Diperbaharui pada Senin, 18 September 2023 | 13:57

Mengenal Sejarah Motherboard Komputer dan Fungsinya

Motherboard

Setiap perangkat komputer, baik PC, laptop, memiliki salah satu komponen penting bernama motherboard. Tanpa komponen satu ini, maka komputer tidak akan bisa dibuat dalam ukuran yang compact.

Motherboard secara teknis disebut sebagai Logicboard, namun ada pula yang menyebutnya Mobo, Mainboard, System Board dan juga MB. Perangakat motherboard terbuat dari papan PCB dengan berbagai komponen elektronika, slot dan port.

Fungsi dari motherboard ini sangat penting sebagai komponen "induk", yang menghubungkan setiap komponen komputer, guna membentuk sebuah sistem kerja dalam pengoperasian sebuah perangkat komputer.

Sejarah Motherboard

 Sejarah dari Motherboard

Menurut sejarah yang tercatat, motherboard pertama kali dibuat oleh Steve Jobs dan Wozniak, dua pendiri perusahaan Apple. Saat itu mereka sedang merencanakan pengembangan Apple I menjadi Apple II, namun dengan bentuk yang lebih ringkas.

Saat itu tahun 1977, di mana komputer Apple I masih terdiri dari beberapa bagian yang terpisah dan dihubungkan dengan kabel-kabel yang ruwet. Kedua pendiri Apple tersebut memikirkan cara untuk meletakkan komponen-komponen komputer yang berserakan tersebut di satu tempat khusus, di dalam komputer.

Ide tersebut lalu dikembangkan di produk Apple II yang kemudian diikuti oleh beberapa perusahaan pengembang awal mortherboard seperti DFI, Orchid Tech, AMI, Huppauge, Micronic, dan Elitegroup.

Pada tahun 1980 hingga 1990 beberapa komponen peripheral komputer mulai bisa diintegrasikan pada papan motherboard antara lain adalah slot untuk keyboard, slot untuk mouse, floppy drive, serta port serial dan pararel. Saat itu motherboard masih berukuran cukup besar.

Memasuki tahun 2000an awal, integrasi peripheral komputer semakin sempurna dengan berhasil ditambahkanya sound card dan VGA card yang menempel langsung pada motherboard (on board). Kini, perkembangan mortherboard semakin kompleks dengan ditambahkannya berbagai komponen yang bermacam-macam.

Komponen-komponen pada Motherboard

Komponen-komponen Pada Motherboard

Sebagai papan utama tempat meletakkan chip, komponen elektronika, port dan berbagai slot, motherboad berfungsi mengatur lalu lintas data pada sistem komputer. Beberapa komponen penting di dalam motherboard di antaranya sbb:

  • USB 2.0 port 1 dan port 2
  • Port Paralel dan Serial
  • Microphone jack
  • PS/2 Mouse Port
  • South bridge controller
  • Standby Power LED
  • PCI slots
  • RJ-45 Port
  • Line in jack
  • Line out jack
  • USB 2.0 port 3 dan port 4
  • Video Graphics Adapter Port
  • Konektor keyboard
  • AGP 4X slot
  • Baterai CMOS

Perkembangan motherboard sangat pesat, jika pada awal mula terciptanya, motherboard hanya memiliki standar PC/XT yang dibuat oleh IBM, kini telah ada motherboard dengan jenis ATX. Berikut beberapa jenis motherboard yang ada saat ini.

  • PC/XT (buatan IBM dan menjadi standar motherboard hingga belasan tahun)
  • AT (Advance Technology)
  • ATX (Advance Technology Extension)
  • Mini ATX

Produsen Motherboard Terkenal

Seiring perkembangan teknologi motherboard, turut muncul deretan perusahaan pembuat motherboard, mulai dari brand premium yang sudah sangat dikenal di dunia komputer, hingga brand yang kurang dikenal. Dari beberapa brand tersebut, berikut yang paling banyak (dan mudah) ditemui di pasaran karena kepopulerannya.

ASUSMotherboard Asus

Motherboard ASUS sangat terkenal dan paling banyak diminati oleh perusahaan pembuatan komputer, para pekerja IT dan penggila komputer rakitan.

ASUS tak hanya memproduksi motherboard namun juga VGA card untuk AMD dan juga NVIDIA. Tidak hanya itu, ada pula produk gaming case, optical drive, laptop, smartphone, dan peripheral lain.

Gigabyte Motherboard Gigabyte

Gigabyte termasuk perusahaan besar di bidang motherboard dan komponen komputer lain pada umumnya. Terlebih lagi, Gigabyte dan ASUS adalah rival yang saling bersaing di pasar motherboard.

Produksi Gigabyte sendiri tidak jauh berbeda dari ASUS yakni produk VGA card AMD dan NVIDIA, gaming peripheral dan banyak lainnya.

ASRockMotherboard ASRock

ASRock dulunya adalah bagian dari ASUS, namun saat ini telah menjadi perusahaan sendiri dan menjadi pesaing yang tidak bisa diremehkan oleh ASUS, maupun brand-brand produsen motherboard lainnya.

Banyak sekali jenis dan tipe motherboard buatan ASRock yang bisa ditemukan di pasaran, meski secara resmi brand ini tidak memiliki pabrik atau kantor perwakilan penjualan di Indonesia. Produknya sendiri diimpor oleh toko-toko komputer secara mandiri.

BiostarMotherboard Biostar

Biostar adalah produsen motherboard yang lebih dikenal dengan produk motherboard untuk perusahaan AMD. Walau begitu, Biostar juga membuat motherboard untuk perusahaan lainnya, termasuk Intel.

Selain keempat brand motherboard di atas, tentunya masih banyak brand lain yang bisa ditemui di pasaran, mulai dari MSI, Foxconn, ASUS Maximus, EVGA, VVIKOO, ACER, ECS, PCChip, EPOX, Power Color, Zotac, Quanmax, Magic Pro, hingga Albatron.

Sebelum membeli perangkat motherboard, pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan, ya. Selain itu, pastikan budget yang dipersiapkan juga cukup dan efektif, sehingga kamu bisa mendapatkan motherboard berkualitas yang tahan lama.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1525 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.