iPhone 7 Masuk Indonesia, Smartfen Buka Pre Order 24 Maret 2017

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 20 Mar 2017 | 14:17

Apple iPhone 7 akhirnya segera masuk secara resmi ke Indonesia di Maret 2017 ini. Pasalnya salah satu operator seluler, Smartfren dikabarkan akan segera resmi menghadirkan smartphone ini ke Indonesia.

Melalui akun Facebook resmi Smartfren, operator ini mengumumkan segera membuka pre-order iPhone 7. Berdasarkan informasi yang tertera, pre-order smartphone premium ini akan dimulai dari tanggal 24 Maret 2017 mendatang. Sayangnya, belum diketahui apakah Smartfren akan membawa hanya iPhone 7 saja di pasar Indonesia, atau akan mengumumkan juga pre order iPhone 7 Plus dalam waktu dekat.

Sejauh ini, Smartfren baru membuka halaman registrasi untuk mendapatkan lebih banyak informasi terkait pre order iPhone 7 saja. Sayangnya lagi, belum ada keterangan tambahan apapun terkait harga maupun ketersedian pilihan warna maupun memori internal yang akan dipaketkan bersama kartu Smartfren.

Walaupun masih minim informasi, pengguna smartphone yang berminat memesan iPhone 7 sudah bisa mengisi informasi pribadi di laman berikutnya. Beberapa informasi yang dibutuhkan ialah nama, email, nomer hape dan memasukkan kode yang dikirim oleh operator.

Sebelumnya produsen pembuat iPhone terbaru ini, Apple dinyatakan telah memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G dengan skema membangun pusat riset dan pengembangan atau R&D di Indonesia. Dengan demikian, pecinta iPhone di Indonesia tidak perlu lagi membeli produk ponsel iOS ini di luar negeri atau secara illegal.

iPhone 7 sendiri telah masuk sertifiksi postel pada November lalu dengan status sertifikasi dicetak. Sebagai informasi, pemerintah melalui tiga kementerian yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan menetapkan aturan bagi vendor ponsel untuk memenuhi aturan TKDN jika ingin menjual perangkat 4G di Indonesia.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sempat terganjal masuk ke Indonesia lantaran belum memenuhi TKDN. Untuk memenuhi kewajiban TKDN, Apple membangun pusat riset dengan nilai investasi yang dikucurkan Apple senilai 44 juta USD atau setara 586 miliar rupiah.

iPhone 7 Diklaim Sebagai iPhone Terbaik

Kedua ponsel premium Apple ini pun hadir dengan sejumlah fitur baru. Apple kini telah menggunakan sistem operasi baru iOS 10. Sistem operasi ini telah mendapat sejumlah pembaharuan fitur seperti fitur Siri dan navigasi yang lebih baik, hingga keyboard yang lebih nyaman dan interaktif digunakan.

iPhone terbaru ini hadir dengan desain bodi yang lebih baru. Apple bahkan menghadirkan varian warna baru yang membuat ponsel iOS ini kian menarik. Tidak hanya itu, Apple juga menghadirkan teknologi tombol Home baru dengan teknologi Force Touch dan Taptic Engine. Dengan tombol Home baru, pengguna bisa mengoperasikan iPhone baru dengan lebih mudah.  

Lalu seperti apa detail spesifikasi hingga fitur baru yang diusung kedua produk Apple ini?

Layar

Secara garis besar kedua ponsel ini tidak mengalami perubahan berarti. iPhone 7 hadir dengan layar 4,7 inci teknologi retina display, sedangkan iPhone 7 plus hadir dengan layar lebar 5,5 inci. Dari sisi resolusi pun tidak ada perubahan berarti yakni 750 x 1334 pixesl dan 1080 x 1920 pixels. Namun, kalau diperhatikan lebih jauh, ternyata kedua layar ponsel ini lebih terang dibanding seri iPhone sebelumnya, Hal ini terjadi karena Apple menghadirkan cinematic P3 Color Gamut. Selain itu, kedua iPhone terbaru juga hadir dengan teknologi 3D Touch.

