Diperbaharui pada Senin, 12 Juni 2017 | 10:45

Review Asus Zenfone Zoom S: Pelopor Hape Dual Kamera di Lini Zenfone Series


Hape Asus Zenfone Zoom S merupakan generasi pertama di lini Asus Zenfone Series yang mengusung fitur dual kamera belakang yang optimal untuk fotografi. 

Asus terus berinovasi dengan menghadirkan smartphone berkualitas yang memberikan pengalaman baru kepada penggunanya. Termasuk dengan kehadiran hape Asus Zenfone Zoom S yang menonjolkan sisi fotografi dengan beragam yang dimilikinya.

Mengusung fitur dual kamera belakang, Asus Zenfone Zoom S memiliki dua focal length yang berbeda. Di satu sisi Anda mendapatkan kamera dengan lensa 25mm di dukung aperture f/1.7 dan kamera lain berlensa 59mm dengan aperture f/2.6 atau setara dengan sekitar 2.3x optical zoom.

Tidak hanya kamera, didalamnya Asus Zenfone Zoom S juga telah dijejali dengan konfigurasi spesifikasi yang tidak kalah menarik. Berikut ulasan lengkap setelah menggunakan hape dual kamera terbaru Asus Zenfone Zoom S.  

Desain Hape Asus Zenfone Zoom S


Hape ini sebenarnya merupakan penerus dari Asus Zenfone Zoom (yang di rilis 2015), namun secara fisik Asus Zenfone Zoom S lebih banyak mengadopsi bentuk hape Zenfone 3 Max ZC553KL. Lihat saja desainnya yang terkini dengan mengusung kaca 2,5D pada layar. Bagi yang belum mengenal 2,5D curved glass pada smartphone, ini merupakan teknologi layar yang melengkung di bagian tepi.

Penggunaan kaca 2,5D ini akan menghasilkan desain yang jauh lebih menarik pada perangkat, dan sudah banyak diterapkan pada ponsel masa kini. Selain itu, Asus Zenfone Zoom S juga menggunakan bezel panel layar yang cukup tipis memungkinkan bodi perangkat terlihat ramping. Sehingga tampilannya terlihat modern, apalagi bodinya sudah menggunakan material alumunium yang mengesankan kokoh dan solid.

Hanya saja, seperti hape dengan material metal lain, Asus Zenfone 3 Zoom S juga cukup licin. Namun dengan ketebalan hanya berkisar 7.99mm dengan bobot berkisar 170g membuat perangkat ini masih cukup nyaman digunakan dengan satu tangan. 

Asus menempatkan tombol power dan volume di sisi sebelah kanan atau sejajar dengan ibu jari pengguna. Di bagian bawah akan ditemukan port USB Type-C untuk proses charging dan melakukan transfer file yang lebih cepat. Port ini di apit speaker dan jack audio 3,55mm. Untuk menempatkan kartu SIM, Anda bisa menemukannya di sisi kiri. Sementara di bagian belakang, diletakkan dual kamera lengkap dengan dual flash led bersama pemindai sidik jari.

Layar Asus Zenfone Zoom S


Layar tidak luput dari perhatian Asus dalam memberi kualitas terbaik pada produk mereka. Layar Asus Zenfone Zoom S sudah berteknologi AMOLED dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Layar ini memang sangat cerah dan tajam, apalagi sudah memiliki tingkat kecerahan mencapai 500nit.

Artinya layar tersebut memiliki kecerahan yang baik dan akan tetap bisa dilihat meski sedang berada di kondisi sangat terang atau saat terpapar sinar matahari. Meski demikian, untuk kondisi terkena paparan sinar matahari langsung kita harus meningkatkan kecerahan layarnya hingga level maksimum.

Film atau bermain game dapat ditampilkan dengan kualitas yang optimal, mulai dari kecerahan, saturasi warna hingga detail gambar. Asus juga menyediakan fitur Bluelight Filter yang akan mereduksi warna biru pada layar untuk kenyamanan mata.  

