Diperbaharui pada Kamis, 19 Oktober 2023 | 11:30

10 Kelebihan dan Kekurangan Prosesor MediaTek untuk Smartphone

kelebihan dan kekurangan mediatekFoto: MediaTek

Ketika ingin membeli smartphone, salah satu pertimbangannya adalah mengetahui prosesor apa yang digunakan di dalam smartphone tersebut. Saat ini ada banyak jenis prosesor mobile yang digunakan oleh berbagai vendor hp, seperti Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, Unisoc Tiger dan MediaTek.

Nah, salah satu prosesor yang saat ini cukup populer belakangan ini adalah MediaTek. Saat ini MediaTek memiliki 2 jenis chipset unggulan yang digunakan untuk smartphone yaitu Helio dan Dimensity.

Prosesor ini sering digunakan oleh vendor, karena memang variannya cukup bervariasi, dan kemampuannya memenuhi kebutuhan untuk segala segmen smartphone mulai dari entry, mid-range, hingga flagship.

Deretan hp MediaTek dengan performa unggulan saat ini dapat ditemui pada rangkaian produk hp MediaTek Helio G Series seperti MediaTek Helio G99, MediaTek Helio G80, dan MediaTek Helio G96. Lalu untuk hp 5G, dapat ditemui di jajaran hp MediaTek Dimensity 700, MediaTek Dimensity 8100, dan sebagainya.

Dengan banyaknya keunggulan, bukan berarti prosesor MediaTek tidak memiliki kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan dari prosesor MediaTek.

Kelebihan Prosesor MediaTek

kelebihan prosesor mediatekFoto: MediaTek

Prosesor buatan perusahaan asal Taiwan ini mulai melesat karena banyak dipakai oleh produsen smartphone dan tablet, karena menawarkan performa yang prima, serta fitur-fitur unggulan lain yang biasanya ditemukan pada prosesor dengan banderol harga lebih mahal.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli salah satu smartphone dengan prosesor MediaTek, mari kita ketahui dulu kelebihan dari prosesor MediaTek.

1. Harganya Lebih Murah

Berbeda dengan prosesor Snapdragon dan Exynos, MediaTek menyasar produsen smartphone yang memproduksi produk untuk kelas bawah dan kelas menengah. Hasilnya, MediaTek menawarkan harga ekonomis untuk setiap chipset yang diproduksinya.

Meksipun chipset MediaTek dibanderol murah, namun prosesor ini memiliki kemampuan prima sehingga smartphone murah atau mid-range yang menggunakannya menghasilkan performa yang baik.

Contohnya, Anda bisa melihat performa dari prosesor MediaTek seri X pada beberapa perangkat seperti Xiaomi Redmi Pro yang bisa disandingkan dengan performa smartphone kelas flagship yang menggunakan prosesor besutan kompetitor.

2. Inovatif, Rilis Prosesor 10 Inti Pertama

Agar bisa bersaing dengan pabrikan chipset lain, MediaTek pun terus berinovasi. Nah, salah satu inovasi yang pernah dilakukannya adalah memproduksi prosesor untuk perangkat mobile dengan 10 inti (core yang pertama di dunia).

Prosesor MediaTek dengan 10 core ini adalah seri Helio X20 yang memiliki kemampuan encoding dan decoding H.265 4K/2K video pada 30 fps, serta mendukung layar dengan resolusi 2560 x 1600 pixel.

Selain menyuguhkan performa yang diklaim setara dengan prosesor high-end dari Exynos atau Qualcomm, chipset dari MediaTek ini tetap hemat daya karena telah dilakukan modifikasi pada bagian ARM.

3. Prosesor True Octa-Core Pertama di Dunia

Pada tahun 2013, MediaTek pun menjadi perusahaan pertama yang mengeluarkan chipset Octa-Core, berisikan delapan CPU ARM Cortex-A7 dengan kecepatan 1.7-2.0 GHz dan dipadukan dengan Mali-450 MP4.

