Diperbaharui pada Jumat, 15 Maret 2024 | 10:13

ROG Zephyrus G14, AI Gaming Laptop 14 Inci Paling Tipis dan Ringan di Dunia

laptop gaming ROG terbaru

ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi meluncurkan laptop terbarunya, ROG Zephyrus G14 (GA403) sebagai laptop gaming 14 inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia untuk saat ini. Kehadirannya sebagai AI gaming laptop telah menetapkan standar baru dengan prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal.

ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki bobot 1.5 kg, dengan ketebalan 1.59 cm. Laptop gaming ASUS terbaru ini mengusung layar ROG Nebula Display dengan panel OLED yang untuk pertama kalinya, telah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-Sync, sehingga memastikan tidak adanya tearing atau stuttering.

Desain tipis dan ringan pada ROG Zephyrus G14 (GA403) dapat dicapai karena menggunakan CNC-machined chassis yang lebih ringan dan kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penggunaan CNC-machine chassis juga memungkinkan ROG Zephyrus G14 (GA403) memiliki ruang ekstra untuk keyboard edge-to-edge serta sistem audio yang lebih baik.

Sistem audio pada ROG Zephyrus G14 (GA403) didukung oleh teknologi audio dari Dolby Atmos. Tidak hanya itu, laptop gaming ini juga dibekali speaker yang ukurannya 25% lebih besar dari generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan suara 40% lebih kencang.

laptop rog zephyrus terbaru

Dalam hal tampilan desain, laptop gaming ROG terbaru ini memiliki fitur Slash Lighting yang merupakan lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik laptop, yang dapat dikustomisasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14 (GA403). 

Hadir sebagai AI gaming laptop, ROG Zephyrus G14 (GA403) juga menjadi salah satu laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang telah dibekali oleh Ryzen AI, fitur yang mengkombinasikan CPU, GPU, dan NPU untuk mengakselerasi performa pemrosesan AI. 

Prosesor AMD Ryzen 8040 Series yang menjadi komponen inti ROG Zephyrus G14 (GA403) merupakan seri prosesor paling terbaru yang dibangun menggunakan arsitektur ZEN 4 untuk CPU-nya dan RDNA 3 untuk GPU terintegrasinya. 

Hal yang paling membedakan prosesor ini dengan seri sebelumnya adalah terdapatnya NPU berbasis XDNA yang mampu menghadirkan performa pemrosesan AI hingga 40% lebih tinggi. Tanpa NPU tersebut, ROG Zephyrus G14 (GA403) tidak bisa dikategorikan sebagai AI gaming laptop.

Meski mengusung desain yang tipis dan ringan, ROG Zephyrus G14 (GA403) tetap merupakan sebuah mesin gaming yang powerful berkat adanya GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4060 yang dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk memproses grafis di dalam game, tetapi juga mengakselerasi pemrosesan encoding dan rendering pada aplikasi kreatif, hingga mendukung untuk eksperimentasi AI.

laptop rog zephyrus terbaru

ROG Zephyrus G14 (GA403) juga diklaim memiliki performa konsisten berkat sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology serta liquid metal sebagai thermal compound pada CPU dan GPU-nya.

Laptop gaming ROG Zephyrus G14 (GA403) tersedia di Indonesia dengan opsi warna Eclipse Gray dan Platinum White. Harga laptop gaming ROG terbaru ini dibanderol Rp 29.999.000 untuk model dengan Ryzen 7 / RTX 4050 / 16GB / 1TB, dan Rp 34.999.000 untuk model dengan Ryzen 9 / RTX 4060 / 16GB / 1TB.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.