Diperbaharui pada Selasa, 6 Juni 2017 | 11:08

Review Wiko Harry: Sudah Android Nougat dengan Memori RAM 3GB, Harga Terjangkau


Hape Wiko Harry menawarkan pengalaman OS Android Nougat terbaru dan penggunaan memori RAM 3GB dengan harga yang terjangkau.

Ini merupakan hape teranyar yang baru saja di rilis Wiko ke pasar Indonesia. Smartphone ini hadir dengan dukungan beragam fitur dan spesifikasi menarik, salah satunya adalah menggunakan OS Android 7.0 Nougat. Tidak hanya itu, yang membuat hape Andorid Nougat terbaru ini makin menarik adalah keberadaan memori RAM 3GB yang siap mendukung aktivitas multitasking penggunanya

Hadir dengan 3 varian warna yaitu Bleen, Anthracite (Black) dan Gold, berikut pengalaman Pricebook menggunakan hape Android Nougat RAM 3GB Wiko Harry ini.

Desain

Hape Wiko Harry hadir dengan desain yang terlihat simpel. Bentuknya memang tidak terlalu ramping namun memiliki ukuran yang masih terasa pas di tangan. Apalagi bagian belakangnya di buat sedikit melengkung sehingga makin kokoh saat berada dalam genggaman.

Awalnya kami mengira hape Wiko Harry mengusung konsep desain unibody dengan baterai tanam. Namun ternyata bagian belakang perangkat ini bisa di lepas dengan keberadaan baterai removeable. Termasuk didalamnya juga tersemat dua slot kartu SIM 4G LTE dan sebuah slot memori microSD. Dan baterai removeable memiliki kelebihan saat perangkat mengalami hang atau eror, di mana Anda cukup lepas baterai dan pasang kembali.


Di bagian belakang juga terpasang kamera utama yang dilengkapi flash led. Sayangnya, penempatan kamera yang sedikit menonjol dari cover belakang ini cukup riskan dari resiko tergores. Jadi lebih disarankan Anda menggunakan case eksternal untuk mengurangi resiko tersebut.

Untuk tombol-tombol seperti volume dan power ada di samping kanan dengan port charging dan jack 3.55mm ditempatkan di bagian atas. Tidak lupa Wiko juga menaruh 3 tombol virtual (back, home, recent) di bawah layar. Anda juga masih bisa mengatur posisi 3 tombol virtual ini dengan opsi (back, home, recent) atau (recent, home, back), sesuai kebiasaan.

Layar

Dari sisi media tatap muka, hape Wiko Harry di dukung layar 5 inci berjenis IPS dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Salah satu kelebihan dari layar 5 inci yaitu cukup nyaman saat dimasukkan ke dalam saku, terutama saku celana yang tidak terlalu dalam. Secara kualitas, layar Wiko Harry ini cukup oke untuk beraktivitas sehari-hari, gambar masih terlihat jelas.

Wiko juga telah menanam fitur adaptive brightness yang akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar dari kondisi cahaya di sekitarnya. Dalam posisi terpapar cahaya langsung, fitur adaptive brightness akan meningkatkan kecerahan layar secara otomatis sehingga masih dapat di lihat pengguna. Sangat bermanfaat ketika beraktivitas di luar ruangan, terutama saat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

OS Android 7.0 Nougat


Salah satu nilai lebih dari hape Wiko Harry adalah Anda dapat menikmati OS Android terbaru dalam versi 7.0 Nougat. Wiko juga sudah melakukan kustomisasi user interface-nya agar terlihat makin menarik dan mudah digunakan. Termasuk menambah sejumlah fitur yang cukup berguna. Sebut saja Smart Action yang memiliki banyak fungsi seperti mengetuk layar 2x untuk mengaktifkan dan mengunci layar, flip to mute, direct to call, flip to snooze dan lainnya.

Fitur yang tak kalah berguna adalah Smart Gesture yang memungkinkan Anda membuka aplikasi tertentu hanya dengan membuat gesture huruf atau apapun dalam keadaan layar terkunci. Di luar gesture dan aplikasi default, Anda juga bisa membuat gesture sendiri untuk aplikasi yang sering di buka untuk mempercepat aktivitas. Meski bukan sebuah fitur baru tetapi kehadiran fitur ini masih terasa berguna bagi sebagian pengguna.

Kamera

Saat ini kamera telah menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan saat ingin membeli sebuah ponsel. Untuk itu, Wiko telah melengkapi hape Android terbaru mereka dengan kamera utama yabg beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Fitur yang ditawarkan kamera hape Wiko Harry cukup komplit untuk ukuran harga yang ditawarkan. Anda bisa memanfaatkan fitur FaceBeauty untuk mempercantik wajah objek dengan beberapa fasilitas menarik. Atau menggunakan fitur HDR untuk meningkatkan cahaya dan warna pada foto.

Bagi yang ingin lebih bereksplorasi bisa memilih modus profesional dengan mengatur setingan kamera sendiri, seperti fokus manual, pengaturan ISO, ketajaman dan lainnya.

Untuk pemotretan di luar ruang dengan cahaya memadai, hasil kamera Wiko Harry cukup baik untuk mengabadikan momen pribadi. Gambar terlihat jelas dengan saturasi warna yang terbilang masih cukup akurat. Sedangkan hasil kamera di dalam ruangan memang terlihat noise, namun Anda bisa memanfaatkan keberadaan flash led yang disediakan.

Hasil Foto Kamera hape Wiko Harry :

Hasil foto outdoor

Hasil foto indoor

Performa

Bicara kinerja, Wiko Harry ditenagai prosesor MediaTek MT6737 yang memiliki kecepatan 1,3 Ghz. Yang membuatnya makin bertenaga adalah penanaman memori RAM yang cukup besar berkapasitas 3GB. Perpaduan prosesor dan RAM 3GB ini menjadikan kinerja hape Wiko Harry makin maksimal, terutama untuk beraktivitas secara multitasking.

Itulah yang kami rasakan saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, tidak menemukan terjadinya lag ataupun hang. Termasuk optimal saat memainkan game-game standar yang tidak menuntut grafis berat serta lancar memutar film HD secara streaming.

Wiko juga menyiapkan ruang penyimpanan internal sebesar 16GB dengan opsi perluasan memori melalui microSD hingga 128GB. Dari hasil pengujian benchmark Antutu hape Android Nougat Wiko Harry memperoleh skor 27903, sedangkan hasil uji benchmark Geekbench 4 meraik poin 532 (single core) dan 1527 (multi core). Untuk kinerja baterai, memutar film HD dengan durasi 1 jam baterainya berkurang sekitar 20 persen. Sedangkan untuk penggunaan aktif, baterai hape WIko Harry memiliki waktu screen on mencapai 3 jam lebih.


Kesimpulan

Hape Wiko Harry coba menarik perhatian konsumen melalui penggunaan OS Android Nougat terbaru. Apalagi sudah dilengkapi dengan memori RAM 3GB, hape ini cocok untuk Anda yang banyak beraktivitas secara multitasking. Tidak perlu kocek dalam, karena Wiko Harry dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau, hanya Rp 1,599,000.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5 inch
OS Version 7
Detail Prosesor -
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.3 GHz
GPU -
RAM 3 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 2500 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Review Xiaomi Redmi Note 4: Bodi Lebih Ramping, Baterai Tetap Tahan Lama
Review Acer Swift 3: Laptop Stylish yang Memiliki Performa Optimal
Review Mesin Kopi Nescafé Dolce Gusto MINI ME Automatic
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.