Apa yang Beda di Android M Dibandingkan Android Lollipop?

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 10 Jun 2015 | 10:38

Akhir Mei lalu, pihak Google resmi memperkenalkan sistem operasi terbaru miliknya bernama Android M. Sistem operasi ini hadir sebagai penerus sistem Android Lollipop yang baru setahun diluncurkan. Google sendiri baru berencana melepas sistem ini pada akhir tahun ini.

Hal ini cukup membingungkan beberapa pihak. pasalnya sistem operasi Android Lollipop sendiri masih belum sempurna. Bahkan sistem ini masih belum menguasai pasar kalah dengan sistem operasi Android KitKat. Lalu, apa saja perbedaan Android M dari Android Lollipop, berikut ulasannya.

Baca juga5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Tampilan Lockscreen

Pada bagian ini, Google melakukan ubahan dengan mengganti bagian shortcut phone dengan shortcut Google Now.

Tampilan App Drawer

Berbeda dengan Lollipop yang masih menata deretan aplikasi secara horizontal. Pada Android M, aplikasi disusun secara vertical dengan tambahan dock aplikasi favorit dan fitur pencari. Tak hanya itu, bagian widgets pun berubah dengan penyusunan secara vertical.

Kontak

Bagian ini diperbaharui Google dengan menambahkan bagian baru pada pengisian kontak baru seperti nama pendek, foto dan lain - lain. Hal ini membuat kontak dalam ponsel Anda lebih lengkap.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada Di Peluncuran Preview Android M

Google Maps

Google Maps dalam Android M juga mengalami perubahan. Anda kini dimanjakan dengan hadirnya fitur Location Lock yang baru. Aplikasi ini juga hadir dengan kolom kecil di bawah berisi posisi Anda berada saat ini. Bahkan dalam aplikasi ini terdapat fitur around X suggestion yang memudahkan Anda mencari sesuatu di lokasi tersebut.

Phone App

Pada bagian telepon, Google mengganti tulisan yang ada di bar dengan icon. Hal ini membuat tampilan phone App pada Android M lebih minimalis dengan foto yang lebih besar dibanding Android Lollipop. Google juga menata bagian log kontak dengan lebih rapi guna memudahkan pengguna.

Settings

Pada bagian settings atau pengaturan, dalam Android M terdapat menu baru yakni Google. Sedangkan di Android Lollipop tidak ada. Google juga menghadirkan pilihan merubah tema pada bagian pengaturan. Terdapat tema terang, gelap atau otomatis yang bisa Anda pilih. Pada bagian terang, tampilan setting pada Android M mirip dengan Android Lollipop.

Baterai

Dengan perubahan tampilan yang lebih minimalis dan perbaikan beberapa bugs dari sistem operasi sebelumnya, ternyata Android M lebih hemat baterai dibanding Android Lollipop. Android M berhasil memangkas daya yang biasa dipakai Android Lollipop.

Harga 5 Smartphone Terbaik di Pricebook Juni 2015

No Smartphone Harga Terendah
1 Asus Zenfone 5 A500CG RAM 2GB ROM 16GB Rp. 1.800.000
2 Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB Rp. 3.933.000
3 Apple iPhone 5 16GB Rp. 3.430.000
4 Asus Zenfone 2 Mini ZE500CL RAM 2GB ROM 16GB Rp. 2.300.000
5 Samsung Galaxy J1 Rp. 1.400.000

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar