Diperbaharui pada Rabu, 3 November 2021 | 11:40

7 Cara Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Di-charge

Hp tidak bisa di cas
Baterai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah hp. Hanya saja, dalam pemakaiannya kadang muncul beberapa masalah seperti hp tidak bisa di-charge atau hp di-charge tapi tidak mengisi.

Pertanyaannya, kenapa hp tidak bisa di-charge? Penyebabnya memang bermacam-macam, tapi ada dua kemungkinan yaitu terjadi kerusakan dari sisi hardware serta software.

Meski demikian, Anda harus lebih dulu mengetahui masalahnya apakah baterai benar-benar tidak mengisi daya sama sekali atau mengisi tapi sangat lambat. Jadi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai hp telah rusak. 

Untuk itu, kali ini Pricebook akan coba menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab hp tidak bisa di-charge tersebut, sekaligus cara mengatasinya.

Cara Memperbaiki Hp Tidak Bisa Di-charge

Cara mengatasi hp tidak bisa di cas

Hp yang tidak bisa di-charge, atau diisi ulang baterainya, tentu karena ada masalah. Cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa di-charge harus memastikan dulu dari mana sumber masalahnya, dengan melakukan pengecekan secara mendetil.

Masalah yang paling umum bila baterai hp tidak bisa di-charge adalah usia baterai yang sudah terlalu lama, atau baterai sudah bocor. Namun hal ini juga bisa terjadi karena kepala charger, atau kabel charger yang digunakan, rusak.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab hp tidak bisa di-charge.

1. Hardware

  • Komponen pendukung yang mengalami kerusakan seperti kabel, charger, sockets atau adaptor.
  • Kegagalan atau tidak terisinya baterai saat di-charge bisa juga karena terjadinya kerusakan pada port charger yang ada di hp.

2. Software

  • Error pada software. Karena hp membutuhkan software untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Jika software mengalami kegagalan deteksi maka proses pengisian akan gagal.
  • Aplikasi pihak ketiga yang diinstal. Ada kemungkinan beberapa aplikasi boros baterai yang telah terinstal akan menguras daya bahkan mengganggu proses pengisian daya perangkata.
  • Proses update OS yang tidak sempurna.

Jika Anda sudah mengetahui apa yang menjadi penyebab utama kenapa hp tidak bisa di-charge, maka ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sbb:

1. Restart Hp

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah mematikan hp agar semua sistem yang error kembali normal. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

Mematikan dan menyalakan kembali smartphone adalah cara yang paling mudah dan kerap kali berhasil. Namun bila cara ini tidak menyelesaikan masalahmu, silakan coba cara selanjutnya.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi kerena kabel USB mudah error karena sering terlipat. 

Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan hp yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.

Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh. 

Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan hp Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

3. Periksa Port USB

Terkadang Anda sebagai pengguna hp yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar tanpa disadari. 

Hal ini bisa membuat port USB Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawanya ke tempat service resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

4. Bersihkan Charging Port Secara Rutin

Selain memeriksa port USB, cara memperbaiki hp Android yang tidak bisa di-charge juga dapat dilakukan dengan membersihkan charging port dari kotoran yang menempel. Kotoran ini bisa menjadi penyebab colokan tidak terpasang dengan baik, sehingga baterai hp tidak bisa mengisi.

5. Update OS

Terkadang, smartphone dengan sistem operasi lama perlu diupdate, karena akan berpengaruh pada performa pengisian baterai. Jadi pastikan OS hp Anda sudah yang paling baru, ya.

6. Periksa Kondisi Baterai

Jika semua hal di atas ternyata berjalan normal, maka penyebab baterai hp yang tidak bisa di isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak.

Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik.

7. Terdapat Bug pada Sistem Smartphone

Mungkin tanpa disadari, Anda mengunduh software atau aplikasi tertentu yang menyebabkan terjadinya error, atau bug pada smartphone yang digunakan. Gunakan aplikasi khusus untuk mendeteksi hal ini.

Untuk mengecek kondisi baterai, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini.

Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai

baterai tidak mau mengisi
Seperti yang sudah disebut, bahwa sebuah baterai memiliki batas hidup dengan siklus pengisian yang terbatas. Dan Anda juga tidak mungkin menghitung sudah berapa banyak baterai diisi ulang.

Tidak ada salahnya sekali-kali mengecek seberapa sehat baterai hp yang dimiliki. Sehingga Anda bisa mendeteksi lebih dini jika baterai perangkat sudah memasuki waktu penggantian.

Untuk mendeteksi kesehatan baterai ini juga tidak sulit. Karena saat ini telah tersedia beberapa aplikasi untuk mengecek daya tahan baterai, berikut pilihannya : 

1. Ampere

Aplikasi baterai Ampere bisa juga digunakan untuk mengetahui apakah hp Anda sedang diisi daya dan berapa banyak daya yang telah terisi. Termasuk mengidentifikasi arus yang ditarik saat hp sedang di-charge.

Sangat berguna untuk Anda yang mengalami masalah hp di-charge tapi tidak mengisi sekaligus untuk melihat metode pengisian mana yang terbaik.

2. Repair Battery Life PRO

Dengan aplikasi Repair Battery Life PRO, Anda dimungkinkan untuk melakukan ‘perbaikan’ baterai agar kembali sehat. Anda juga bisa melakukan kalibrasi ulang baterai untuk mengembalikan performa baterai.

Dan yang terpenting, aplikasi ini memungkinkan Anda mengecek seputar baterai, mulai dari suhu, sisa daya, arus dan lainnya.

3. Battery Life

Aplikasi Battery Life menawarkan penggunaan yang mudah untuk mengetahui persentase penurunan kinerja baterai. Termasuk melihat berapa arus daya yang tersisa.

Sehingga bisa memperkirakan berapa lama lagi hp sudah harus diisi ulang. Battery Life juga memiliki fitur tambahan yang bisa digunakan untuk melakukan uji perangkat, clean memory dan lainnya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa permasalahan hp tidak bisa di-charge atau tidak mau mengisi bukan semata-mata karena terjadi kerusakan pada baterai. Karena ada beberapa faktor penyebabnya.

Jadi, pastikan Anda melakukan deteksi awal sehingga tahu penyebab kenapa hp tidak bisa di-charge sebelum memutuskan untuk membawa perangkat ke servis resmi yang bisa dipercaya. 

Semoga bermanfaat!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

893 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.