Diperbaharui pada Senin, 28 Agustus 2023 | 09:30

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di Sejutaan

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-0
Baru-baru ini realme kembali memperkenalkan dua hp terbaru, salah satunya realme C51. Dibanderol harga 1 jutaan, bagaimana performa hp terbaru realme ini? Berikut hasil review realme C51 yang dilakukan tim Pricebook.

Kehadiran realme C51 terasa cukup spesial, karena diluncurkan bertepatan dengan perayaan realme yang memasuki usia ke-5 tahun kehadirannya secara global.

realme C51 sendiri dihadirkan untuk mendobrak semua ekspektasi pada hp di pasar entry-level. Hp realme ini membawa peningkatan besar pada pengisian daya cepat, memori, kamera, dan desain, serta tidak ketinggalan fitur NFC yang sulit ditemukan di hp sejutaan.

Khusus pengisian daya, teknologi 33W SUPERVOOC Charge diklaim bisa mengisi ulang baterai 5000 mAh hanya hingga 50 persen hanya dalam waktu 28 menit saja. Pengisian daya tercepat yang dapat ditemukan oleh pengguna di hp sejutaan.

Lalu dukungan RAM Dinamis 8 GB ditambah memori penyimpanan terbesar hingga 128 GB tentu bisa menjadi daya tarik di pasar hp harga dibawah 2 jutaan.

Belum lagi fitur-fitur pendukung yang sangat bermanfaat untuk mendukung aktivitas seperti NFC, kamera AI 50 MP hingga tampilan desain yang menarik.

Untuk lebih detailnya, saya akan coba melakukan review realme C51 ini dengan menguji performanya secara langsung.

Review realme C51

Berikut hasil pengalaman saya selama beberapa hari menggunakan realme C51.

Stylish Glittering Design

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-1
Sebagai hp yang menyasar pada anak muda, desain menjadi salah satu bagian penting bagi realme. Itu sebabnya hampir semua hp realme diciptakan dengan desain yang menarik dan detail.

Tidak terkecuali realme C51 yang kali ini menawarkan Stylish Glittering Design yang mengombinasikan cover belakang menjadi dua bagian. Bagian atas yang juga menjadi kompartemen kamera menggunakan material glossy mengkilap. Di bawah cahaya, bodi bagian atas ini menampilkan pancaran sinar yang menarik.

Sementara bagian bawahnya menampilkan tekstur matte. Bagian bawah ini permukaannya terasa sedikit lebih kesat dibanding bagian atas. Hal ini penting untuk mengurangi resiko terlepas dari genggaman saat di pegang.

Menurut saya, perpaduan dua tekstur ini membuat realme C51 tampil berbeda jadi lebih dinamis dan modis. Ada dua dua warna yang ditawarkan yaitu Mint Green (warna unit yang saya review) dan Carbon Black.

Tidak hanya tampilan, realme juga mengemas realme C51 ini dengan bodi yang ramping. Hadir dengan ketebalan sekitar 7,99 mm, terbilang cukup tipis dikelasnya.

Saya pun merasakan kenyamanan saat memegang dan menggunakan hp ini. Mengakses menu maupun aplikasi menggunakan dengan satu tangan masih terasa cukup mudah.

Untuk penempatan tombol tidak banyak berubah dari hp realme lainnya, seperti tombol power dan volume ada di kanan lalu slot kartu SIM dan microSD di sebelah kiri.

Khusus untuk slot kartu, realme C51 menyediakan 2 slot kartu SIM dan 1 slot microSD. Jadi aman untuk menggunakan 2 kartu SIM sekaligus microSD secara bersamaan. Sedangkan dibawah terdapat port audio 3,5mm, charger dan speaker yang diletakkan berjajar.

Layar 90Hz

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-2
realme mengusung desain mini-drop klasik dengan sebuah lengkungan yang membentuk huruf Udi bagian atas layar. Layar realme C51 sendiri memiliki ukuran yang cukup lapang yaitu 6.74 inci.

Resolusinya memang belum FullHD, masih sebatas HD+ 720x1600. Tapi layar ini sudah mendukung refresh rate 90Hz dengan touch sampling rate 180Hz. Dimana hp dengan refresh rate 90Hz memiliki kualitas visual yang lebih halus bisa dibandingkan dengan layar 60Hz.

Karena refresh rate lebih tinggi akan menurunkan tingkat latensi. Setidaknya bisa mempengaruhi fps, waktu respon, dan latensi saat main game. Walau perbedaannya tidak terlalu signifikan tapi terbilang cukup untuk ukuran harganya.