Layar Asus ZenFone Zoom S juga sudah mengusung kontur layar 2,5D  untuk menambah tampilan yang lebih menarik. Tidak ketinggalan proteksi Corning Gorilla Glass 5 siap melindungi layar perangkat dari resiko goresan yang tidak diinginkan.

Kamera Asus Zenfone Zoom S


Sesuai dengan tema yang di usung, hape Asus Zenfone Zoom S memang sangat menonjolkan fitur kamera, salah satunya keberadaan dual kamera berteknologi superpixel. Perangkat ini menggabungkan dua sistem kamera, dimana satu kamera memiliki sebuah lensa wide-angle 12MP dengan aperture ƒ/1.7 yang dilengkapi teknologi Asus SuperPixel.

Hape dual kamera belakang lain :

Apple iPhone 7 Plus | Huawei P9 | Xiaomi Redmi Pro | Huawei Honor 6X | LG G5 

Kamera ini bisa digunakan untuk memotret aktivitas Anda sehari-hari. Dengan aperture f/1.7 memberikan pencahayaan yang lebih baik, terutama memotret di ruang minim cahaya. Makin optimal berkat dukungan sensor Sony IMX362,  ukuran pixel besar 1.4μm dan lensa enam elemen. Termasuk fitur optical image stabilization (OIS) dan electronic image stabilization (EIS).

Hasil kamera Asus Zenfone Zoom S :


Sedangkan satu kamera lainnya memiliki lensa beresolusi 12MP dengan optical zoom 2.3x. Kamera zoom ini sangat optimal untuk memotret foto close-up dengan kualitas tinggi meski dari jarak jauh. Proses peralihan antara dual kamera di hape ZenFone Zoom S ini hanya memakan waktu sekejap, dimana kombinasi keduanya mampu memberikan efek yang lebih mendalam.

Tidak hanya itu, kameranya juga memiliki fasilitas zoom hingga maksimal 12x. Satu fitur lain yang bisa Anda gunakan adalah auto-focus yang cepat hanya dalam 0,03 detik. Sangat berguna untuk memotret momen yang tak terduga.

Bagi Anda yang hobi fotografi bisa memaksimalkan beragam modus pemotretan yang disediakan untuk berkreasi. Atau ingin mengkesplorasi kemampuan fotorgrafi bisa menggunakan modus manual lengkap dengan pengaturan kecepatan shutter, white balance, EV, ISO dan metering, ditambah dua fitur unik yaitu dukungan untuk format foto RAW dan kemampuan untuk beralih langsung antara lensa ganda baik untuk panjang fokus 25mm atau 59mm.


Kemampuan lain kamera Asus ZenFone Zoom S ada pada menangkap video sampai dengan resolusi 4K UHD (3840 x 2160) atau 4 kali kualitas Full HD. Hanya saja video yang dihasilkan memiliki ukuran file yang cukup besar. Perekaman video 4K dengan durasi 4 detik saja menghasilkan file video berukuran 198MB.

Bagaimana dengan kamera depan Asus ZenFone Zoom S? Tidak perlu khawatir, karena Asus juga menanam kamera depan berkualitas dengan sensor Sony IMX214 beresolusi 13MP dan Asus SuperPixel Technology yang dapat meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 2 kali. Dikombinasikan dengan ZenUI Camera app’s unique Beautification dan 140° Selfie Panorama modes, Anda akan mengambil selfie dengan lebih detail daripada.

Audio Asus Zenfone Zoom S dengan 5-Magnet Speaker


Selain kamera, hape Asus Zenfone Zoom S juga dibekali output audio yang akan memanjakan telinga Anda. Berkat keberadaan teknologi SonicMaster dan sertifikasi High-Res Audio, keunggulan audio ini memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan.

Selain itu, kekuatan audio ini juga terletak pada konstruksi speaker lima magnet yang canggih, kumparan suara logam dan ruang suara luas yang didukung oleh NXP Smart AMP. Audio ini akan terasa maksimal bila dihubungkan dengan headphone atau earbuds untuk makin menikmati pengalaman kualitas High-Res Audio.

Anda bisa mendengarkan audio Asus ZenFone Zoom S dengan level studio di 24-bit/192kHz playback, atau 4x lebih baik dari kualitas CD. Bahkan bisa mengelilingi diri Anda dengan suara, dengan built-in support DTS Headphone: X 7.1.

Performa Asus Zenfone Zoom S

Bicara performa, hape Asus Zenfone Zoom S memang hanya dibekali prosesor kelas menengah dari Qualcomm Snapdragon 625. Namun pemilihan ini bukan tanpa dasar, karena Snapdragon 625 termasuk prosesor yang cukup efisien dalam konsumsi daya. Hal ini tentu memberi kemampuan lebih pada daya tahan baterai tanpa meninggalkan kinerja.

Hape dengan Qualcomm Snapdragon 625 :

Xiaomi Redmi Note 4 | Vivo V5 Plus | Asus Zenfone 3 | Lenovo P2 | Motorola Moto Z Play | Xiaomi Redmi 4 Prime | Samsung Galaxy C7

Untuk menyokong  kinerja prosesornya, Asus menanam memori RAM 4GB dan pengolah grafis Adreno 506 dengan ruang penyimpanan internal sebesar 64GB. Tentunya dengan spesifikasi demikian memungkinkan Anda untuk bekerja secara multitasking. Baik berkaitan dengan pekerjaan kantor seperti aktivitas email, browsing, atau mengisi luang dengan memainkan game yang sedang populer.

Dari hasil pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark Antutu, Geekbench 4 dan 3D Mark, skor yang di dapat hape Asus Zenfone Zoom S juga  terbilang cukup baik. Berikut hasilnya :


Satu lain yang membuat hape ini layak dimiliki adalah kemampuan baterai dalam menyuplai daya. Untuk memberi daya pada perangkat, Asus menanam baterai berkapasitas hingga 5.000mAh. Dengan kapasitas yang besar bahkan bisa Anda manfaatkan menjadi power bank untuk mengisi perangkat lain.

Asus mengklaim jika baterai ini memiliki waktu standby hingga 42 hari dengan proses merekam video 4K selama 6,4 jam. Saat di coba untuk memainkan video streaming  HD berdurasi 1 jam lebih, baterai Asus Zenfone Zoom S hanya berkurang 8 persen.

Hape baterai 5000 mAh lain :

Lenovo P1 TurboLenovo P2 Turbo | Oppo R7 Plus | Samsung Galaxy A9 Pro

Sedangkan untuk pemakaian aktif (email, browsing, instan messaging, sosmed) baterainya mampu bertahan seharian penuh. Yang menarik adalah Asus menyematkan fitur pengisian cepat yang dapat mengisi ZenFone Zoom S hingga penuh dalam tiga jam melalui port USB type-C.

Mengingat kapasitasnya yang besar, kemampuan pegisian cepat pada perangkat ini sangat baik. Dalam waktu 15 menit pengisian, baterainya sudah terisi hingga 11 persen dan akan terisi penuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Kesimpulan

Joe Taslim, Brand Ambassador Asus Zenfone Zoom S

Klaim Asus Zenfone Zoom S sebagai hape untuk fotografi setidaknya dibuktikan dengan keberadaan fitur untuk mendukung kualitas kameranya. Fitur-fitur tersebut memang mampu memberikan hasil foto yang sangat optimal.

Apalagi bagi Anda yang gemar fotografi, dapat mengotak atik ragam fitur kamera yang ada untuk menghasilkan foto yang memiliki nilai seni terbaik.  Menariknya, perangkat ini juga sudah di dukung baterai berkapasitas besar, memungkinkan Anda untuk memaksimalkan fitur-fitur kamera yang ada tanpa khawatir cepat kehabisan daya.

Di luar itu, hape Asus Zenfone Zoom S sangat bisa diandalkan untuk beraktivitas sehari-hari dengan konfigurasi spesifikasi yang mumpuni. Baik untuk bekerja, bersosial media, sarana hiburan atau memainkan game kesukaan Anda.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 6.0.1
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 13 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Review Wiko Harry: Sudah Android Nougat dengan Memori RAM 3GB, Harga Terjangkau
Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama
Review Moto Z: Cara Baru Berkomunikasi dan Menikmati Hiburan
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.