6 Kelebihan dan Kekurangan iOS 13, Ada Dark Mode

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 24 Jun 2019 | 13:35

iOS 13image via Apple

Bagi Anda yang sering update soal gadget, tentu Anda sudah tahu bahwa iOS 13 sebentar lagi akan release untuk menggantikan iOS 12. Pada event WWDC 2019 pada 3 Juni lalu, banyak pihak telah diundang untuk menghadiri pertemuan tertutup untuk tes iOS 13 ini. 

Pertemuan ini hanya mengundang pihak–pihak tertentu saja. Pada event ini, beta version dari iOS 13 disediakan untuk dicoba. Nah, dari tes ini, banyak informasi didapatkan dan disebar oleh pers. Jika Anda penasaran tentang informasi yang baru ini, berikut adalah bahasannya! 

Kelebihan iOS 13

Sebagai OS baru yang akan digunakan untuk produk iPhone kedepannya, tentu iOS 13 menawarkan banyak kelebihan. Kelebihan ini tentu lebih jelas dijelaskan dengan membahas fitur – fitur baru yang ditawarkan oleh OS ini. Berikut adalah fitur–fitur baru tersebut : 

1. Dark Mode

Fitur baru yang sangat ditunggu–tunggu adalah dark mode. Fitur ini tentu sebelumnya ada tapi hanya mempengaruhi beberapa aplikasi iOS saja. Sekarang dark mode yang ada di iOS 13 akan berlaku untuk system. Jadi Anda tidak perlu lagi mengubah setting dark mode tiap aplikasi satu per satu lagi. 

2. Revamp Photo App

Aplikasi galeri dan photo pada iOS 13 mendapatkan sentuhan baru agar penggunaanya lebih mudah. Anda bisa membuat kategori sendiri untuk tag foto. Dalam fitur ini juga, foto yang Anda ambil akan ditandai untuk lokasi, tag angka foto yang diambil untuk tanggal tertentu, galeri yang juga memutar video preview dan masih banyak lagi tambahan fitur lainnya. 

3. Sign In Makin Mudah

Jika Anda biasa menggunakan aplikasi Google, mereka biasanya langsung memasukan Anda untuk kebutuhan sign in ke berbagai app dan kebutuhan log-in lainnya. Autentifikasi dengan Apple dulunya tidak semudah menggunakan Google Account. 

Anda harus mengulang sign in beberapa kali sebelum masuk ke fitur yang diinginkan. Sekarang asalkan Anda cukup menggunakan autentifikasi dengan Face ID ataupun Touch ID untuk log-in ke banyak app dan website. 

4. Suara Baru untuk Siri

Tidak semua orang suka dengan suara Siri, tapi sekarang suara dari program assistance ini menjadi lebih manusia dan tentunya tetap jelas. Anda yang sering menggunakan Siri untuk kebutuhan sehari – hari pasti akan menyukai fitur suara baru ini. 

Di atas adalah beberapa bahasan tambahan fitur yang tentunya belum membahas banyak. Jika Anda mencari informasi detail perubahan fitur iOS 13 ini, Anda akan temukan ratusan detail unik yang tentunya malah akan membingungkan dibahas. Di atas adalah fitur yang paling relevan dan menonjol dibandingkan fitur dan perubahan lainnya.

Selain fitur–fitur yang ditawarkan di atas, iOS 13 nantinya tentu akan lebih memaksimalkan performa iPhone Anda. Penambahan performa ini terjadi karena OS baru ini mampu memaksimalkan hardware yang ada pada iPhone lebih baik dibandingkan iOS 12. 

Kelemahan iOS 13

iOS 13
Walaupun memiliki banyak fitur baru yang terlihat menarik, Anda tentu tetap harus menghadapi OS Apple yang baru ini dengan hati–hati. Dari pengumuman dan beta yang dilakukan beberapa waktu lalu, banyak yang melaporkan bahwa OS ini masih memiliki banyak kelemahan yang harus diperbaiki.

Untungnya pada test sebelumnya iOS 13 belum keluar ke pasaran dan masih akan dikembangkan pada masa beta ini. Jadi ada kemungkinan kelemahan yang ditemukan di sini akan bisa diperbaiki. 

Untuk informasi kelemahan yang sementara ini dapat dikumpulkan diantaranya adalah : 

1. Masalah backward compatibility dengan iPhone lama

Dari informasi yang didapat banyak app dan layanan yang sebelumnya bisa berfungsi di iOS 12 tidak akan dilayani di iOS13. Hal ini tentu akan merugikan bagi orang yang ingin upgrade tapi tetap menikmati aplikasi dan layanan yang digunakan pada versi OS sebelumnya. 

2. Kecocokan dengan device yang sangat sedikit

Sekarang ini tentu masih banyak orang menggunakan Apple iPhone lawas. Update ini sepertinya mendorong banyak orang untuk upgrade, padahal tidak semua orang menginginkan hal ini. Produk iPhone yang lawas tentu masih baik digunakan dan karena produk Apple, kualitas dan umur daya tahannya juga tinggi. Jadi sangat disayangkan OS ini tidak disebarkan hingga generasi yang lebih lama. 

Daftar Hp iPhone dengan iOS 13

Nah, jika Anda ingin tahu iPhone mana saja yang akan mendapatkan iOS 13 ini, berikut adalah list-nya :

iPhone XS iPhone XS Max
iPhone SE iPhone XR
iPhone X iPhone 8
iPhone 8 Plus iPhone 7
iPhone 7 Plus iPhone 6s
iPhone 6s Plus  

Selain daftar di atas, semua produk Apple yang bisa menggunakan iOS kedepannya (2019 ke atas) akan dipastikan memiliki built-in iOS 13. Jadi Anda yang menunggu produk iPhone yang baru, pastinya sudah bisa menikmati OS canggih yang satu ini.

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya pada bulan Februari lalu, iOS 13 ini sepertinya masih berusaha memasukan sebanyak mungkin device untuk dapat menggunakannya. Pada berita sebelumnya mereka menyatakan bahwa iPhone 6s dan iPhone 6s Plus tidak akan masuk ke kategori yang bisa menggunakan OS ini. Tapi sepertinya dari pengumuman yang paling terbaru device iPhone tersebut bisa dimasukan. Mudah – mudahan saat iOS 13 release, makin banyak device lawas yang bisa menggunakannya.

Sekian bahasan tentang update iOS 13 yang terbaru dari Apple. Mudah – mudahan dengan bahasan di atas Anda makin update soal informasinya. Terima kasih sudah membaca! 

Artikel Terkait

Komentar