Kelemahan Lollipop Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Kelemahan Lollipop Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 22 Sep 2015 | 14:00

Entah selama ini ditutupi atau memang belum pernah diungkap, semenjak Android Marshmallow mulai santer dibicarakan, Lollipop justru mulai kelihatan kelemahanya atau bisa dibilang sebagai bug.

Seperti diketahui, saat ini semua smartphone Android bisa dipastikan memiliki lockscreen atau pengunci layar. Fungsi lockscreen tak hanya sebagai pengunci layar untuk mencegah pengoprasian smartphone secara tak sengaja seperti mengaktifkan fitur panggilan saat di dalam saku atau tas, namun juga untuk melindungi smartphone dari kemungkinan dipergunakan oleh orang-orang yang jahil, termasuk melindungi data penting saat ponsel hilang.

Namun akhir-akhir ini ada laporan bahwa lockscreen pada Android Lollipop mempunyai celah keamanan yang cukup berbahaya. Celah keamanan yang ditemukan oleh para peneliti di University of Texas ini tetap akan berbahaya walaupun pengguna sudah menggantinya dengan PIN dan password, hal ini tentunya sangat berbahaya karena hacker bisa menerobos lockscreeen secara mudah dan artinya adalah semua data di dalam ponsel dapat diakses semuanya.

Baca juga: Jangan Harap Menemukan Dark Theme di Android Marshmalllow

Seperti ditulis Gizmo, peneliti yang menemukan celah keamanan pada lockscreen Lollipop mengatakan bahwa dengan melakukan manipulasi dengan memberikan string yang panjang dan memasukkan karakter secara acak maka smartphone akan mudah crash dan membuat lockscreen terbuka dan semua fitur bisa diakses seperti tanpa penghalang sama sekali.

Kelemahan ini memang cukup berbahaya, namun celah ini tidak akan begitu berbahaya jika pengguna mempergunakan fitur keamanan dobel, seperti lockscreen dan PIN atau lockscreen dengan password. Sayangnya, sampai saat sekarang jarang pengguna smartphone yang mau repot-repot mempergunakan fitur keamanan ganda. Kebanyakan hanya mempergunakan lockscreen yang simple, cukup geser saja maka layar terbuka.

Google saat ini telah mengetahui kelemahan tersebut dan kabarnya akan segera memberikan patch untuk memperbaiki kelemahan lockscreen pada Android Lollipop tersebut. Jika masih merasa tak aman, sebaiknya segera tambah keamanan smartphone dengan PIN dan password atau tunggu Marshmellow resmi diluncurkan secara global dan smartphone bisa segera diupdate.

 

Baca juga artikel

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Cara Mensinkronkan File Smartphone Android ke Komputer dengan Mudah

Cara Diteksi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Mengisi daya

Artikel Lainnya

Komentar