Ada 4 Jenis dan 11 Genre Game, Yang Mana Favorit Kamu?

Ada 4 Jenis dan 11 Genre Game, Yang Mana Favorit Kamu?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 26 Jan 2016 | 19:34

Di zaman yang serba canggih ini, tak hanya perangkat gadget saja yang berkembang. Dunia hiburan seperti game juga ikut berkembang. Apalagi dengan semakin canggihnya perangkat yang ditawarkan, para pengembang pun juga membuat game yang semakin detail dan semakin seru untuk dimainkan.

Dalam dunia game sendiri terdapat berbagai macam jenis game yang bisa dimainkan. Namun, terkadang masih banyak pemula yang bertanya-tanya dan belum memahami jenis game yang sedang dimainkan. Berikut ini, Pricebook coba jelaskan beberapa jenis game di PC maupun smartphone agar wawasan kita mengenai game semakin bertambah.

Berdasarkan Jenis atau Platform

PC Games

Game jenis ini biasanya dimainkan menggunakan personal computer atau PC Desktop hingga laptop. Kamu bisa melihat rekomendasi laptop gaming disini.

Console Games

Game jenis ini bisa dimainkan menggunakan konsol game tertentu seperti PlayStation hingga Xbox.

Baca juga Bingung Beli PS4 atau Xbox One? Ini Perbandingannya!

Handheld Games

Game satu ini bisa dimainkan di console game khusus yang mudah dibawa seperti Sony PSP atau Nintendo DS.

Mobile Games

Game jenis ini hadir semenjak era ponsel atau perangkat mobile. Game ini memang dibuat khusus untuk dimainkan pada mobile phone.

Berdasarkan Genre

Action game

300: Seize Your Glory

Game jenis ini menghadirkan fitur utama berupa aksi. Dalam action game, pemain harus memiliki ketrampilan dan reaksi yang cepat untuk melawan musuh dan menghindari rintangan. Intinya dalam game ini pemain harus menggunakan refles, akurasi dan waktu yang tepat untuk menyelesaikan sebuah level game.

Tak heran, action game biasanya hadir dengan grafis yang mumpuni dan proses yang tidak lambat sehingga pemain bisa maksimal bermain. Jenis game ini merupakan jenis game paling awal sebelum hadirnya genre-genre lain seperti fighting game hingga first person shooter. Kamu bisa baca 5 Game Action Android yang Butuh Reflek Cepat dan Kejelian sebagai refrensimu.

Fighting game

Mortal Kombat X

Game satu ini berisi pertarungan. Dalam game ini, pemain dapat memilih karakter dengan kemampuan berbeda-beda. Pemain juga bisa mengeluarkan jurus dan kemampuan berbeda dari tiap karakter untuk mengalahkan musuh. Biasanya pertarungan hadir secara one on one (satu lawan satu) dalam sebuah arena yang terbatas. Contoh game jenis ini yang cukup terkenal ialah Mortal Kombat, Street fighter hingga Teken. Kamu bisa baca 5 Game Gratis Fighting Terbaik untuk Android sebagai refrensimu.

First Person Shooter (FPS)                                                                                                                      Dead Effect 2

Sesuai namanya, game jenis ini berisi tembak-menembak. Namun, dalam game ini kamu akan memainkan tokoh dengan cara pandang orang pertama. Tak heran dalam beberapa game, karakter hanya ditampilkan dalam bentuk tangan atau senjata saja. Dalam game FPS ini kamu akan menemukan berbagai misi yang harus kamu selesaikan. Intinya dalam game ini, pemain membutuhkan reflex, koordinasi mata dan tangan hingga waktu yang tepat. Contoh game jenis ini ialah Dead Effect dan Counter Strike.

Baca juga Game Multiplayer Android Seru via Bluetooth dan WiFi

Third Person Shooter (TPS)


Dead Space

Game ini sebetulnya mirip dengan FPS. Game tembak menembak ini hanya berbeda pada sudut pandang pemain. Biasanya game ini akan menampilkan pemain tampak setengah badan atau sudut pandang orang ketiga. Contoh game ini ialah Dead Space hingga Hallo.

