Android for Work Google Gandeng BlackBerry

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 27 Peb 2015 | 11:23

Google semakin memaksimalkan fungsi smartphone Android dilingkungan kerja. Program ini menjadi salah satu dukungan Google terhadap konsep Bring Your Own Device (BYOD). Melalui Android for Work keamanan data perusahan akan tetap terjaga dengan baik. Untuk itu pula, salah satu rekanannya ialah BlackBerry, yang sudah lama bermain di segmen bisnis dan keamanan data.

Android for Work didukung oleh BES12 milik BlackBerry yang menghadirkan profil khusus dan aman untuk data bisnis dan aplikasi. Solusi BES12 akan berintegrasi secara baik dengan OS Android untuk melakukan pemisahan di level platform.

Dengan demikian tidak diperlukan pembungkusan aplikasi, dan tetap dapat memberikan akses tanpa hambatan ke Google Now dan juga aplikasi Android apapun yang tersedia di Google Play™ yang diperbolehkan oleh kebijakan organisasi IT.

 BES12 akan menyediakan organisasi dengan cara yang paling aman dan fleksibel untuk mengelola Android for Work. Ponsel pintar dan tablet dengan Android for Work akan dikelola secara native di dalam lingkungan BES12, yang memudahkan manajemen dari semua platform dan model pengaturan perangkat, seperti BYOD dan COBO, dengan satu pusat komando dan kontrol.

Android for Work dengan BES12 ini dapat dijalankan di jaringan perusahaan (on-premise) atau di awan (cloud) dan akan didukung dengan standar keamanan terbaik dari BlackBerry, arsitektur yang simpel dan jaringan infrastruktur yang handal.

"BlackBerry bekerja sama dengan Google untuk menyediakan pelanggan dengan solusi yang mereka yakini dapat dijalankan di semua platform mobile dalam organisasi mereka," kata Billy Ho, Billy Ho, Executive Vice President, Enterprise Products and Value Added Solutions, BlackBerry.

Pada Android for Work terdiri dari Work Profiles, Android for Work app, Google Play for Work, dan Built-in Productivity Tools.

Work Profiles mengusung fitur enkripsi, enhanced SELinux security enforcement, dan mendukung multi-user di Android 5.0 Lollipop. Lalu Android for Work app untuk menjaga keamanan pada email, kalender, kontak, dokumen, browsing, dan akses terhadap aplikasi yang disetujui.

Dengan menggunakan Google Play for Work, pengguna dapat melakukan instalasi, manajemen, dan pengelolaan aplikasi. Sedangkan fungsi dari Built-in Productivity Tools untuk menangani tugas sehari-hari.

Android for Work saat ini baru dapat berjalan di Android v5.0 Lollipop, akan tetapi Google memberikan alternatif pilihan lainnya untuk versi Android di bawahnya dengan menggunakan aplikasi terpisah dengan fungsi yang sama.  

Baca juga artikel

Andromax C2s Unggulkan Sektor Kamera

Ini Hasil Benchmark Android One Mito Impact A10

Empat Hal Ini Diprediksi Bisa Menumbangkan Kesuksesan Xiaomi

Artikel Lainnya

Komentar