Diperbaharui pada Selasa, 5 Juni 2018 | 10:51

iOS 12 Resmi Dirilis, Apa Saja Fitur Baru yang Dibawa?

ios 12
via digitaltrends.com

Apple sedang melangsungkan ajang tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC). Di temu tahunan ini, Apple memamerkan pembaharuan software iOS dan MacOS, serta perangkat pengembang berupa produk hardware.

Salah satu yang ditunggu adalah kehadiran iOS terbaru. Ya, kali ini Apple merilis iOS 12 yang dirancang ulang dengan memprioritaskan kecepatan, stabilitas dan responsivitas atas berbagai bug yang cukup mengganggu di iOS 11.

Nah, apa saja sih fitur yang ditawarkan oleh iOS 12 ini? Mari kita simak selengkapnya!

1. Peningkatan Performa iPhone Lawas

Apple ingin semua perangkat lama miliknya tetap bisa digunakan ditengah kian menjamurkan perangkat baru dengan spek yang canggih. Maka dari itu, dalam iOS 12, Apple sangat fokus akan performa. Hal ini terbukti dengan sebuah tes di mana iOS 12 diinstal pada iPhone 6 Plus yang merupakan iPhone lama buatan tahun 2014.

Hasilnya, iPhone 6 plus mampu membuka aplikasi 40% lebih cepat dan membuka kamera 70% lebih cepat dari lock screen, dibanding saat masih menggunakan iOS lama. Hal ini tentu membuat para pengguna iPhone lama akan tetap betah memakai perangkat mereka hingga beberapa tahun ke depan karena performa tidak menurun.

2. Screen Time

ios 12

Seperti Google, Apple juga menawarkan fitur Screen Time yang memungkinkan pengguna bisa mengetahui seberapa lama mengakses smartphone yang ringkasannya akan dikirimkan per minggu.

Di iOS 12 ini, Apple akan memonitor aktivitas kamu saat menggunakan smartphone dan mengakses aplikasi, serta melacak aplikasi mana yang paling banyak mengirimkan notifikasi.

3. Notifikasi Lebih Terorganisir

ios 12

Salah satu keluhan di iOS 11 adalah notifikasi yang berantakan. Di iOS 12, Apple melakukan perbaikan dengan menampilkan notifikasi yang dikelompokkan sesuai aplikasi. Tidak hanya itu, Apple pun akan lebih membebaskan kamu untuk mengontrol izin aplikasi terkait notifikasi.

4. Animoji Terbaru

Fitur Animoji menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan iPhone X. Di iOS 12 ini, Apple meningkatkan kemampuan Animoji sehingga lebih ekspresif. Salah satu yang menarik, Animoji bisa meniru gaya kamu secara akurat sewaktu kamu menjulurkan lidah.

Tentunya, pengguna kini lebih bisa berekspresi dengan membuat karakter yang lebih beragam dan lebih mencerminkan seorang manusia. Kita bisa membuat karakter yang berbeda mulai dari warna kulit, gaya rambut hingga berbagai aksesoris.

5. Memoji

Selain Animoji, iOS 12 juga memiliki fitur bernama Memoji yang sejatinya merupakan perpaduan antara Bitmoji dan karakter Nintendo Mii. Melalui fitur terbaru ini, kamu bisa membuat karakter sesuai dengan penampilan kamu, termasuk warna kulit, gaya rambut dan aksesoris lainnya.

6. Grup FaceTime

ios 12

Di iOS 12, Apple juga merombak aplikasi chatting miliknya. Melalui FaceTime di iOS terbaru ini, kamu bisa melakukan video call hingga 32 orang sekaligus, memiliki tampilan menarik dengan membesarkan jendela video saat salah satu anggota berbicara dan mengecilkan jendela video ketika anggota tersebut diam. Tak kalah menarik lagi, grup FaceTime di iOS 12 juga mendukung karakter Animoji dan Memoji selama melangsungkan panggilan.

7. Peningkatan Augmented Reality

Di iOS 12 juga terdapat peningkatan augmented reality untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Kali ini, Apple bekerjasama dengan Pixar untuk merancang format AR baru bernama USDZ yang kabarnya akan terintegrasi dengan banyak aplikasi pihak ketiga termasuk buatan Adobe, Autodesk, dan Sketchfab.