Inovasi ini adalah chipset MT6592 yang juga memiliki kemampuan untuk memutar konten 4K, dipakai oleh berbagai perangkat seperti Coolpad F1, vivo X5, Acer Liquid X1 dan Huawei Honor 3X.

4. Grafis Tinggi Namun Hemat RAM

GPU merupakan chip yang menjadi otak untuk mendukung kinerja grafis di smartphone. Sama halnya dengan VGA pada laptop, GPU memegang peranan penting untuk menopang kebutuhan grafis seperti gim 3D ataupun video beresolusi tinggi.

Berbicara GPU, kelebihan MediaTek adalah penggunaan PowerVR yang diklaim lebih unggul ketimbang Adreno dari Qualcomm karena memiliki dedicated VRAM, dimana teknologi ini akan memakai RAM lebih sedikit sehingga Anda bisa bermain gim berat dengan tetap lancar.

5. Prosesor dengan Fabrikasi 10nm Pertama

MediaTek juga memproduksi chipset pertama dengan fabrikasi 10nm yakni Helio X30. Chipset kelas tertinggi dari MediaTek ini menawarkan 10 core yang disertai dengan dukungan 4G LTE Advanced dengan kecepatan 450MBit/s, serta menawarkan performa 35% lebih tinggi dan efisiensi daya hingga 50% ketimbang seri MediaTek Helio X20.

6. Mendukung Multitasking

Kelebihan MediaTek lainnya adalah kinerja multitasking yang andal. Ya, prosesor MediaTek memiliki kerja optimal untuk memenuhi kebutuhan multitasking, dimana Anda bisa dengan leluasa membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa khawatir terjadi lag.

Kekurangan Prosesor MediaTek

Foto: Cashfy

Memiliki kelebihan di sektor harga dan performa tinggi, chipset MediaTek juga mempunyai berbagai kekurangan yang saat ini dikeluhkan oleh banyak pengguna.

Berikut ini adalah kekurangan dari prosesor MediaTek yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh Anda saat membeli smartphone. Perlu diperhatikan, bahwa kekurangan ini tidak terjadi pada semua hp dengan prosesor MediaTek, karena lebih bersifat umum, dan terjadi pada beberapa seri smartphone saja.

1. Boros Baterai

Beberapa tipe chipset dari MediaTek berfokus pada kemampuan grafis yang tinggi. Hasilnya, tampilan grafis yang maksimal tersebut harus mengorbankan energi baterai sehingga menjadi lebih boros.

Hasilnya, Anda yang senang gaming atau menonton konten video berdefinisi tinggi harus lebih sering melakukan charging jika menggunakan smartphone dengan chipset MediaTek.

2. Overheat

Selain boros baterai, performa tinggi dari beberapa chipset MediaTek menyebabkan masalah overheat. Hal ini tentu saja harus menjadi pertimbangan, karena menggunakan smartphone yang cepat panas akan mengurangi kenyamanan.

3. GPS Kurang Akurat

Selain itu, beberapa chipset MediaTek terlebih seri MT65XX disebut memiliki kekurangan pada GPS yang susah terkunci dan kurang akurat. Namun, permasalahan ini sudah jarang ditemui pada chipset MediaTek generasi terbaru.

4. Sulit Dioprek

Buat Anda yang doyan ngoprek smartphone Android, penggunaan prosesor MediaTek akan sedikit membatasi hobi Anda. Pasalnya, smartphone dengan prosesor MediaTek tidak bisa menggunakan custom kernel, berbeda dengan prosesor Qualcomm yang memperbolehkan kostumisasi tersebut.

Kesimpulan

Dari semua kelebihan dan kekurangan prosesor MediaTek yang sudah kami jabarkan di atas, bisa ditarik kesimpulan, meskipun prosesor ini punya banyak kelebihan dibandingkan dengan Snapdragon dan Exynos, namun tetap tidak lepas dari kekurangan juga.

Namun yang perlu diingat, harga hp MediaTek yang ditawarkan tentunya sebanding dengan kualitas dan performa prosesornya. Beberapa hp MediaTek yang ada di pasaran saat ini terbukti unggul di kelasnya masing-masing.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.