ingin mengganti foto profil Whatsapp berkut cara lengkapnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp (WA) – klik tombol Menu – pilih Setelan.

2. Tekan foto profil kamu dan pilih ikon Kamera.

3. Di sini, kamu bisa memilih foto dari galeri hp atau mengambil foto baru menggunakan kamera.

Mengubah Nama Profil WhatsApp (WA)

Jika kamu ingin mengganti nama profil whatsapp caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp (WA) – klik tombol Menu – pilih Setelan.

2. Tekan nama kamu, lalu tekan tombol pensil yang berada di sebelah nama.

3. Setelah itu, silahkan buat nama pengguna sesuai keinginan kamu.

Memulai Obrolan di WhatsApp (WA)

cara chat waUntuk memulai obrolan di WhatsApp (WA), kamu bisa memilih menu Chat, klik ikon pesan yang berada di bagian kanan bawah, lalu pilih salah satu kontak untuk memulai percakapan. Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan obrolan secara langsung melalui aplikasi kontak bawaan hp. Jika temanmu sudah terkoneksi dengan WhatsApp (WA), kamu bisa melihat ikon aplikasi tersebut di aplikasi Kontak dan kamu bisa langsung mengkliknya untuk melangsungkan obrolan.

Cara Mengatur Privasi Akun WhatsApp (WA)

Cara mengatur privasi akun WhatsApp, kamu hanya mengklik menu, lalu pilih Setelan, klik Akun dan pilih Privasi. Pada menu ini, kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat foto profil kamu, informasi kontak, status, lokasi terkini, serta informasi terakhir kali kamu online.

Cara Verifikasi Dua Langkah Fitur Keamanan WhatsApp (WA)

verifikasi whatsapp

Selain itu, kamu juga bisa melindungi akun WhatsApp (WA) melalui verifikasi dua langkah melalui enam digit PIN. Caranya, buka menu Setelah, pilih Akun, klik Verifikasi dua langkah dan aktifkan. Kemudian, buat enam digit kode keamanan yang wajib kamu ingat karena sewaktu-waktu WhatsApp (WA) akan meminta verifikasi ulang. Langkah ini agar akun kamu lebih aman dari ancaman hacker.

Whatsapp Jadi Aplikasi Berbagi Pesan Populer

Whatsapp atau WA menjadi aplikasi tukar pesan paling populer biasanya setiap smartphone memiliki aplikasi ini.  Selain cepat dalam mengirim pesan dan gambar, aplikasi whatsapp juga dilengkapi dengan gif dan sticker WA yang bisa di custom sendiri. Fitur lainnya seperti video call dan free call yang dimiliki whatsapp juga menjadi fitur andalan. Jadi bertukar pesan lebih menyenangkan.

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts