Diperbaharui pada Rabu, 9 September 2020 | 15:33

Google Resmi Luncurkan Android 11, Apa Saja yang Baru?

android 11Foto: Android Developers

Google secara resmi meluncurkan sistem operasi terbaru Android 11. Kabarnya, sistem operasi terbaru ini telah diusung oleh smartphoe Google Pixel dan akan disusul oleh OnePlus, Xiaomi, Oppo, dan Realme. Google berharap, akan lebih banyak smartphone yang meluncurkan dan mengusung sistem operasi Android 11.

Android 11 menawarkan fitur terbaru seperti halnya menambahkan dukungan 5G pada aplikasi untuk menampilkan video 4K, atau mendownload game dengan resolusi lebih tinggi. Android mengklaim bahwa dukungan 5G ini akan meningkatkan pengalaman internet yang lebih cepat dan lebih baik pada para penggunanya.

Salah satu fitur baru Android 11 mendukung inisiatif orang dan percakapan, seperti tampilan chat yang baru berbentuk balon layaknya pada Facebook messanger, yang dapat diatur dalam sistem Android 11 pada aplikasi tertentu.

Android mengkonfirmasi bahwa prioritas ini didasarkan pada fakta bahwa komunikasi dan interaksi dengan orang lain masih menjadi area fungsional yang paling bernilai dan penting bagi sebagian besar penggunanya.

Selain itu, Android juga memperbarui kontrol media dengan akses yang lebih cepat, memungkinkan pengguna melihat dan mengontrol perangkat eksternal dengan cepat, seperti lampu, termostat, dan kamera, langsung dari menu Android. 

Meski tidak banyak peningkatan fitur fungsional, Android 11 memberikan fitur ekslusif pada smartphone Google Pixel, seperti fitur berbagi lokasi untuk memudahkan bertemu teman, dan fitur bawaan lainnya. Diharapkan, Android 11 akan segera tersedia untuk smartphone kompatibel lainnya tahun ini.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts