Diperbaharui pada Selasa, 4 Juli 2017 | 14:42

Kamera OnePlus 5 Ternyata Mengecewakan, Tak Sehebat Dual Kamera iPhone 7 Plus

OnePlus 5 menjadi salah satu pendatang baru dalam jajaran smartphone premium yang cukup banyak menyita perhatian. Pasalnya, OnePlus menghadirkan sejumlah teknologi berkualitas premium dengan harga yang terjangkau dalam seri ini.

Smartphone ini bahkan mengusung dual kamera yang kabarnya mengusung kemampuan rekam video 4K dan support video stabilization. Tidak heran banyak yang membandingkan dual kamera OnePlus dengan dual kamera iPhone 7 Plus.

Laman phonearena.com pun penasaran akan dual kamera dari OnePlus 5 dan melakukan sejumlah percobaan termasuk membandingkan hasil kamera OnePlus dengan hasil kamera iPhone terbaru. Hasilnya sangat-sangat mengecewakan. Alih-alih hasil video 4K milik OnePlus stabil, hasil kamera smartphone premium terbaru ini sangat goyang mirip gempa bumi. Berbeda dengan hasil video dari Google Pixel yang hanya menggunakan Electronic Stabilization.

Hasil video OnePlus 5 sangat jauh berbed dengan iPhone 7 Plus yang sangat stabil meski direkam menggunakan tangan. Hasil dual kamera Apple sangat lembut dan stabil.

Tidak hanya itu saja hal mengecewakan yang ada dalam kamera OnePlus 5. Laman GSMarena.com juga memaparkan data terbaru bahwa dual kamera pada ponsel Android Nougat ini tidak menggunakan teknologi 2x Optical Zoom dan resolusinya kurang dari 20 MP.

Menurut twett terbaru Co-Founder, Carl Pei, lensa kedua dalam OnePlus 5 hanya memiliki teknologi 1,6x optical zoom dan digital zoom 0,4x. Tidak hanya itu, ponsel dual kamera ini juga hanya menggunakan resolusi 16 MP saja. Data ini kian memperkuat bahwa dual kamera OnePlus 5 tidak sehebat yang dibayangkan selama ini.

Sebelumnya dalam peluncurannya, untuk kamera OnePlus 5 menggunakan dual kamera 16 MP aperture f/1.7 dan 20 MP fitur 2x optical zoom serta sensor SONY IMX298. Kamera ini dilengkapi teknologi OIS, EIS dan PDAF. Kamera ini bisa merekam video 4K UHD. Untuk kamera depan, terpasang kamera 8 MP.

Walaupun bagian kamera tidak sehebat yang dibayangkan, bagian mesin OnePlus 5 tidak bisa diremehkan. Menengok bagian mesin, OnePlus 5 menggunakan mesin khas ponsel premium saat ini, OnePlus memasang chipset Qualcomm Snapdragon 835. Prosesor quad-core ini akan disokong GPU Adreno 530 dan RAM 6 GB. Performa ponsel ini tentu akan cepat dan lancar untuk multitasking. Untuk sistem operasi, ponsel Android premium ini menggunakan OS Android Nougat 7.1.1 dengan UI OxgenOS. Sistem operasi ini akah hadir dengan sejumlah fitur premium termasuk Intelligent Reading mode, Auto Night mode, hingga gesture mode.

Baca juga artikel:
Hape OnePlus 5 Saat di Gores, di Bakar dan Dibengkokkan, Begini Hasilnya!
Harga Hape OnePlus 5 Siap Bersaing dengan Asus Zenfone Zoom S
Hape OnePlus 5 Punya Kamera 23 Megapiksel dan Chipset Terbaru?
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts