Diperbaharui pada Kamis, 14 April 2022 | 15:40

7 Aplikasi Untuk Melihat Pesan WA yang Dihapus

cara baca pesan whatsapp yang terhapusFoto: Pexels

Banyak fitur WhatsApp yang cukup menarik dan bisa digunakan semua orang. Salah satunya memungkinkan kita untuk menghapus pesan yang sudah dikirim. 

Fitur ini berguna ketika kita salah kirim pesan WA atau ada kesalahan mengetik atau typo. Jadi kita bisa mengubah tulisan yang typo dan mengirim ulang pesannya.

Bagi penerima pesan tentunya tidak bisa membaca pesan WA yang sudah dihapus tersebut. Di layar hanya ada tulisan pesan ini telah dihapus atau “This message was deleted”.

Bagi sebagian orang, hal ini tentunya membuat penasaran. Karena banyak juga yang ingin mengetahui isi pesan asli sebelum dihapus oleh si pengirim.

Nah, buat kamu yang kepo tidak perlu cemas, karena kamu masih bisa membaca pesan WA yang sudah dihapus. Salah satunya bisa menggunakan aplikasi.

Cukup instal salah satu aplikasinya maka kamu sudah bisa melihat pesan WA yang sudah dihapus tersebut. Apa saja?

Aplikasi Untuk Melihat  Pesan WA yang Dihapus

Dalam pengamatan Pricebook, ada beberapa aplikasi yang bisa melihat pesan wa yang dihapus. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis di Google Play Store atau App Store.

Apa saja ya, aplikasinya? Berikut daftar aplikasi untuk melihat pesan wa yang dihapus :

1. WAMR

whatsdelete

Salah satu aplikasi yang bisa kamu install dan gunakan untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang telah terlanjur dihapus oleh pengirim sebelum kamu baca adalah WAMR.

Bahkan, WAMR bisa mengembalikan bukan hanya pesan teks, tapi juga segala jenis pesan media yang dihapus, seperti gambar, video, voice note, GIF, stiker, dan audio.

Di samping itu, aplikasi ini juga sekarang sudah bisa men-download Status WhatsApp pengguna lain. Cara kerja WAMR ini pada dasarnya mirip seperti aplikasi serupa lainnya, yaitu dengan membuat backup pesan berdasarkan histori notifikasi pesan yang diterima.

Hal ini dikarenakan pesan yang dikirim lewat WhatsApp selalu dienkripsi, sehingga WAMR tidak akan bisa mengaksesnya secara langsung. Jadi, begitu WAMR mendeteksi ada pesan yang dihapus, aplikasi ini akan segera menunjukkan notifikasi.

Cara kerja yang sama juga berlaku ketika WAMR akan mengembalikan pesan media yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

2. WhatsRemoved+

recovery whatsapp

Kemudian ada aplikasi WhatsRemoved+, yang bekerja dengan cara memonitor notifikasi dan folder agar bisa menemukan adanya file yang dihapus, termasuk pesan yang dikirim kepada kamu lewat WhatsApp.

Development Colors, sebagai pengembang aplikasi WhatsRemoved+, mengklaim bahwa aplikasi ini hanya berfokus untuk mendeteksi pesan yang telah dihapus di WhatsApp, sehingga pasti aman dan tidak membahayakan perangkat kamu sebagai pengguna. 

Oh iya, aplikasi WhatsRemoved+ ini bisa kamu gunakan bukan hanya untuk WhatsApp, tapi juga aplikasi perpesanan lainnya, lho.

Jadi, selama proses pemasangan atau install aplikasi, kamu cukup pilih aplikasi dan folder yang ingin kamu monitor selama tidak menyalahi syarat penggunaan atau terms of use aplikasi maupun folder tersebut.

Bagaimana WhatsRemoved+ membantu kamu membaca pesan yang sudah dihapus di WhatsApp? Mirip seperti cara kerja WAMR, WhatsRemoved+ nantinya akan menampilkan notifikasi begitu ada pesan yang dihapus.

3. Restory

whatsapp restory

Restory juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca kembali pesan WhatsApp yang telah dihapus oleh pengirim.

Aplikasi ini akan membaca notifikasi dan memberitahu kamu kalau ada pesan yang dihapus oleh pengguna lewat notifikasi.

Selain membantu kamu membaca kembali pesan yang dihapus, Restory juga bisa memulihkan pesan media berupa gambar, video, dan suara yang telah dihapus pengirim, serta menyimpannya di dalam perangkat kamu.

Dengan begitu, kamu tidak akan sepenuhnya kehilangan pesan yang telah dihapus tersebut!

4. Restore

restore whatsapp

kamu juga bisa mengunduh dan meng-install aplikasi Restore untuk mengembalikan (restore) pesan yang sudah dihapus oleh pengirim di WhatsApp sebelum kamu sempat membuka dan membacanya.

Cara kerja Restore ini nyaris serupa dengan WhatsRemoved+, yaitu dengan menganalisis seluruh notifikasi dan folder agar bisa melacak file yang diubah atau dihapus di WhatsApp.

Apalagi, Restore juga dapat digunakan bukan hanya untuk WhatsApp, tapi juga aplikasi chat lainnya.

Untuk WhatsApp, begitu Restore mendeteksi adanya pesan yang dihapus oleh pengirim, aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi yang dapat kamu akses untuk melihat apa isi pesan yang dihapus tersebut, baik itu pesan teks, gambar, video, rekaman suara, GIF, bahkan hingga stiker sekalipun. 

5. WhatsDeleted

whatsdeleted

WhatsDeleted merupakan salah satu alternatif lain untuk aplikasi yang dapat kamu gunakan jika kamu cukup sering mendapati ada pesan yang dihapus oleh pengirim, baik itu pesan di dalam chat pribadi atau grup.

Salah satu keunggulan dari WhatsDeleted adalah notifikasi pesan dihapus yang dikirim dengan cepat, sehingga kamu bisa membaca dan mengakses sendiri apa isi pesan tersebut dengan segera.

Di samping itu, WhatsDeleted juga mendukung segala jenis file pesan, mulai dari teks, gambar, video, suara dan voice note, GIF, hingga stiker.

Aplikasi ini bekerja juga dengan memantau notifikasi perangkat kamu, sehingga jika ada pesan yang dihapus, isinya akan disimpan oleh WhatsDeleted dari notifikasi pesan WhatsApp tersebut.

Hal ini dikarenakan sistem keamanan WhatsApp yang  menerapkan enkripsi pesan, sehingga tidak bisa dipotong atau dibaca oleh pihak ketiga.

Di samping itu, keunggulan lain yang ditawarkan WhatsDeleted adalah adanya preview yang dapat kamu gunakan untuk menayangkan gambar maupun memutar video secara langsung.

Selain itu, ada juga fitur Status Downloader yang memudahkan kamu menyimpan dan men-download Status WhatsApp orang lain hanya dengan sekali tap.

6. WA-Recovery

wa recovery

Cara lain untuk membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi WA-Recovery. Jadi, kamu bisa melihat apa isi pesan yang sudah dihapus oleh pengirim sebelum kamu sempat membacanya.

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu mengembalikan chat yang tanpa sengaja kamu hapus, sehingga semua obrolannya hilang.

Cara kerjanya adalah dengan mengecek isi memori perangkat kamu untuk menemukan pesan-pesan yang tanpa sengaja kamu hapus, kemudian ditampilkan kembali secara mudah, bahkan jika kamu belum sempat membuat backup chat sebelumnya.

7. WhatsDelete

aplikasi wamr

Sama seperti aplikasi-aplikasi lain yang sudah dibahas sebelumnya di dalam artikel ini, WhatsDelete punya fungsi utama untuk mengembalikan pesan yang dihapus oleh pengirim sebelum kamu membacanya di WhatsApp.

Nantinya, jika aplikasi mendeteksi ada pesan yang dihapus, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melihat isi pesan yang dihapus tersebut.

Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan jika kamu ingin membaca pesan tanpa harus mengubah status pesan tersebut menjadi centang biru di perangkat pengguna, atau tanpa mengganti status Last Seen kamu.

WhatsDelete juga menawarkan keunggulan lainnya, yaitu untuk membantu kamu “bersih-bersih” WhatsApp dengan menghapus berbagai file yang kamu anggap tidak penting dan bisa membuat memori kepenuhan kalau dibiarkan. Contohnya file yang kembar atau mirip, alias file duplikat.

Nah, itulah beberapa daftar aplikasi untuk melihat pesan WA yang dihapus. Selamat mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1932 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.