Diperbaharui pada Kamis, 24 Mei 2018 | 09:49

Update Android Oreo untuk Xiaomi Redmi Note 5 Pro Sebabkan Mode Portrait dan 4G Error

Baru-baru ini, Xiaomi menggulirkan update Android Oreo 8.1 ke beberapa produk miliknya. Salah satu produk yang mendapat update sistem terbaru ialah Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Update ini bahkan sudah dimulai di India beberapa jam lalu. Hal ini tentu membuat banyak pengguna Xiaomi senang. Pasalnya dalam update ini, Xiaomi menghadirkan ROM MIUI 9.5 yang mengusung sejumlah fitur baru yang berbasis Android Oreo. Sayangnya, setelah melakukan update sistem, beberapa pengguna hape Xiaomi seri ini mengeluhkan adanya beberapa masalah.

Menurut beberapa pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Pro di India yang sudah menginstal MIUI 9.5.6, mengatakan bahwa mode portrait kamera tidak bisa digunakan lagi. Tidak hanya itu, mode dual LTE juga tidak aktif setelah menggunakan sistem Android Oreo. Menyadari hal tersebut, Xiaomi India sudah menghentikan sementara update sistem melalui OTA. Tidak hanya itu, Xiaomi juga sudah menghapus bagian MIUI download untuk Redmi Note 5 Pro di website. Kabarnya Xiaomi akan membenahi terlebih dahulu update MIUI terbaru ini dan mulai menyebarkan kembali beberapa hari kedepan.

Dalam update Xiaomi Redmi Note 5 Pro ini, pengguna memang akan mendapat update besar yang membuat sistem Android lama yakni Android Nougat berganti ke sistem baru, Android Oreo. Tentu update ini membawa sejumlah fitur khas Android 8.1 seperti fitur gesture navigation mirip iPhone X, peningkatan performa baterai dan peningkatan performa. Bahkan dalam sebuah tes menyebutkan update ini membuat hape Xiaomi dengan MIUI 9.5 lebih hemat dibanding hape Xiaomi dengan MIUI 9.2.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Hape Xiaomi ini hadir dengan desain yang cukup modis. Pada bagian layar, Xiaomi menggunakan layar berukuran 5,9inci. Layar ini sudah disokong panel IPS dan resolusi Full HD+ untuk mendukung visual yang jelas dan detail.

Pada bagian mesin, Xiaomi Redmi Note 5 Pro menggunakan mesin yang memiliki kinerja yang bersaing. Ponsel Android terbaru ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 636. Prosesor quad-core ini akan dipadukan dengan RAM 4GB dan GPU Adreno hingga memori internal 64GB dan slot microSD.

Pada bagian kamera, Xiaomi Redmi Note 5 Pro mengandalkan kamera utama 13 + 5 MP dengan sensor BSI dan dual LED. Untuk kamera depan, ponsel ini sudah dibekali kamera 20 MP. Kemampuan kamera depannya sudah cukup jelas untuk selfie maupun vlog. Kamera utamanya bahkan sudah dibekali dengan teknologi PDAF sehingga mampu mengambil fokus yang jelas meski minim cahaya. Terakhir, smartphone terbaru Xiaomi ini dibekali baterai 4000 mAh untuk mencukupi kebutuhan daya harian.

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts