Windows 10 Ceraikan IE dan Beralih ke Microsoft Edge

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 11 Agu 2015 | 13:50


Windows 10 memang cepat sekali menarik perhatian banyak orang. Tercatat sudah 14 juta orang yang mengunduh dan mempergunakan OS terbaru besutan Microsoft ini. Hal tersebut dikarenakan Windows 10 diklaim sebagai OS yang paling aman dan yang paling menarik adalah spesifikasi komputer yang bisa menjalankan OS Windows 7, sudah bisa langsung menjalankan Windows 10 tanpa menambah spesifikasi apapun.

Semua pengguna OS Windows yang lebih rendah sudah bisa langsung mempergunakan Windows 10 secara gratis, hanya saja hal itu untuk tahun pertama dengan syarat OS kamu sebelum upgrade ke Windows 10 adalah Windows original dan bukan bajakan.

Pada Windows 10 ada  hal baru  yang cukup menarik yaitu dipergunakanya browser bawaan Microsoft Edge sebagai default peramban di Windows 10. Microsoft sudah tak mempergunakan lagi Internet Explorer alias IE.

Baca juga: Windows 10 Telah Diluncurkan, Berikut Hal yang Perlu Kamu Ketahui

Perubahan browser default ini mengundang banyak reaksi dari beberapa pihak, salah satunya adalah dari Mozilla. Menurut laporan yang diunggah oleh Engadet, pengubahan browser ke Microsoft Edge membuat Mozilla kesulitan mendapatkan pasar.

Hal tersebut dikarenakan Microsoft Edge pada Windows 10 sangat sulit sekali untuk diganti dengan browser lain. Jadi Microsoft memang masih memberikan celah jika user ingin mengganti browser default dari Microsoft Edge ke Mozilla (atau chrome dan yang lainya), namun prosesnya dibuat sangat sulit dan Mozilla menyebut bahwa proses tersebut mustahil bisa dilakukan oleh orang biasa yang bukan seorang programmer.

Microsoft ingin agar pengguna OS mereka hanya mempergunakan Microsoft Edge, hal ini mungkin berkaitan dengan rencana bisnis Microsoft ke depan, seperti menjual iklan dan mesin pencari. Jadi di masa depan jika semua komputer dan laptop sudah migrasi semua ke Windows 10, maka pasar untuk browser pihak ketiga seperti chrome, mozila, dan lainnya menjadi sulit karena tak banyak yang bisa menganti browser bawaan pada komputer mereka.

 

Baca juga artikel

Empat Fitur Windows 10 Ini akan Membuat Iri Pengguna Apple?

7 Aplikasi Windows Jadul yang Berjalan di Windows 10

Tiga Tablet Dual OS Windows-Android Terbaru

Artikel Lainnya

Komentar