Diperbaharui pada Selasa, 3 Oktober 2023 | 13:43

Review Sharp Aquos R7s, Hp Mewah dengan Kamera Juara!

ulasan sharp aquos r7s

Sharp termasuk salah satu brand populer di Indonesia untuk produk-produk rumah tangga, namun ketika berbicara soal smartphone, brand satu ini mungkin belum terdengar familiar di telinga orang Indonesia pada umumnya.

Faktanya, Sharp telah merilis beberapa model smartphone secara resmi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, dan salah satu yang terbaru adalah Sharp Aquos R7s yang sudah tersedia sejak bulan Juli 2023.

Sharp Aquos R7s sendiri merupakan smartphone rebrand dari Sharp Aquos R7 yang sebelumnya telah rilis di Jepang. Hp flagship Sharp ini dibekali dengan spesifikasi mumpuni mulai dari prosesor yang kuat, kemampuan kamera yang menjadi salah satu keunggulan utamanya, dan desain yang mewah.

Tim redaksi Pricebook berkesempatan untuk mencoba langsung perangkat smartphone Sharp Aquos R7s terbaru ini, untuk membuktikan sendiri berbagai keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh Sharp. Berikut ulasan lengkap Sharp Aquos R7s.

Desain dan Tampilan

harga sharp aquos r7s

Pada ulasan kali ini, saya mendapatkan unit smartphone Sharp Aquos R7s berwarna hitam dengan varian model RAM 12 GB/256 GB. Hp ini hadir dengan layar Pro IGZO OLED berukuran 6.6 inci, yang sudah mendukung refresh rate 240 Hz.

Sharp Aquos R7s sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari bawah layar yang menggunakan teknologi 3D Sonic Max dari Qualcomm. Ketika mencobanya, respon dari sensor fingerprint ini sangat cepat.

Melihat desainnya secara keseluruhan ketika pertama kali memegang hp Sharp ini, saya mendapatkan kesan mewah dan eksklusif yang sangat dominan, terutama pada desain rangka dan panel belakangnya.

harga sharp aquos r7s

Desain bodinya juga kokoh, sehingga wajar bila Sharp mengklaim bahwa bodi hp ini waterproof dan anti debu. Saya membuktikannya sendiri dengan memercikkan air pada bodi Sharp Aquos R7s, namun saya tidak sampai melakukan tes dicelup ke dalam air.

harga sharp aquos r7s

Rangka dari Sharp Aquos R7s ini juga terasa kokoh ketika berada di genggaman tangan saya yang memang agak besar. Rangka ini terbuat dari bahan alumunium, dengan posisi tombol volume dan tombol power berada di sisi sebelah kanan layar.

Selama beberapa hari menggunakan Sharp Aquos R7s, saya juga merasakan kesatnya hp ini ketika dipegang, karena panel belakangnya memiliki permukaan matte yang bertekstur, sehingga tidak mudah selip atau jatuh saat dipegang.

Kamera

harga sharp aquos r7s

Karena pada berbagai materi promo Sharp Aquos R7s selalu mengedepankan kamera, maka ini menjadi salah satu bahan uji pertama saya ketika melakukan ulasan untuk hp Sharp terbaru ini.

Hal pertama yang saya perhatikan adalah modul kamera unik, dengan desain melingkar, yang posisinya berada di bagian tengah pada sisi atas panel belakangnya. 

Memang secara umum, desain kamera seperti ini bukan sesuatu yang baru, namun bagi saya, tetap terasa berbeda dari desain-desain sejenis. Terlebih lagi, ukuran lingkarannya tidak terlalu besar.

Kamera Sharp Aquos R7s kabarnya dibuat oleh Leica (seperti pada Sharp Aquos R7), dan dilengkapi dengan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci. Konfigurasi kamera gandanya terdiri dari kamera utama 47.2 MP (f/1.9) dengan lensa ultra-wide, dan kamera kedalaman (depth) beresolusi 2 MP (f/2.4).

Hal pertama yang saya sadari ketika menggunakan kamera belakang Sharp Aquos R7s adalah kecepatan fokusnya, sehingga meminimalisir terekamnya hasil foto yang blur saat memotret. Bahkan ketika digunakan untuk memotret objek yang bergerak, hasil fotonya tetap bagus.

Berikut bebrapa hasil jepretan kamera belakang Sharp Aquos R7s:

harga sharp aquos r7s
harga sharp aquos r7s
harga sharp aquos r7s
harga sharp aquos r7s
harga sharp aquos r7s

Selain itu, saya juga mencoba untuk memotret pada kondisi terang dan agak gelap, dengan hasil foto yang juga cukup memuaskan. Detail-detail pada hasil foto ketika diperbesar pun cukup baik. Area gelapnya sangat minim noise.

Beralih ke kamera depan, saya merasakan fitur hp flagship yang sangat memuaskan dari Sharp Aquos R7s, terutama ketika menggunakan mode Portrait, di mana tersedia berbagai opsi untuk melakukan pengaturan-pengaturan foto.

harga sharp aquos r7s

Hasil fotonya pun bagus, dengan bokeh yang terlihat sangat natural. Walau begitu, pada beberapa bagiannya tetap terlihat sedikit miss, terutama pada bagian helai rambut. Namun rasanya tidak mengurangi penilaian saya soal hasil fotonya secara keseluruhan.