Selain itu, layar realme C51 dibekali level brightness hingga 560 Nits. Saat berada di luar ruangan dengan pencahayaan yang tinggi, tingkat kecerahan dapat dinaikin di atas 50 persen untuk mendapatkan tampilan yang optimal. 

Meski demikian, dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 90,3% layar ini memberikan tampilan yang lebih lapang. Saya pun masih bisa menghabiskan beberapa episode serial Netflix terbaru dengan nyaman.

realme UI T Edition dan Mini Capsule

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-3
Merujuk data sistem perangkat lunak, realme C51 berjalan dengan antarmuka realme UI T Edition yang berbasis Android 13. Sekedar info, realme memang memiliki beberapa versi sistem antarmuka seperti realme UI standar (realme UI 4.0), lalu ada realme UI (S, R, T) Edition dan realme UI Go Edition.

Bedanya, realme UI T Edition ini memiliki sistem yang lebih ringan dari realme versi standar. Namun secara umum tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dari versi standar.

Apalagi realme masih tetap menyematkan fitur mini capsule. Bagi yang belum tau, Mini Capsule merupakan fitur premium yang mirip seperti Dynamic Island di iPhone 14 Series.

Fitur mini capsule ini nantinya akan menampilkan beberapa notifikasi. Ada tiga skenario yang bisa digunakan agar mini capsule ini muncul di atas layar yaitu menampilkan status baterai, penggunaan data dan statistik langkah.

Saat aktif, fitur ini secara cerdas beradaptasi dengan layar dan membungkus kamera depan yang berukuran mini. Menarik.

Kamera 50 MP

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-4
Lanjut ke sektor kamera yang juga menjadi salah satu fitur wajib bagi anak muda. Disini realme coba memberikan peningkatan pada kamera di realme C51. Ada kamera utama di bagian belakang yang memiliki resolusi 50 MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa 5P. 

Di rentang harga ini, kamera 50 MP memang sudah termasuk yang terbaik. Dengan resolusi sebesar ini, hasil foto yang dihasilkan kamera realme C51 mencapai resolusi hingga 8160 x 6144 piksel. Kamera ini akan di dukung kamera makro dengan resolusi 2 MP dan kamera selfie 5 MP.

Untuk menu kameranya terbilang cukup komplit dengan pilihan berbagai mode pemotretan, seperti Mode Portrait, Mode Beauty, HDR, Pro, Pengenalan Wajah, Filter, dan Kontrol Efek Bokeh.

Foto yang dihasilkan kamera 50 MP dari realme C51 ini ternyata cukup mengejutkan. Kameranya bisa memproduksi gambar yang cukup detil dengan ketajaman dan warna yang sangat baik.

Karena resolusinya yang besar, membuat foto masih bisa terlihat jelas meski dilakukan pembesaran hingga 50 persen.

Kamera realme C51 juga dibekali pemotretan mode malam. Untuk foto yang diambil di saat malam cukup lumayan dengan noise yang minim.

Berikut hasil foto kamera realme C51

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-5
Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-6
Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-7
Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-8
Performa

Lanjut ke performa, realme C51 ditenagai prosesor octa-core Unisoc Tiger T612 dengan proses fabrikasi 12nm dan GPU Mali-G57 serta memiliki kecepatan 1.82GHz.

Bukan chipset baru, karena beberapa hp realme sudah menggunakan prosesor ini, seperti realme C33, realme C31 dan Narzo 50i Prime. Berdasarkan pengalaman dari seri sebelumnya, performa Unisoc T612 ini sangat baik kok untuk penggunaan sehari-hari, terlebih saat ini hadir di HP 1 jutaan.

Selama beberapa hari menggunakan realme C51, semua bisa dilakukan dengan lancar, mulai dari browsing, mengecek email, chating, streaming film, menjalankan aplikasi media sosial semua aman terkendali.

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-9

Oiya, membuka banyak aplikasi secara bersamaan masih sangat lancar. Karena realme C51 mendukung fitur RAM dinamis yang memungkinkan perangkat menambah kapasitas RAM dari 4 GB (bawaan) menjadi 8 GB (tambahan 4 GB secara virtual).

Sementara untuk memori internalnya termasuk cukup besar yaitu 128 GB. Itupun masih bisa ditambah menggunakan microSD hingga 2 TB. Kamu bisa menyimpan ribuan foto, video ataupun file besar lainnya.

Bagaimana dengan kemampuan gamingnya?

Saat saya coba main PUBG, setingan maksimal yang di dapat grafis HD dengan frame rate high. Bermain selama 45 menit PUBG bisa dimainkan dengan lancar dan stabil untuk HP 1 jutaan. 