Mesin A10

Image via Anandtech

Untuk pertama kalinya, Apple mengunakan prosesor quad-core dalam ponsel miliknya. Prosesor ini hadir dengan performa yang lebih cepat dan hemat daya. Selain itu, prosesor ini juga meningkat dari sisi GPU sehingga grafis yang ditampilkan kian detail. Prosesor ini diklaim memiliki performa 40 persen lebih kencang dibanding iPhone 6s hingga 2 jam lebih lama penggunaannya dibanding iPhone 6s.

Kamera Revolusioner

iPhone menghadirkan kamera utama 12 MP dalam iPhone 7 dan dual kamera 12MP pada iPhone 7 Plus. Kamera ini hadir dengan fitur Optical Image Stabilization dan aperture f1.8. Aperture ini membuat pengguna bisa memotret dalam kondisi gelap dengan lebih jelas. Kamera ini juga hadir dengan Truetone 4 LEDS yang menawarkan cahaya lebih terang.

Kamera iPhone 7 Plus hadir dengan fitur dual kamera baru. Kamera utama 12 MP bekerja sama seperti kamera iPhone 7. Sedangkan dalam kamera kedua hadir lensa 2x optical zoom dan 6x digital zoom. Hal ini membuat pengguna bisa memotret subjek jauh dengan lebih detail. Dual kamera ini bahkan bisa memotret dengan efek bokeh dengan sempurna.

Dibagian depan, Apple juga sudah menggunakan kamera depan baru. Berbeda dengan seri iPhone 6s plus yang mengggunakan kamera depan 5MP, dalam iPhone terbaru hadir kamera depan 7MP dengan wide color reproduction. Selfie pun kian mudah dan kian jelas menggunakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Memori Internal Besar

iPhone 7 plus kini hadir dengan memori penyimpanan yang lebih besar. Untuk varian basic terdapat pilihan memori 32GB. Kemudian terdapat versi 128GB dan 256GB. Apple tidak lagi memasang slot microSD. Selain itu, muncul kabar bahwa iPhone 6s dan 6s plus juga akan mendapat update memori internal yakni 32 dan 128 GB.

Support LTE Terbaru

iPhone 7 plus hadir dengan fitur support 25 LTE. Hal ini membuat iPhone terbaru ini bisa digunakan untuk banyak jaringan 4G diseluruh dunia. Perangkat ini juga mengalami peningkatan kecepatan LTE.

Speakers Stereo

Apple memang resmi menghilangkan audio jack untuk menghadirkan ruang komponen lain dalam iPhone 7 Plus. Apple kini menggunakan Speakers Stereo. Suara yang dihasilkan juga cukup menggelegar untuk sebuah ponsel. Sebagai penggantinya, Apple menghadirkan port lightning sebagai penghubung perangkat audio.

Digandengnya Smartfren dianggap sebagai langkah tepat dan menandakan smartphone iOS ini akan benar-benar resmi masuk Indonesia. Seperti yang diketahui 4G LTE memang menjadi andalan Smartfren dalam beberapa tahun terakhir ini setelah perlahan meninggalkan jaringan CDMA.

Nama Harga di Pasaran
Apple iPhone 7 32GB Rp 7,799,000
Apple iPhone 7 128GB Rp 9,643,009
Apple iPhone 7 256GB Rp 10,700,000
Apple iPhone 7 Plus 32GB Rp 9,999,000
Apple iPhone 7 Plus 128GB Rp 10,300,000
Apple iPhone 7 Plus 256GB Rp 11,400,000

Baca juga artikel:
Pre Order Oppo F1s Raisa Sekarang! Spesifikasinya?
Tawarkan Warna Pink, LG V20 Bisa Kamu Pesan di elevenia Sekarang!
Pilihan Aksesoris Keren Untuk iPhone 7 Anda

Artikel Lainnya

Komentar