Diperbaharui pada Rabu, 15 April 2020 | 16:15

Instagram Hadirkan Fitur Video Pendek untuk Saingi TikTok

Instagram Saingi TikTok
Popularitas aplikasi video pendek TikTok saat ini sudah mulai menjadi aplikasi yang digemari oleh beragam kalangan, mulai dari kalangan anak muda, orang tua, siswa sekolah hingga para artis sudah menggunakan aplikasi ini untuk menemani aktivitasnya sehari-hari. 

Bahkan aplikasi TikTok kini juga hadir untuk memberikan solusi untuk anda dalam beraktivitas olahraga dengan benar, cara memasak hingga menghadirkan konten video lucu. Imbas dari popularitas TikTok tersebut, aplikasi sosial media lain yakni Instagram secara khusus menghadirkan update untuk pengguna yang gemar melakukan pembuatan video singkat ala TikTok. 

Instagram yang memiliki fitur IGTV dimana pada fitur ini pengguna bisa berbagi konten video baik secara offline maupun live streaming. Demi memanjakan penggunanya yang kreatif, IGTV kini dirancang ulang untuk pengguna yang kreatif dengan untuk menciptakan video singkat dengan tambahan beragam fitur untuk memaksimalkan hasil video yang dibuatnya. Termasuk merekam video singkat tanpa menggunakan tangan layaknya aplikasi TikTok. 

Instagram Saingi TikTok
Sebagai informasi, IGTV memulai debutnya pada pertengahan 2018 yang dirancang khusus untuk pengguna dalam berbagi konten video panjang maupun video pendek. IGTV tersedia di platform Instagram lebih memfokuskan pada fitur live streaming, menariknya IGTV tidak memberikan batasan waktu kepada pengguna untuk melakukan live streaming ataupun berbagi konten video yang dimiliki oleh pengguna. 

Meski sudah cukup lama hadir, namun popularitas IGTV masih jauh untuk menyamai popularitas yang dimiliki oleh TikTok. Meski begitu, Instagram tetap mempertahankan IGTV dengan memperbaharui tampilan antarmukanya serta menghadirkan fitur baru bagi pengguna yang ingin menciptakan konten video singkat. 

Perubahan yang paling mendasar dari hadirnya update pada IGTV adalah dimana pengguna kini bisa membuat video langsung dari perangkat hp tanpa menggunakan tangan (hands-free) dengan hanya menyentuh ikon video yang terletak pada sudut kiri atas untuk melakukan perekaman. Jika sudah selesai, video dapat di kustomisasi dan diunggah ke aplikasi IGTV. 

Menariknya lagi, update pada IGTV memberikan kepada pengguna tak hanya untuk membuat video singkat namun juga bisa memfollow akun video orang lain berdasarkan kebiasaan pengguna. Selain itu, IGTV kini sudah menyediakan pemutaran video singkat hingga 15 detik sebagai daya tarik kepada pengguna untuk membuat video singkat kreatif dan bisa ditonton oleh orang lain. 

Update versi terbaru Instagram ini sudah tersedia di App Store dan Google Play Store.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.