Beberapa game yang saya coba dan bisa dimainkan dengan lancar diantaranya Mobile Legends, Free Fire, CODM hingga Asphalt. Meski semua gamer tersebut masih bisa dimainkan, harus tetap diingat jika chipset ini memiliki batas kemampuan. Jadi jangan terlalu berekspektasi lebih tinggi.

Selain gaming, saya juga melakukan beberapa tes benchmark. Hasilnya menggunakan AnTuTu v10 mencatat skor 256.714. Lalu Geekbench 5 mencetak skor 423 (single core) dan 1474 (multi-core).

Fast Charging 33W

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-10
Ini merupakan salah satu fitur unggulan realme C51 dan mungkin tidak ditemui pada perangkat dikelasnya. realme C51 sendiri dibekali teknologi pengisian daya 33W SUPERVOOC yang diklaim tercepat di segmennya dengan baterai 5000 mAh. 

Klaim realme, performa pengisian daya realme C51 mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 28 menit. Saat saya coba langsung, mengisi daya dari 0 hingga terisi 50 persen berlangsung selama 30 menit.

Sedangkan untuk terisi hingga 100 persen butuh waktu selama 1 jam 15 menit. Termasuk cepat untuk ukuran hp 1 jutaan yang ada saat ini.

Hal penting yang juga harus diketahui adalah pengisian daya realme C51 juga telah diproteksi sehingga lebih aman. Karena ada realme menggunakan sistem proteksi lima inti yang cerdas yaitu proteksi overcharge, proteksi tegangan berlebih, proteksi arus berlebih, proteksi temperatur berlebih, dan proteksi kasus yang ekstrem.

Fitur Lainnya

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-11
Selain fitur diatas, realme C51 juga memiliki beragam teknologi kekinian yang bisa mendukung aktivitas. Ada UltraBoom Speaker yang bisa memberi pengalaman audio yang lebih baik.

Output audionya terdengar cukup lantang meski volume belum mencapai 50 persen. Cocok untuk kamu yang suka musik atau juga streaming film dengan keluaran audio yang baik.

Lalu ada juga sensor sidik jari samping yang menyatu bersama tombol power. Selain bisa menjaga keamanan informasi pribadi, kemampuan sensor ini cukup baik dan sangat cepat dalam merespon sentuhan sidik jari kita.

Yang tak kalah menarik adalah, realme C51 turut menyematkan fitur NFC multifungsi. Bahkan realme C51 mengadopsi teknologi antena umum NFC yang diteliti sendiri untuk meningkatkan area sentuh NFC sebanyak 2 kali lipat dan secara efektif meningkatkan tingkat akurasi.

Kesimpulan

Review realme C51: Charging Cepat dan Fitur-fitur Terbaik di  Sejutaan-12
Hadirnya realme C51 menjadikannya opsi terbaik di kelas hp harga 1 jutaan. Apalagi realme telah melakukan sejumlah peningkatan dari seri-seri sebelumnya.

Pengguna kini tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam hanya untuk mencari hp fast charging. Karena dengan dukungan pengisian daya cepat 33W di hp realme ini semua bisa terpenuhi.

Hanya dalam waktu 30 menit baterainya sudah terisi 50 persen. Artinya pengguna bisa melanjutkan banyak aktivitas hanya dengan menunggu waktu pengisian setengah jam saja.

Lalu kapasitas memori yang besar (RAM 4+4 GB dan memori internal 128 GB) memungkinkan semua aktivitas bisa dilakukan secara simultan tanpa harus mengalami lag atau pun eror. Menyimpan data file pun tidak perlu khawatir kehabisan memori, karena kapasitasnya besar.

Secara performa juga masih bisa diandalkan karena realme C51 ini lebih ditujukan untuk penggunaan biasa dan bukan untuk tugas yang berfokus pada kinerja.

Fitur lain juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti NFC misalnya, bisa digunakan untuk mengecek maupun isi saldo emoney langsung dari perangkat.

Nah, jika tertarik realme C51 tersedia dalam dua varian yaitu versi RAM 4 GB dan ROM 64 GB serta varian RAM 4 GB dan ROM 128 GB. Masing-masing dijual dengan harga Rp 1.699.000 dan Rp 1.899.000, bisa dibeli di seluruh kanal penjualan resmi realme baik online maupun offline mulai hari ini.

Kriteria Spesifikasi
OS Version Android 13
Ukuran Layar 6.7 inch
Screen Resolution 720 x 1600 Pixel
Detail Prosesor Tiger T612
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 2 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
USB Type-C
NFC Ya
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.