Diperbaharui pada Kamis, 8 Februari 2018 | 09:11

Pencapaian Bisnis Xiaomi di 2017 dan Target di 2018

Lei Jun XiaomiLei Jun, Founder & CEO Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan teknologi yang semakin diperhitungkan, terutama di pasar smartphone dunia. Di usia perusahaan yang baru menginjak tujuh tahun, Xiaomi telah mencatatkan beberapa pencapaian besar di tahun 2017 lalu.

Sejumlah pencapain besar tersebut mencakup pendapatan yang mampu melampaui target perusahaan, kesuksesan di pasar smartphone dan berhasil mendapatkan pengakuan melalui beberapa penghargaan.

Pencapaian tersebut diungkap Lei Jun, Founder & CEO Xiaomi. Melalui surat yang ditulis sendiri, Lei Jun menuliskan tentang pencapaian bisnis Xiaomi selama tahun 2017, termasuk harapannya untuk tahun 2018. Lei Jun juga beberapa kali menyebut Indonesia, yang merupakan salah satu pasar penting bagi rencana ekpansi global Xiaomi.

Pencapaian Bisnis Xiaomi di  2017

Berikut tulisan Lei Jun mengenai pencapaian bisnis Xiaomi selama tahun 2017 dan harapannya untuk tahun 2018 :

1. Melampaui Target Pendapatan

Pada bulan Oktober 2017, Xiaomi berhasil melampaui target pendapatan sebesar RMB 100 miliar (sekitar Rp215 triliun) lebih yang ditetapkan pada awal tahun. Pencapaian ini terbilang luar biasa mengingat mereka hanya membutuhkan waktu 7 tahun bila dibandingkan dengan persuhanaan teknologi lain. Bahkan untuk mencapai tonggak sejarah ini, Apple membutuhkan waktu 20 tahun, Facebook butuh 12 tahun, Google harus melewati waktu selama 9 tahun, lalu Alibaba membutuhkan waktu 17 tahun, Tencent membutuhkan waktu 17 tahun, dan Huawei membutuhkan waktu 21 tahun.

“Dengan pencapaian ini kami sangat mungkin masuk daftar perusahaan Fortune Global 500 tahun ini,” ujar Lei Jun.

2. Sukses Dalam Penjualan Smartphone

Xiaomi Redmi 5
Tahun lalu, pengiriman global smartphone Xiaomi telah meningkat secara signifikan sejak Q2 2017. Hasilnya Xiaomi kembali berada di 5 merek smartphone teratas. Berdasarkan data dari IDC, Xiaomi telah menjadi merek smartphone nomor 4 di dunia pada Q4 2017 dalam hal pengiriman. Bahkan di saat pasar smartphone menurun 6,3%, Xiaomi berhasil mempertahankan pertumbuhan year-on-year sebesar 96,9% -menjadi satu-satunya merk dengan pertumbuhan berkelanjutan.

Kesuksesan tersebut didapatkan Xiaomi berkat inovasi dan menjaga kualitas produk yang mereka prosuksi. “Kita menggunakan teleskop untuk melihat inovasi, dan mikroskop untuk memeriksa kualitas produk. Inovasi menentukan seberapa tinggi kita bisa terbang, sementara kualitas produk menentukan seberapa jauh kita bisa pergi,” tutur Lei Jun.

Ada tiga faktor yang menjadi kunci sukses Xiaomi di 2017 lalu, yaitu :

- Inovasi teknologi tanpa henti

Awal tahun lalu, Xiaomi meluncurkan chipset pertama bernama Surge S1 dan berhasil memasukkannya ke dalam produksi massal. Dengan demikian, Xiaomi menjadi perusahaan keempat di dunia dengan kemampuan merancang dan memproduksi chipset dan smartphone.

Lalu pada Q3 tahun lalu, mereka meluncurkan Xiaomi Mi MIX 2 yang sukses menjadi pemimpin di era hp full display. Tidak hanya di industri smartphone saja, Xiaomi juga telah membangun platform IoT terbesar di dunia menciptakan banyak perangkat cerdas canggih dan investasi berkelanjutan di cloud service.

“Kami juga termasuk yang pertama meluncurkan produk AI (Artificial Intelligence) di Cina. Sejauh ini, kami telah mengajukan lebih dari 24.000 hak paten secara global dengan 5.920 di antaranya sudah diberikan.

- Fokus pada kualitas

Kualitas produk dan layanan adalah misi terpenting perusahaan dan Xiaomi terus meningkatkannya tanpa mempedulikan biaya. Bahkan baru-baru ini, Xiaomi termasuk di antara top ten "Made in China 2025" quality award.

- Xiaomi menjadi nomor 1 di India dan pasar berkembang

Saat ini Xiaomi telah hadir di 70 negara dan wilayah secara global dan menjadi lima besar di 16 pasar. Contoh yang paling luar biasa adalah pasar India. Menurut sejumlah firma riset, mulai kuartal ketiga tahun lalu, pangsa pasar smartphone Xiaomi di India telah menjadi nomor satu. Termasuk di Indonesia yang mewakili Asia Tenggara, Rusia mewakili Eropa Timur, dan Spanyol yang mewakili Eropa Barat, dimana semua pasar telah menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

Baca juga 11 Hp Xiaomi Resmi di Indonesia

3. Memperhatikan Desain

Xiaomi
Perangkat dengan desain yang bagus adalah bagian penting dari pengalaman pengguna, dan sejak awal desain sudah menjadi fokus penting bagi Xiaomi. Dan investasi berkelanjutan Xiaomi dalam desain sangat diakui pada tahun 2017. Dimana Xiaomi menerima sejumlah penghargaan desain, termasuk empat penghargaan utama (IDEA Gold, iF Gold, Red Dot Best of Best, Good Design Best 100).

Diwakili hp Xiaomi Mi MIX dan Mi MIX 2, lima smartphone Xiaomi berhasil mengantongi penghargaan desain internasional. Seri Mi MIX bahkan ditampilkan sebagai pameran oleh berbagai museum papan atas termasuk Centre Pompidou di Perancis, Museum Desain Finlandia dan Die Kimue Sammlung dari Jerman.

Target Xiaomi di Tahun 2018

Di tahun 2018 ini, Xiaomi terus fokus pada inovasi teknologi dan peningkatan kualitas serta berupaya keras dalam ekspansi luar negeri. Meski telah memasuki lebih dari 70 pasar secara global, bagi Xiaomi itu merupakan permulaan. “Masih banyak ruang untuk pertumbuhan di pasar tempat kita hadir, dan kita masih harus memasuki lebih banyak pasar di seluruh dunia,” tambah Lei Jun.

Ia menambahkan bahwa pasar luar negeri mewakili peluang besar bagi Xiaomi dan perlu memberi lebih banyak dukungan dalam hal strategi, sumber daya, dan pengembangan produk lokal, serta mengirim lebih banyak karyawan ke seluruh dunia.

Pada 2018, pasar smartphone China siap mengalami penurunan untuk pertama kalinya setelah pertumbuhan lebih dari satu dekade. Pasar Cina adalah pondasi Xiaomi. Pasar Cina merupakan pasar elektronik konsumen terbesar di dunia dan yang paling kompetitif. Hanya dengan menang di pasar domestik, Xiaomi bisa memiliki cukup dukungan untuk ekspansi global.

“Tahun ini saya menetapkan tujuan baru, yaitu kami akan mendapatkan kembali posisi nomor 1 di Cina dalam waktu 10 kuartal, ” tutup Lei Jun.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.