Diperbaharui pada Jumat, 29 September 2023 | 16:20

10 Aplikasi Edit Foto Jadi Video di Hp, Lebih Keren!

edit foto jadi videoFoto: Pexels

Salah satu cara membuat akun sosial media kamu jadi semakin menarik adalah dengan mengunggah foto yang bisa bergerak layaknya video, termasuk menambakan musik dan filter di dalamnya.

Nah kamu pun bisa mengubah foto menjadi video dengan sebuah aplikasi. Dan menggunakan aplikasi edit foto kamu juga bisa menambahkan musik agar hasil video lebih bagus.

Yang menarik, kekarang kamu dapat melakukannya di hp karena dianggap lebih praktis ketimbang memakai program khusus di laptop.

Beberapa aplikasi edit foto jadi video yang tersedia di Google Play Store akan memudahkan kamu untuk melakukannya. Selain lebih mudah, menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut juga bisa dilakukan dimana saja.

Membuat video lewat susunan foto (kolase) akan menciptakan video dalam format slideshow otomatis maupun video secara utuh. Selain itu, kamu bisa memberikan efek transisi sekaligus waktu tampil sesuai selera, dan tentunya menambahkan musik.

Penasaran mau langsung mencoba aplikasi edit foto jadi video yang Pricebook rekomendasikan? Simak ulasannya di bawah.

Aplikasi Edit Foto Jadi Video Terbaik

Berikut ini daftar aplikasi edit foto jadi video musik yang bisa kamu gunakan di hp Android.

1. Loopsie

aplikasi edit foto jadi video Loopsie

Dikembangkan Loopsie SRL, Loopsie merupakan aplikasi yang akan menciptakan kesan tiga dimensi dari hasil suntingan kamu. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Loopsie adalah kumpulan efeknya yang lebih lengkap.

Sedikit lebih baik bila dibandingkan aplikasi edit foto menjadi video sejenis seperti Dazz Cam atau Pixaloop. Jadi, kamu tak perlu mengunduh aplikasi lain buat memolesnya.

Loopsie juga mempunyai fitur integrated video camera yang bakal membantu kamu merekam video dalam resolusi full HD. Bahkan kamu juga tak perlu memakai tripod.

Karena Loppsie akan menghapus efek bergetar ekibat pegangan yang tak stabil. Antarmuka juga bersahabat untuk pengguna pemula, sehingga kamu tidak akan lama buat menguasai setiap fiturnya.

2. Motion Stills

aplikasi edit foto jadi video Motion Stills

Aplikasi edit foto ada lagunya ini dirancang khusus oleh Google dengan fitur canggih seperti AR (Augmented Reality). Bukan AR biasa, melainkan sudah memakai motion tracking yang membuat video bergerak alami.

Kamu pun bisa menambahkan macam-macam objek virtual seperti binatang, GIF, hingga video lain. Fitur istimewa lain dari Motion Stills adalah AR yang tak bergantung pada ARCore selama hp Android kamu punya gyroscope.

Google pun tak mau menyia-nyiakan produk lain yang mereka kelola. Mereka memasukkan objek-objek tiga dimensi dari Blocks dan yang tersedia dalam mode AR dari Poly untuk menghasilkan konten visual yang optimal.

3. Cinemagraph

aplikasi edit foto jadi video Cinemagraph

Selanjutnya ada Cinemagraph, aplikasi edit foto terbaik yang dikembangkan crazy labs. Dengan aplikasi ini, kamu akan mendapatkan kombinasi fotografi dengan videografi yang mengesankan.

Berbagai format disediakan Cinemagraph, sebut saja GIF yang resolusinya sampai 1080p. Belum lagi antarmuka yang simpel, sehingga mudah dipelajari pengguna pemula.

Fitur-fitur lainnya yang bisa kamu gunakan mencakup aneka filter real-time, menentukan frame rate untuk membuat GIF, serta self timer untuk mengambil cinemagraph anti-goyang.

Setelah selesai, GIF atau video buatan kamu bisa langsung dibagikan ke berbagai media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, bahkan WhatsApp.

4. KineMaster

aplikasi edit foto jadi video kinemaster

KineMaster adalah aplikasi editing video yang dapat digunakan untuk membuat foto kamu jadi lebih menarik ketika diungguh ke sosial media atau aplikasi berbagai pesan lainnya.

Aplikasi KineMaster dapat digunakan di perangkat smartphone, tablet, hingga laptop dan PC. Cara mengeditnya juga cukup mudah dan menyenangkan, karena kamu dapat menambahkan musik, stiker, efek khusus, teks, hingga filter.

Kamu bisa menggunakan KineMaster secara gratis, namun fitur yang disediakan pada versi gratisnya terbatas. Untuk membuka semua fitur lengkapnya, kamu perlu berlangganan dan menjadi anggota premium.

5. Funimate Video Editor

aplikasi edit foto jadi video Funimate Video Editor

Aplikasi Funimate Video Editor menawarkan fitur profesional untuk mengedit foto jadi video, sehingga video yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik, dengan resolusi yang baik.

Seperti pada aplikasi edit foto jadi video lainnya, dengan menggunakan Funimate Video Editor, kamu bisa menambahkan stiker, filter, teks, efek-efek video, hingga mengganti atau menambahkan background.

Video yang dibuat dengan aplikasi ini dapat langsung dibagikan ke sosial media seperti TikTok dan Instagram, karena sistemnya telah terintegrasi. Banyak pengguna TikTok yang mengedit video dengan menggunakan aplikasi ini.

6. Vimage

aplikasi edit foto jadi video Vimage

Kelebihan dari aplikasi Vimage adalah dapat membuat video-video dengan kualitas sinematik dan estetik, sehingga aplikasi ini sangat populer dikalangan penggemar seni visual, karena dapat membuat video yang unik dan lain dari biasanya.

Beberapa kelebihan lain dari aplikasi ini diantaranya membuat grafis dan video 3D, live wallpaper, hingga menambahkan efek visual layaknya video profesional. Motion photo yang ditawarkan oleh Vimage dijamin beda dari yang lain.

7. PicMotion

aplikasi edit foto jadi video PicMotion
PicMotion besutan Smart App Innovation adalah salah satu aplikasi edit foto dan video pakai musik favorit para pengguna ponsel Android. Seperti aplikasi-aplikasi editing sebelumnya, PicMotion menawarkan kemudahan.

Termasuk dalam menyusun foto untuk dijadikan video sederhana. Kamu pun bisa menyelipkan berbagai efek transisi supaya tampak menarik dengan antarmuka simpel untuk pengguna pemula.

Sehingga tak kesulitan saat mengenali cara kerja dan fitur PicMotion. Termasuk diantaranya memasukkan lagu atau instrumental sebagai background yang sedang digandrungi pengguna media sosial.

Kamu juga bisa membagikan atau mengunggah video ke platform lain seperti Facebook, Instagram, Youtube, maupun Tumblr.

8. PicsArt Photo Editor

aplikasi edit foto jadi video PicsArt Photo Editor

PicsArt adalah aplikasi edit foto yang lengkap, sesuai dengan jargon mereka, "All in one editor", sehingga kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah foto menjadi video yang keren dan kamu juga bisa dengan bangga membagikannya di sosial media.

Kamu bahkan bisa membuat foto kolase dalam format video, lalu menambahkan berbagai efek dan filter yang tersedia. Kamu bisa membuat filter sendiri, atau memakai filter yang telah ada.

Beberapa efek yang ditawarkan oleh aplikasi PicsArt juga sangat banyak. Kamu bisa mengubah warna rambut, warna mata, hingga mengias wajah dengan makeup digital.

9. Pixgram

aplikasi edit foto jadi video Pixgram
Dikembangkan Swiitt Computing, Pixgram bakal membantu kamu menyusun foto yang nantinya ditampilkan dalam format slideshow. Sejumlah fitur editing pun disiapkan supaya kamu bisa memilah foto atau gambar.

Jadi kamu tak perlu lagi mengunduh aplikasi edit foto ada lagunya yang lain. Bukan hanya lagu, Pixgram memungkinkan video yang kamu buat memperlihatkan lirik. Keunggulan ini yang membuat aplikasi tersebut dengan cepat mendapatkan penggemar.

Begitu selesai menyunting dan menyimpan video di Pixgram, kamu bisa langsung membagikannya ke media sosial seperti Twitter, Facebook, sampai Whatsapp.

10. VivaVideo

aplikasi edit foto jadi video VivaVideo

Kurang lengkap rasanya membahas aplikasi edit foto dan video tanpa memasukkan VivaVideo. Aplikasi yang dipegang QiVideo dan Video Maker App ini mampu mengolah foto-foto yang kamu masukkan jadi seperti video profesional.

Untuk membuat video pada aplikasi edit foto terbaik ini, konten yang dipilih bisa berasal dari koleksi di Galeri maupun direkam langsung lewat kamera. Di sini, kamu bisa menggunakan tema, jenis huruf, dan elemen lain yang tak tersedia di versi gratis. 

VivaVideo pun senantiasa memperbarui fitur, sehingga kamu bisa menambahkan elemen lain seperti teks, efek transisi, lagu, sticker, filter, dan lain sebagainya. Kamu yang tak mau terganggu iklan dan membutuhkan fitur lengkap bisa membeli versi pro VivaVideo.

Semua aplikasi di atas tersedia untuk ponsel berbasis Android, ada pula yang kompatibel dengan iOS untuk kamu yang menggunakan produk Apple.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Sebagai informasi tambahan, berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menggunakan aplikasi edit foto menjadi video musik.

Tujuan Pemakaian

Apa tujuan kamu mengunduh aplikasi editing ini? Sebagai media latihan, konten media sosial, atau sekadar iseng mencoba? Mengetahui tujuan akan membuat kamu tak salah saat memilih aplikasi dan hasilnya bisa diterapkan berdasarkan tujuan yang ingin kamu raih.

Ukuran File Aplikasi

Jangan instal aplikasi ukuran besar apabila kapasitas penyimpanan ponsel terbatas. Hal tersebut akan memberatkan dapur pacu dan menambah beban pada memori karena ada ‘sampah’ dari cache. Sekarang sudah ada banyak aplikasi editing dengan fitur lengkap untuk memori kecil, kok.

Iklan yang Muncul

Beberapa aplikasi foto edit estetik versi gratis biasanya memasang iklan dari pihak ketiga. Ada yang muncul sesekali, tetapi ada yang terlampau sering sampai mengganggu kegiatan kamu.

Dalam hal ini, selama iklan tak menghambat proses, aplikasi masih nyaman untuk digunakan buat menyunting;

Rating dan Review Pengguna

Google Play Store selalu menampilkan rating dan review dari pengguna. kamu dapat menilai performa aplikasi dengan membandingkan jumlah review positif dan negatif.

Tidak sedikit pengembang yang menambahkan video promosi agar kamu dapat melihat fitur dan cara kerja penyuntingan dalam aplikasi tersebut.

Itulah rekomendasi aplikasi edit foto jadi video musik yang bisa kamu coba dan gunakan sesuai keinginan. Semoga kamu bisa menghasilkan berbagai video mengesankan lewat kumpulan foto, ya, selamat mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2440 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.