Diperbaharui pada Selasa, 3 Januari 2023 | 16:49

7 Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami Terbaik 2023

Foto: iStock

Indonesia pernah mengalami bencana gempa yang cukup besar, 7.0 skala richter di Nusa Tenggara Barat (NTB). Cukup banyak korban jiwa yang jatuh akibat bencana alam ini. 

Gempa bumi sendiri memang sudah menjadi salah satu bencana alam yang sangat ditakuti oleh manusia. Apalagi Indonesia menjadi negara yang cukup sering terjadi gempa bumi.

Daftar Aplikasi Pendeteksi Gempa dan Tsunami

Terdapat dua jenis gempa di Indonesia dari skala kekuatannya. Jika kekuatan gempa itu kecil, mungkin tidak terlalu berefek besar, tapi jika kekuatannya besar seperti yang terjadi di NTB, tentu itu yang harus diperhatikan.

Kini teknologi semakin maju dan aplikasi info gempa dibuat untuk mengantisipasi. Apa saja aplikasi-aplikasi pendeteksi gempa terbaik saat ini? Berikut rekomendasi aplikasi pendekteksi gempa dan tsunami terbaik untuk hp Android.

1. Info BMKG

aplikasi info BMKGFoto: Google Play

Tentu saja kita harus update informasi dari sumber resmi yang terpercaya, yaitu melalui Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Di mana dengan aplikasi pendeteksi gempa ini, kita akan mendapat notifikasi informasi langsung dari BMKG.

Selain memberi bencana gempa Bumi, aplikasi Info BMKG juga memberikan informasi mengenai prakiraan cuaca yang diupdate setiap jam. Untuk infor gempa, kita akan diberikan informasi kekuatan, lokasi, disertai jarak titik gempa dengan lokasi kamu berada.

2. Info Gempa Indonesia (BMKG)

info gempa indonesiaFoto: Google Play

Aplikasi Info Gempa Indonesia dibuat untuk mempermudah kita untuk memantau gempa bumi terkini yang terjadi di indonesia. Informasi yang diberikan aplikasi ini juga bersumber dari data BMKG indonesia.

Fungsi aplikasi ini secara umum sama seperti aplikasi Info BMKG, bahkan data yang ditampilkan di aplikasi ini adalah data yang sama dengan yang ditampilakan pada aplikasi resmi BMKG. Bedanya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan.

3. EQ Info - Global Earthquakes

aplikasi eq infoFoto: Google Play

Aplikasi EQ Info - Global Earthquakes adalah aplikasi pendeteksi gempa yang tersedia untuk perangkat berbasis Android. Aplikasi ini gratis dan memiliki daftar komprehensif dari sumber-sumber informasi kesiapsiagaan gempa internasional.

Adapun sumber pemberitahuan gempa diantaranya berasal dari United States Geological Survey (USGS), European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC), British Geological Survey, Geoscience Australia, Naturan Resources Canada, Japan Meteorologi Agency, hingga BMKG.

4. Info Gempa Bumi Terkini

aplikasi info gempa bumi terkiniFoto: Google Play

Aplikasi Info Gempa Bumi Terkini memiliki informasi seputar situasi gempa bumi terupdate di Indonesia, dan dilengkapi juga dengan fitur perkiraan cuaca yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. 

Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengetahui jarak lokasi gempa dan mengukurnya dengan lokasi dimana kita berada, untuk memberikan peringatan awal bila gempa akan menjangkau wilayah yang kita diami.

Seluruh data dan informasi yang ada di aplikasi Info Gempa Bumi Terkini diambil dari BMKG, sehingga keakuratan datanya terjamin.

5. Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca

aplikasi info gempa bumiFoto: Google Play

Aplikasi pendeteksi gempa untuk Android berikutnya Info Gempa Bumi Terkini dan Cuaca. Salah satu aplikasi gempa terbaik ini punya cukup banyak fitur menarik yang ditawarkan dan tentunya sangat membantu ketika kita membutuhkan informasi gempa.

Untuk masalah tampilan, aplikasi ini hadir dengan pilihan warna dan user interface yang sederhana dan tentu saja user friendly. Untuk orang yang cukup gaptek sekalipun, aplikasi ini masih bisa dengan mudah dimengerti.

6. Earthquake Network - Realtime Alerts

aplikasi earthquake networkFoto: Google Play

Dari segi tampilan, aplikasi Earthquake Network - Realtime Alerts lumayan banyak menampilkan panel informasi. Selain itu, tab yang tersedia juga banyak dan aplikasi ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai pilihan.

Fitur andalan dari aplikasi pendeteksi gempa ini adalah real-time notification, dimana kamu akan mendapatkan informasi langsung ketika gempa baru saja terjadi. Dengan mendapat informasi yang cepat, tentu kita bisa melakukan antisipasi secara lebih cepat.

Bila kamu mencari aplikasi ini di Google Play, maka akan ada dua pilihan, yang versi gratis, dan versi berbayar dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

7. Vibration Meter

aplikasi vibration meterFoto: Google Play

Aplikasi pendeteksi gempa berikutnya hadir dengan ukuran yang cukup kecil dan bisa dijalankan pada smartphone Android kamu. Aplikasi Vibration Meter ini akan bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada smartphone Android yang akan mengukur getaran gempa.

Aplikasi ini akan memperingatkan berapa besar getaran atau gempa yang terjadi lengkap dengan dampak apa yang mungkin ditimbulkan oleh gempa tersebut. Vibration Meter juga sudah dibekali dengan alarm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selamatkan Diri Lebih Cepat

Dengan aplikasi-aplikasi pendeteksi gempa di atas, kita bisa mengambil keputusan lebih cepat cepat guna menyelamatkan diri ketika terjadi gempa. Tidak hanya menyelamatkan diri sendiri, kita juga bisa membantu menginformasikan ke teman maupun saudara yang daerahnya terdeteksi akan terkena dampak dari gempa. Jadi, ayo pasang aplikasi ini!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1248 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.