Rumor: Android N (Nutella atau Nougat) Akan Dirilis Pertengahan 2016

Rumor: Android N (Nutella atau Nougat) Akan Dirilis Pertengahan 2016

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Peb 2016 | 18:22

Ajang MWC 2016 yang berlangsung di Barcelona tidak hanya menghadirkan perangkat baru, tetapi menghadirkan pula rumor baru akan hadirnya sistem operasi terbaru, Android N dari Google.

Sistem Android 7.0 ini diharapkan bisa menjadi sistem operasi dengan perubahan cukup baik dibanding Android Marshmallow maupun Lollipop. Hingga kini memang belum ada informasi resmi mengenai sistem Android terbaru ini, termasuk nama ataupun fitur yang akan diusungnya.

Namun, dari bocoran yang berkembang, Google akan menamai sistem ini Nutella atau Nougat. Kedua nama ini dianggap yang paling mungkin. Pasalnya, Google selalu memberi nama sistem operasinya berdasarkan nama makanan seperti Marshmallow, Lollipop hingga JellyBean.

Meski sistem Android 7.0 belum memiliki nama resmi, sistem ini begitu dinantikan kehadirannya. Hal ini disebabkan sistem ini dipercaya menghadirkan berbagai fitur multi – tasking terbaik dibanding sistem operasi lainnya. Biar lebih jelas, berikut ini fitur dan peningkatan yang akan dibawa sistem Android N.

Material Design 2.0

Sebelumnya, Google cukup sukses menerapkan material design pada Android Lollipop. Sepertinya dalam Android N, Google akan meningkatkan Material Design. Peningkatan ini membuat berbagai layanan aplikasi dan games bisa dimainkan dengan lancar dan mudah.

Penghapusan App Drawer

Android memang identik dengan App drawer. Bahkan dalam Android Marshmallow, Google melakukan perubahan dengan menampilkan app drawer secara vertical untuk memudahkan pengguna mencari aplikasi. Sayangnya, hal ini tidak mendapat tanggapan baik dari pengguna.

Baca juga Harga Handphone Android Terbaru

Tak heran, rumor yang berkembang, dalam Android N, Google akan mengganti atau menghapus App drawer sehingga pengguna langsung berhadapan dengan deretan aplikasi dan tidak lagi berada di Homescreen. Alhasil, tampilan Android akan mirip dengan iOS. Hal ini sebetulnya sudah dilakukan beberapa perusahaan gadget seperti Huawei dan Xiaomi melalui ROM buatan mereka.

Penghapusan ini diharapkan membuat kinerja smartphone lebih cepat dan tidak boros baterai. Sayangnya, fitur ini masih terus dikaji karena banyak pengamat yang kurang menyetujui. Pasalnya, App Drawer menjadi ciri khas Android.

Managemen RAM yang lebih baik

Google juga akan menghadirkan penggunaan RAM yang lebih baik dalam Android N. Google akan menghadirkan tweaks agar RAM bisa bekerja lebih optimal. Bahkan dirumorkan akan ada semacam jendela peringatan untuk mengingatkan pengguna aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sehingga aplikasi bisa dimatikan sehingga RAM tidak habis terpakai.

Penggunaan untuk tablet yang lebih baik

Google juga mendesain ulang sistem operasi Android 7,0 agar lebih optimal kala digunakan di perangkat tablet. Dalam Android N akan terdapat fitur split screen atau di Samsung disebut Multi Window. Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk multitasking. Google juga mengoptimalkan  penggunaan stylus dalam sistem ini.

Kamera yang lebih baik

Peningkatan yang cukup baik dalam Android N ialah dibagian kamera. Seperti yang diketahui smartphone modern saat ini rata-rata sudah menggunakan kamera utama resolusi tinggi 12MP hingga 20MP. Google pun membuat Android N cocok digunakan untuk smartphone berkamera besar.

Rumor terbaru menyebutkan Android N akan diperkenalkan sekitar Mei atau Juni dalam ajang Developers Conference 2016. Kita nantikan saja.

 
Baca juga artikel
LG G5 Tantang Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge di MWC 2016
Samsung Galaxy S7 & S7 edge Selain "Always ON" Juga Bisa di Ajak Menyelam
20 Perangkat Baru Nan Canggih yang Dipamerkan Pada Ajang MWC 2016

Artikel Lainnya

Komentar