Diperbaharui pada Selasa, 25 Januari 2022 | 11:30

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode di Android dan iOS

cara mengaktifkan ig dark modeFoto: Instagram

Apakah kamu bosan dengan tampilan Instagram yang putih? Sekarang kamu bisa mengubahnya menjadi Instagram dark mode. Bagaimana caranya dan apa saja keuntungan mengubah tampilan Instagram menjadi dark mode? Kita akan jabarkan dengan lengkap.

Instagram tidak mau tertinggal dengan platform media sosial lain yang menawarkan fitur dark mode atau mode gelap. Fitur IG dark mode ini memberikan kenyamanan bagi para pengguna Instagram dengan background berwarna gelap yang membuat mata tidak cepat lelah.

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

Cara kerja IG dark mode ini sendiri pada dasarnya mematikan piksel yang ada pada hp kita ketika diaktifkan. Dengan begini, ada beberapa manfaat yang bias didapatkan oleh pengguna, salah satunya adalah menghemat daya baterai.

Fitur Instagram dark mode bisa digunakan untuk kedua jenis operasi sistem, baik itu hp Android maupun hp Apple iOS. Kalau kamu penasaran bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode di hp kamu, ikuti langkah-langkah mengubah IG menjadi dark mode berikut.

Mengaktifkan Dark Mode di Hp Android

ig dark mode android
Cara mengubah fitur dark mode pada hp Android cukup mudah untuk dilakukan. Tetapi perlu kamu ketahui kalau fitur dark mode ini hanya bisa diaktifkan pada smartphone dengan sistem operasi Android 10 ke atas.

  1. Pastikan jika perangkat yang digunakan sudah menjalankan sistem operasi Android 10. Perlu menjadi catatan kalau tidak semua hp Android mendapatkan sistem operasi ini karena tidak mendukung, atau tahun produksinya sudah lama.
  2. Bila hp Android mendapatkan notifikasi untuk update OS Android 10, maka lakukan ini terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, buka menu settings atau pengaturan pada hp Android kamu. Kemudian pilih menu display, dan lanjutkan untuk memilih Night Mode dan aktifkan posisinya ke ON.
  4. Jika sudah, langsung buka aplikasi Instagram dan lihat apakah tampilannya sudah berubah menjadi gelap. Jika belum, maka cek versi IG kamu apakah sudah terpasang versi terbaru atau belum.
  5. Untuk mengembalikan tampilan seperti awal, lakukan langkah ketiga, namun kali ini, aktifkan Night Mode pada posisi OFF.

Mengaktifkan Dark Mode di Hp iOS

ig dark mode ios
Untuk kamu yang menggunakan perangkat hp iOS, kalian juga bisa mengganti tampilan IG menjadi dark mode. Cara untuk mengaktifkan dark mode Instagram pada hp iOS sebenarnya tidak beda jauh dengan pada hp Android. Berikut ini cara mengubah IG menjadi dark mode di iOS.

  1. Hal pertama yang harus kamu perhatikan jika ingin mengubah Instagram menjadi dark mode adalah pastikan hp tersebut sudah menjalankan sistem operasi iOS 13 atau yang lebih baru.
  2. Jika sudah, untuk mengaktifkan tema gelap ini maka kamu perlu membuka menu settings pada hp. Jika sudah masuk, cari menu display dan pilih dark mode.
  3. Setelah melakukan langkah tersebut, buka aplikasi Instagram dan lihat bila tampilannya sudah berubah menjadi gelap. Jika belum, lanjutkan pada langkah keempat.
  4. Pastikan aplikasi Instagram yang sudah terpasang pada hp iOS kamu adalah versi yang terbaru. Jika belum segera update aplikasi IG kamu.
  5. Sama seperti pada hp Android, untuk mematikan tampilan dark mode ini, langsung masuk ke pengaturan dan lakukan langkah yang sama, tapi kali ini matikan mode gelapnya.

Kelebihan Instagram Dark Mode

ig dark mode
Ketika IG dark mode diaktifkan, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna. Selain memberikan sensasi background yang berbeda, IG dark mode punya tiga kelebihan yaitu.

1. Membuat Mata Lebih Nyaman

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan mengaktifkan mode gelap ini adalah akan membuat mata lebih nyaman dalam berjelajah di dalam aplikasi Instagram. Hal ini tidak lain karena layar hp menjadi tidak terlalu terang.

Layar hp yang tidak terlalu terang akan membuat penglihatan menjadi nyaman ketika menggunakannya. Bukan hanya itu saja, layar hp gelap ini pun secara tidak langsung juga tidak akan merusak mata kita, apalagi bila menggunakan hp dalam jangka waktu yang lama.

Ketika layar hp terlalu terang, maka mata kita akan menjadi tegang. Hal ini akan membuat turunnya kualitas penglihatan kita dan mata harus bekerja lebih keras untuk melihat. Ini salah satu alasan kenapa mata menjadi cepat lelah.

2. Mengurangi Gangguan Silau

Pada situasi tertentu, fitur dark mode ini sendiri memang sangat berguna ketika kita berada di lingkungan dengan cahaya yang kurang, agar tidak menggangu orang-orang yang ada disekitar. Bila kita berada di tempat bercahaya rendah, cahaya pada layar hp akan sangat tidak nyaman.

Makanya, ketika fitur IG dark mode ini diaktifkan, terutama saat kamu sedang bersama teman-teman dan tidak ingin mengganggu mereka dengan cahaya dari hp, kamu akan memberikan kenyamanan pada dirimu juga ketika membuka aplikasi Instagram.

3. Bisa Menghemat Daya Baterai

Bagi kamu yang sangat aktif menggunakan hp dalam sehari, terutama kalau suka membuka WhatsApp dan aplikasi Instagram setiap beberapa menit sekali, maka mengaktifkan menu dark mode ini akan sangat membantu setidaknya untuk menghemat baterai.

Kenapa begitu? Karena dengan mangaktifkan dark mode, maka secara otomatis juga akan menonaktifkan piksel pada hp, yang secara tidak langsung akan lebih menghemat penggunaan daya baterai.

Nah, buat kalian yang belum pernah mengaktifkan fitur dark mode ketika membuka aplikasi Instagram, semoga dengan informasi yang kami berikan di atas, bisa bermanfaat. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

999 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.