Real Time Strategy (RTS)


Clash of Clans

Game jenis ini menitikberatkan unsur strategi. Game ini memerlukan kemampuan pemain untuk memimpin sebuah pasukan, kemudian mengelola sumber daya hingga membangun peradaban. Tak heran bila game ini memiliki waktu permainan yang lebih lama dan bisa dikerjakan santai. Setelah pembangunan selesai, kamu bisa berperang dengan pasukan lain untuk merebut kekuasaan. Maka dibutuhkan strategi yang pas dan hati-hati agar pasukan bisa menang dan wilayah sendiri tidak diserang. Contoh game jenis ini ialah Dota, Age of Empires hingga Clash Of Clans.

Role Playing Game (RPG)

Final Fantasy XV

Game ini menghadirkan gameplay yang mengandung unsur leveling. Dalam game ini pemain akan bebas menjelajah dunia game. Setiap karakter memiliki kemampuan dan kekuatan yang berbeda bahkan dapat berkembang sesuai yang dinginkan pemain. Game RPG memungkinkan pemain untuk berkompetisi hingga berinteraksi atau bertarung dengan pemain lain. Beberapa Game RPG bahkan membuat pemain bisa menentukan ending dari jalan cerita game tersebut. Game RPG terbagi menjadi dua jenis yakni Action RPG dan turn based RPG. Contoh game jenis ini ialah Ninja Saga dan Final Fantasy. Kamu bisa membaca 5 Game Android RPG Gratis Buat Kamu Ketagihan Bermain sebagai refrensimu.

Adventure


Tomb Raider

Game jenis ini berisi tentang petualangan. Pemain bisa memainkan karakter untuk menjelah hutan belantara atau menjelajahi sebuah bangunan. Intinya, pemain akan melalui sebuah misi. Game ini akan menekankan jalur cerita dan kemampuan berpikir pemain untuk menemukan petunjuk berikutnya. Game jenis ini contohnya, Tomb rider hingga Grand Theft Auto.

Baca juga Game Seru Terbaru Paling Ditunggu di 2016

Simulasi

The Sims 4

Game dengan genre ini hadir dengan konsep yang mirip kenyataan. Semua faktor dalam game akan dibuat semirip dunia nyata, ada yang menceritakan kehidupan manusia atau kehidupan menjadi seorang walikota membangun sebuah kota. Dalam game ini semua keputusanmu berpengaruh pada karakter yang dimainkan. Inti dari game ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun hingga mengatasi masalah dengan dana terbatas. Contoh game ini ialah The Sims dan Sim City.

Sport Game

Pro Evolution Soccer 2016

Game jenis ini hadir untuk para pemain yang gemar olah raga. Game ini memiliki gameplay berbagai jenis olahraga di dunia. Intinya, pemain akan melakukan pertandingan olahraga secara virtual. Conton game jenis ini ialah Pro Evolution Soccer hingga NBA 2015. Kamu bisa membaca Daftar Game Android Gratis dengan Tema Sepak Bola sebagai refrensimu.

Racing Game


Need for Speed

Game ini berisi game balapan atau kemampuan mengemudi baik motor dan mobil atau kendaraan lainnya. Game ini akan memacu adrenalin pemain untuk menjadi yang tercepat di sirkuit. Game jenis ini contohnya, Racing game dan Need for Speed. Kamu bisa membaca Game Balap Mobil Seru untuk Ponsel Android sebagai refrensimu.

Multiplayer Game


Ragnarok

Jenis game ini terbilang sedang tren di pasar Indonesia. Dalam game ini pemain akan bermain secara bersamaan dengan lebih dari 2 orang bahkan bisa ribuan orang bila memainkannya secara online. Pemain akan berada di sebuah dunia virtual untuk melawan musuh. Rata-rata game ini menggunakan konsep strategi walaupun ada pula genre lainnya. Contoh game ini Clash of Clan, Warcraft hingga Ragnarok.

Jadi pilih mana semua kembali ke selera kamu?

 

Baca juga artikel

5 Game Android Seru Asyik Dimainkan di Tablet

Sony Rilis Daftar Game PS2 Yang Bisa Dimainkan Di PS4

5 Game Android dengan Grafis HD Yang Cocok Dimainkan Kala Liburan

Artikel Lainnya

Komentar