OS Android Unggul, Windows Phone Makin Ditinggalkan di Tahun 2017

Oleh Ardiansyah Hana updated Selasa, 25 Jul 2017 | 17:22

Image via Pedrolamas

Beberapa tahun ini, setidaknya terdapat tiga OS yang banyak digunakan hape. OS tersebut adalah Android, iOS dan Windows Phone. Sejauh ini, Android masih unggul dengan angka pengguna yang tinggi, diikuti iOS. Lantas, bagaimana dengan penggunaan OS Windows Phone di tahun 2017 ini?

Melalui laporan dari IDC, diketahui bahwa market share dari OS Android masih menjadi juara. OS besutan Google ini berhasil menguasai pasar dunia sebesar 85% selama kuartal pertama tahun 2017.

Peningkatan ini terjadi setelah sebelumnya market share mengalami penurunan drastis, dimana ia hanya berhasil mencetak angka 81.4% pada kuartal empat tahun 2016, setelah sebelumnya menduduki puncak sebesar 86.6% di kuartal ketiga tahun 2016 dan 87.6% di kuartal kedua tahun 2016.

Sementara itu, OS besutan Apple bernama iOS berada di posisi kedua pada kuartal pertama tahun 2017 dengan market share sebesar 14.7%.  Penggunaan iOS ini mengalami penurunan dari angka 18.2% pada kuartal keempat tahun 2016, disinyalir karena tidak adanya produk Apple yang rilis pada rentang waktu tersebut.

Sayangnya, pamor Windows Phone semakin hilang dan tertinggal sangat jauh jika dibandingkan dengan OS mobile lain yang ada di pasaran. Di kuartal pertama tahun 2017 ini, Windows Phone hanya mengukuhkan market share sebesar 0,1% saja.

Jika dilihat, penurunan ini terjadi setiap kuartal, dimana kuartal pertama tahun 2016 mendapatkan market share sebesar 0.8%, kuartal kedua tahun 2016 sebesar 0.4%, kuartal ketiga tahun 2016 sebanyak 0.3% dan kuartal keempat tahun 2016 sebesar 0.2%.

Tentunya, ada banyak faktor yang membuat OS Windows Phone semakin menurun. Salah satunya, Microsoft tidak lagi memproduksi hape dengan OS tersebut dan menggantinya dengan OS Windows 10 Mobile.

Penggantian nama dengan OS Windows 10 Mobile tentunya membuat OS tersebut tidak lagi dilirik banyak pengguna. Ditambah lagi, Microsoft Lumia yang kini sudah mengadopsi Windows 10 Mobile mendapatkan sambutan yang sangat minim dari pengguna hape, bahkan Nokia diambil alih oleh HMD Mobile dan mengeluarkan hape dengan OS Android.

Penyusutan penggunaan OS Windows Phone juga dinilai dari berbagai kekurangan yang dirasakan langsung oleh pengguna, misalnya ketersediaan fitur yang ketinggalan dan dukungan aplikasi yang minim, dimana aplikasi-aplikasi populer yang banyak dipakai pengguna tidak dapat ditemukan di OS Windows Phone.

Baca juga artikel:
Fitur-Fitur Tersembunyi di Google Maps yang Sangat Berguna
Ini Dia Fitur dan Perubahan di Android O
Banyak Fitur Baru di Android O yang Akan Rilis Agustus 2017 Untuk Google Pixel dan Nexus

Artikel Lainnya

Komentar