Diperbaharui pada Rabu, 1 Maret 2017 | 16:19

Hape OnePlus 5 Punya Kamera 23 Megapiksel dan Chipset Terbaru?


Hape OnePlus 5 merupakan perangkat generasi mendatang yang kabarnya dibekali spesifikasi kelas atas. Sebut saja penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 terbaru, layar dual curve dan akan didukung kamera utama yang beresolusi 23 megapiksel.

Sebelumnya, beberapa rumor dalam beberapa bulan ke belakang menyebut bahwa OnePlus sedang bekerja pada hape flagship generasi terbaru mereka. Hape OnePlus terakhir ada pada varian OnePlus 3T yang juga memiliki kemampuan andal. Dan kabar terbaru dari Koreaportal menyebut bahwa OnePlus memutuskan untuk melewatkan pemberian seri 4 pada hape flagship mereka dan langsung melabeli dengan varian hape OnePlus 5. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab menurut kepercayaan di Cina nomor empat memiliki nasib buruk.

Namun, terlepas dari kepercayaan tersebut memang tidak banyak yang diketahui dari hape flagship killer dari OnePlus tersebut.Hanya saja, laporan itu juga mengungkapkan beberapa spesifikasi kunci dari perangkat. Setidaknya ada beberapa rumor tentang spesifikasi dan desain, meskipun masih kurangnya info lebih lengkap. 

Desain dan Layar Hape OnePlus 5

Beberapa rumor telah menyebut bahwa hape OnePlus 5 ini akan mengusung konsep bodi yang menggunakan material keramik. Hal ini tentu akan membuat perangkat menjadi lebih ekslusif dan berkelas. Untuk menambah kekuatan bodinya, hape OnePlus 5 kabarnya menggunakan sasis yang berbahan metal seperti generasi sebelumnya. Namun, ada juga yang mengatakan jika OnePlus akan mengimbinasikan penggunaan material aluminium dan kaca.

Yang menarik, hape OnePlus 5 akan hadir dengan layar melengkung dual curved yang hampir sama dengan hape Samsung Galaxy S7. Hanya saja, hal ini masih menjadi perdebatan mengingat harga dari perangkat ini. Spekulasi lain menyebut jika desain layar melengkung mungkin tidak cocok dengan harga yang kelak akan dibandrol pada hape OnePlus 5. Sehingga hape OnePlus 5 dikabarkan akan bersaing dengan hape Samsung Galaxy S8.

Layar hape OnePlus 5 itu sendiri kabarnya memiliki ukuran seluas 5,5 inci dengan resolusi yang ditingkatkan menjadi Quad HD (1440p). Sementara di generasi sebelumnya dalam varian OnePlus 3T, hanya menggunakan layar dengan resolusi FullHD 1080p. Layar ini akan mengisi bagian depan perangkat sehingga kemungkinan tidak ada tepi samping.

Meski demikian, OnePlus telah menyematkan port USB Type-C sebagai sarana terhubung ke perangkat lain, transfer file, dan juga untuk mengisi ulang bterai. Disediakan pula fitur audio melalui dual speaker dan indikator pesan LED. Guna menarik minat konsumen, hape OnePlus 5 akan dipasarkan dengan tiga pilihan warna, yaitu Pearl White, Midnight Black, dan Candy Red.

Kamera Hape OnePlus 5


Kamera menjadi salah satu kelebihan yang ditawarkan hape OnePlus 5 terbaru. Sebab di sektor imaging ini, kabarnya hape OnePlus 5 akan dipersenjatai dengan fasilitas kamera utama yang memiliki lensa beresolusi mencapai 23 megapiksel. Dengan kamera beresolusi 23 megapiksel tentu hape flagship ini akan menjadi perangkat yang mumpuni bagi penggemar fotografi. Sedangkan di sisi depan, OnePlus memasang kamera dengan lensa yang beresolusi sama dengan hape OnePlus 3.

Performa Hape OnePlus 5

Image via Android Community

Berbicara performa, tentu hape OnePlus 5 akan dibekali beragam komponen perangkat keras yang canggih dan terbaru. Untuk menjalankan perangkat dengan lancar, kabarnya OnePlus akan menanam chipset terbaru dari Qualcomm Snapdragon 835, meski masih sebatas rumor. Chipset Qualcomm Snapdragon 835 sendiri dibuat dengan proses arsitektur big.LITTLE yang memiliki prosesor octa core Kryo 280 berkecepatan clock mencapai 2.45GHz. Menurut kabar, chipset ini juga akan digunakan pada hape flagship lain yang akan rilis di tahun 2017 seperti Samsung Galaxy S8, HTC 11, dan LG G6. 

Tidak hanya chipset anyar, namun hape OnePlus 5 juga akan disokong kapasitas memori RAM dan ruang penyimpanan yang cukup besar. Dari informasi yang beredar kemungkinan OnePlus akan memasang memori RAM sebesar 6GB dengan memori internal 64GB. Selain itu, hape OnePlus 5 juga akan hadir dengan varian memori internal berkapasitas 128GB. Ruang penyimpanan tersebut masih dapat diperbesar hingga 256GB melalui slot microSD. Jika rumor ini benar, maka akan menjadi menarik mengingat OnePlus tidak pernah menawarkan perluasan ruang penyimpanan pada perangkat mereka.

Bagaimana dengan kekuatan baterainya? Pengguna tidak perlu khawatir, sebab hape flagship killer ini kabarnya akan memiliki baterai kapasitas besar yang mencapai 4000 mAh. Baterai besar ini juga akan didukung teknologi pengisian cepat Dash Charge untuk memudahkan pengguna. Hape OnePlus 5 sendiri akan berjalan dengan OS Android 7.0 Nougat yang sudah dikustom dengan user interface Oxygen OS. 

Spesifikasi di atas memang masih sebatas rumor yang belum di konfirmasi secara resmi oleh vendor. Namun setidaknya informasi tersebut bisa menjadi sedikit gambaran mengenai hape OnePlus 5 terbaru di tahun 2017 ini.

Belum ada harga
Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
Detail Prosesor MSM8998 Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 1.9 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel:
OnePlus 3T 128GB Harganya di Bukalapak, Tokopedia dan elevenia
Duel Phablet Android Terbaik, Google Pixel XL vs OnePlus 3T
Mengenal 7 Perbedaan OnePlus 3T dan OnePlus 3
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.