Layar dan Audio

harga sharp aquos r7s

Selanjutnya saya berfokus pada kemampuan layar dan audio dari Sharp Aquos R7s, dengan mencoba melakukan beberapa uji coba menonton tayangan video dan mendengarkan musik.

Pertama, saya menggunakan hp Sharp terbaru ini untuk menonton tayangan video streaming di pengaturan resolusi tertingginya, dan gambar yang dihasilkan sangat tajam dan lancar, dengan warna yang kaya berkat adanya Dolby Vision.

harga sharp aquos r7s

Selain video streaming, saya juga mencoba untuk memutar beberapa file video beresolusi tinggi. Tampilan visual dengan frame rate tinggi pada layar Sharp Aquos R7s ini membuat tayangan video berjalan dengan mulus.

Kualitas audio yang dikeluarkan juga terdengar bulat dan tebal. Bahkan getaran audionya sangat terasa di panel belakangnya. Lalu saya mencoba untuk mendengarkan musik melalui layanan streaming musik, dan audio yang dikeluarkan melalui speakernya tidak menunjukkan penurunan kualitas.

Performa dan Baterai

harga sharp aquos r7Hasil benchmark Geekbench 6

Membahas performa Sharp Aquos R7s secara keseluruhan, memberikan pengalaman menggunakan yang memuaskan bagi saya, terutama setelah menggunakannya selama kurang lebih 4 hari sebagai daily driver.

Sharp Aquos R7s ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 1, sesuatu yang sempat menjadi pertanyaan saya ketika pertama kali mengetahui tentang smartphone ini. Mengapa tidak menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 saja?

Namun setelah mengetahui bahwa ini adalah model rebrand dari Sharp Aquos R7 yang rilis di Jepang tahun lalu (2022) dengan spesifikasi yang identik, akhirnya saya memaklumi.

Sharp Aquos R7s dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Perlu saya infokan bahwa hp ini datang dengan kabel type-C dan kepala charger 30W. Waktu pengisian yang dibutuhkan dari baterai nol hingga kapasitas terisi 100% adalah sekitar 1 jam 36 menit.

Untuk melakukan pengujian, saya memastikan kondisi baterai 100% pada pagi hari (sekitar jam 8:00) dengan penggunaan smartphone normal selama seharian penuh, menyisakan baterai 24% pada malam hari sekitar jam 22:30.

harga sharp aquos r7Hasil benchmark AnTuTu

Secara performa, Snapdragon 8 Gen 1 adalah salah satu chipset terkuat yang ada saat ini, jadi kemampuannya juga cukup kencang. Untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan produktivitas seperti menonton YouTube, membuka media sosial (TikTok dan Instagram), dan kegiatan ringan lainnya, tidak ada masalah, lancar-lancar saja.

Saya juga coba menggunakan hp ini untuk bermain gim. Perlu diinfokan, saya bukan lah pemain gim reguler, sehingga beberapa gim yang saya coba adalah gim-gim berbasis online yang diakses melalui website gaming.

Beberapa gim yang saya mainkan memiliki grafik yang bervariasi, mulai dari yang ringan, hingga berat. Selain itu, saya juga mencoba gim berbasis VR (Pokemon GO), dan mencoba bermain di beberapa lokasi di sekitaran Jakarta.

Sejauh pengalaman saya, bermain gim di Sharp Aquos R7s ini cukup memuaskan dari segi kepuasan bermain secara visual dan audio. Saya tidak menemukan kondisi lag ketika bermain, semua gim yang saya mainkan lancar. Sempat ada penurunan frame rate pada gim berat, namun tidak sampai mengganggu jalannya permainan.

Berbeda dengan ketika menggunakan smartphone ini untuk produktivitas, saat bermain gim, bagian belakang hp cenderung cepat panas. Sementara untuk performa baterai saat bermain gim selama sekitar 30 menit, dayanya berkurang sekitar 20%.

Kesimpulan

harga sharp aquos r7s

Setelah mencoba menggunakan Sharp Aquos R7s selama kurang lebih 4 hari sebagai daily driver dalam melakukan berbagai aktivitas, saya berpendapat bila performa dari hp ini sangat mumpuni dan bisa diandalkan.

Selain itu, kinerja baterainya juga cukup awet untuk digunakan selama seharian penuh. Pada satu waktu saat mengulas hp ini, saya juga sempat meluangkan satu hari dengan membiarkan hp ini stand by selama seharian penuh, dan baterainya hanya berkurang sekitar 15%.

Bagi penggemar fotografi, hasil jepretan dari kamera Sharp Aquos R7s ini jauh di atas rata-rata. Foto-foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang tajam dan minim noise.

Satu-satunya kekurangan yang saya rasakan hanya pada panel belakang yang cepat panas ketika bermain gim, selebihnya aman. Secara keseluruhan, dengan melihat pada spesifikasi serta performanya, saya rasa banderol harga Rp 15.999.000 untuk Sharp Aquos R7s ini cukup sebanding. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1551 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.