Apple bahkan menghadirkan aplikasi baru bernama Measure. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengecek berbagai objek yang ada di seluruh dunia menggunakan kamera dari iPhone. Pengguna iPhone dengan iOS 12 nantinya cukup mengarahkan kamera iPhone ke objek dan mengklik fitur AR.

Nantinya, kamera akan menampilkan dimensi dan keterangan lain dari objek yang disorot. Bila itu belum cukup, Fitur AR dalam iOS 12 bisa digunakan lebih berkembang lagi, misalnya untuk bermain game di arena virtual.

8. Aplikasi Photo

Untuk mengejar ketinggalan dari Goole Photo, Apple ikut merobak aplikasi Photo pada iOS 12. Nantinya, aplikasi Foto akan secara otomatis menawarkan saran pencarian termasuk rekomendasi terkait penggunaan filter dan efek yang bisa kamu terapkan ke dalam gambar.

9. Peningkatan Kinerja Siri

ios 12

Apple mengklaim bahwa Siri menjadi asisten digital paling populer di dunia. Hasilnya, Apple pun terus meningkatkan kemampuan kinerja Siri yang kini terintegrasi dengan banyak aplikasi pihak ketiga, bahkan memungkinkan kamu melakukan tindakan langsung.

10. Integrasi CarPlay

Sebelumnya, fitur Apple CarPlay hanya bekerja secara mandiri. Namun di iOS 12, Apple mengumumkan bahwa layanan CarPlay kini terintegrasi dengan aplikasi navigasi populer seperti Google Maps dan Waze.

11. Rancangan Baru Apple Stocks

Aplikasi Apple Stocks memang sudah lama tidak diperbaharui. Melalui iOS 12, akhirnya Apple memberikan upgrade pada aplikasi yang memuat informasi terkait saham tersebut. Tidak itu saja, Apple juga akan memuat konten dari Apple News yang relevan dengan informasi investasi atau pasar saham di dalam Apple Stocks.

12. Update tweaks Do Not Disturb

Tambahan lainnya dalam iOS 12 ialah Apple menghadirkan sejumlah tweaks yang membuat pengalaman pengguna kian nyaman. Misalnya mode jangan diganggu, kini bisa diaktifkan dengan durasi tertentu atau hingga seharian penuh.

Di malam hari, mode jangan diganggu atau Do Not Disturb akan menyembunyikan notifikasi dari lock screen. Hal ini membuat Anda pengguna iPhone iOS 12 bisa beristirahat dan tidak terganggu sama sekali.

13. Fitur Penghemat Data Internet

iOS 12 juga menghadirkan kemampuan untuk mengatur data internet yang akan digunakan pada sebuah aplikasi. Hal ini membuat Anda tidak akan boros kuata bila membuka youtube maupun instagram.

14. Apple Books

Sejak lama, iBooks terkenal sebagai aplikasi ebook bawaan Apple. Di iOS 12, aplikasi tersebut berubah nama menjadi Apple Books yang hadir dengan tampilan desain lebih segar dan mengoptimalkan fitur pencarian sehingga kamu lebih mudah menemukan judul buku ataupun koleksi buku yang telah dikurasi.

15. Produk Apple yang Dapat Update iOS 12

ios 12

Nah, fitur baru dan pembaharuan diatas bisa kamu rasakan melalui iOS 12. Adapun, perangkat Apple yang mendukung iOS 12 diantaranya adalah:

iPhone:

  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 5s

iPad:

  • 9-inch iPad Pro 2nd generation
  • 9-inch iPad Pro 1st generation
  • 5-inch iPad Pro
  • 7-inch iPad Pro
  • 6-inch iPad
  • iPad Air 2
  • iPad Air
  • iPad 5th generation
  • iPad mini 4
  • iPad mini 3
  • iPad mini 2

iPod touch:

  • iPod touch 6th generation

Bagi kamu yang menggunakan perangkat Apple yang disebutkan di atas, maka bersiaplah untuk mendapat update ios 12 ya!

Like us!
Ardiansyah Hana

Contributor

787 Posts