Diperbaharui pada Jumat, 15 Maret 2024 | 11:58

TUF Gaming A15, AI Gaming Laptop Terjangkau Mulai 12 Jutaan!

laptop gaming asus terbaru

ASUS resmi meluncurkan TUF Gaming A15 (FA507U) di Indonesia. AI gaming laptop terbaru ini menawarkan durabilitas tinggi berstandar US Military Grade, prosesor AMD Ryzen 8040 Series dengan Ryzen AI untuk membantu pengguna menjalankan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan efisien, chip grafis dengan max TGP, dan MUX switch. 

“Setelah tampil sebagai pionir lini laptop gaming terjangkau dan laptop gaming berstandar US Military Grade, TUF Gaming kini menjadi pionir AI-powered gaming laptop paling terjangkau di Indonesia,” ujar Jimmy Lin, ASUS Southeast Asia Regional Director. 

Jimmy Lin menambahkan, “kehadiran jajaran TUF Gaming terbaru kali ini menandakan era kecerdasan buatan di laptop sekaligus menjadi entry point bagi gamers untuk menikmati AI-powered gaming laptop.”

TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. 

Prosesor tersebut adalah komponen yang membuat TUF Gaming A15 (FA507U) dikategorikan sebagai AI-powered gaming laptop, serta tidak hanya tampil dengan performa yang lebih superior dibandingkan pendahulunya, tetapi juga lebih optimal serta efisien dalam hal pemrosesan AI.

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series sendiri adalah seri prosesor paling baru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA 3 untuk GPU terintegrasinya. Hal yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah hadirnya NPU berbasis XDNA yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi.

Selain itu, TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070 yang dapat mengakselerasi performa grafis dan AI lebih jauh lagi, serta tidak hanya dipastikan mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru, tetapi juga sangat cocok untuk kebutuhan eksperimen AI seperti menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI.

harga tuf gaming a15

TUF Gaming A15 (FA507U) juga dibekali sistem pendingin canggih dengan dua kipas yang mampu menangani berbagai beban kerja, mulai dari gaming, content creation, hingga ekperimen AI. ASUS juga membekali TUF Gaming A15 (FA507U) dengan MUX Switch untuk memaksimalkan performa GPU dan memberikan fleksibilitas lebih kepada para pengguna AI gaming laptop ini.

Beralih ke daya tahan, TUF Gaming A15 (FA507U) merupakan salah satu dari sedikit laptop gaming di dunia yang mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (US Military Grade MIL-STD-810H). Sertifikasi tersebut membuktikan bahwa TUF Gaming A15 (FA507U) memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dibandingkan dengan kompetitornya sehingga penggunanya dapat lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.

Performa dari TUF Gaming A15 (FA507U) ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 9 8945H yang memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan clock speed hingga 5.2GHz. AI gaming laptop ini juga dibekali dengan memori DDR5 5600 berkapasitas 16GB, serta penyimpananan PCIe Gen4 SSD berkapasitas 1TB. 

TUF Gaming A15 (FA507U) hadir dalam dua varian, yaitu yang menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4060 dan RTX 4070, dengan dibanderol harga mulai dari Rp 23.999.000.

Selain itu, hadir pula varian baru yang lebih terjangkau dengan prosesor AMD Ryzen 5 7535HS yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 12 thread dengan clock speed hingga 4.55GHz, serta pilihan GPU antara NVIDIA GeForce RTX 2050 dan RTX 3050. Varian terjangkau ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 12.049.000. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.