Diperbaharui pada Rabu, 27 Desember 2023 | 14:24

Tecno Pova 5 Pro, Tiga Bulan Pakai Hp Desain Unik

review Tecno Pova 5 Pro

Hp gaming memang sedang naik daun di kalangan pecinta game mobile. Namun, tidak semua orang memiliki budget yang cukup untuk membeli Hp gaming kelas atas dengan spesifikasi mumpuni.

Bagi Anda yang mencari Hp gaming murah namun tetap bisa memenuhi kebutuhan bermain game, Anda mungkin tertarik dengan Tecno Pova 5 Pro.

Tecno Pova 5 Pro, Hp terbaru Tecno yang mendukung jaringan 5G, desainnya yang unik dan keren, serta performanya yang cukup baik untuk kelasnya. Kami sudah menggunakan Hp ini selama beberapa bulan, dan berikut adalah pengalaman Kami menggunakannya.

Desain dan Tampilan

review Tecno Pova 5 Pro

Salah satu hal yang membuat Kami tertarik dengan Hp ini adalah desainnya yang futuristik dan menarik. Hp ini memiliki panel transparan dan strip LED di bagian belakang yang bisa disesuaikan warna dan polanya. Strip LED ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi Hp, seperti saat menyalakan, menerima panggilan, baterai lemah, bermain game, atau mengisi daya. Kami suka dengan efek pencahayaan ini, karena membuat Hp ini terlihat lebih hidup dan stylish.

Hp ini juga memiliki layar yang besar dan berkualitas, yaitu 6.78 inci IPS LCD dengan resolusi 1080x2460 piksel. Layarnya juga mendukung refresh rate 120Hz, yang membuat tampilan lebih halus dan responsif. Kami bisa menikmati konten seperti video, foto, atau game dengan lebih nyaman dan puas. Layarnya juga cukup terang dan tajam, meskipun agak sulit dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Performa dan Gaming

review Tecno Pova 5 Pro

Tecno Pova 5 Pro memiliki performa yang cukup baik untuk kelasnya, berkat chipset MediaТek Dimensity 6080 yang dibuat dengan Tecnologi 6 nm. Chipset ini memiliki delapan inti, yaitu dua inti Cortex-A76 dengan kecepatan 2.4 GHz dan enam inti Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0 GHz. Chipset ini juga dilengkapi dengan GPU Mali-G57 MC2, yang bisa menghandle grafis dengan baik.

Hp RAM 8 GB ini juga memiliki penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. RAM ini juga bisa diekspansi hingga 8 GB lagi, sehingga totalnya menjadi 16 GB. Kami bisa menjalankan banyak aplikasi dan game tanpa mengalami lag atau hambatan. Penyimpanannya juga cukup besar untuk menyimpan file-file Kami, dan bisa ditambah dengan microSD hingga 1 TB.

Kriteria Spesifikasi
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
Dimensi 168.5 x 76.5 x 9 mm
Berat 212 g
Ukuran Layar 6.78 inch
Screen Resolution 1080 x 2460 Pixel
Technology IPS LCD
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
OS Version Android 13
Detail Prosesor Dimensity 6080
GPU Mali-G57 MC2
Prosesor MediaTek
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Salah satu keunggulan Hp ini adalah fitur-fitur yang mendukung pengalaman gaming. Hp ini memiliki kipas pendingin yang bisa menurunkan suhu chipset sekitar 2°C, sehingga Hp tidak mudah panas saat bermain game berat. Hp ini juga memiliki motor getar yang bisa memberikan feedback taktil sesuai dengan konteks game, seperti saat menembak, mengendarai mobil, atau menghindari serangan. Kami merasa lebih terlibat dan seru saat bermain game dengan fitur ini.

Hp ini juga memiliki mode bypass charging, yang bisa mengisi daya tanpa mempengaruhi performa Hp. Mode ini berguna saat Kami ingin bermain game sambil mengisi daya, tanpa khawatir Hp menjadi panas atau lemot. Kami bisa bermain game seperti Mobile Legend, Free Fire, atau PUBG Mobile dengan frame rate yang tinggi dan stabil, berkat optimisasi yang dilakukan oleh Tecno dengan beberapa pengembang game.

Kamera dan Baterai

Tecno Pova 5 Pro

Tecno Pova 5 Pro memiliki kamera belakang 50 MP, yang bisa menghasilkan foto yang detail dan jernih. Kamera ini juga memiliki fitur PDAF, yang bisa memfokuskan objek dengan cepat dan akurat. Kami bisa mengambil foto dengan berbagai mode, seperti HDR, panorama, bokeh, atau AI. Hasil fotonya cukup bagus, meskipun ada beberapa noise di kondisi cahaya rendah.

Kamera depannya adalah 16 MP, yang bisa digunakan untuk selfie atau video call. Kamera ini juga memiliki beberapa filter kecantikan, yang bisa membuat wajah Kami terlihat lebih halus dan cerah. Kami suka dengan hasil selfie Kami, meskipun ada beberapa filter yang terlalu agresif dan membuat wajah Kami terlihat tidak alami.

Baterainya adalah 5000 mAh, yang bisa bertahan sekitar satu hari pemakaian normal, atau sekitar lima jam bermain game. Baterainya juga mendukung pengisian cepat 68W, yang bisa mengisi daya dari 0% hingga 50% dalam 15 menit, atau hingga 100% dalam 40 menit. Kami kagum dengan kecepatan pengisian ini, karena membuat Kami tidak perlu menunggu lama untuk mengisi daya Hp Kami.

Kelebihan dan Kekurangan

kelebihan Tecno Pova 5 pro

Setelah menggunakan Hp ini selama beberapa bulan, Kami bisa menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari Hp ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan:

  • Desain yang unik dan keren, dengan strip LED yang bisa disesuaikan.
  • Layar yang besar dan berkualitas, dengan refresh rate 120Hz.
  • Performa yang cukup baik untuk kelasnya, terutama untuk gaming.
  • Baterai yang tahan lama, dan pengisian yang cepat dengan 68W.
  • Mendukung jaringan 5G, NFC, dan dual speaker.

Kekurangan:

  • Kecerahan layar yang terbatas, terutama di bawah sinar matahari langsung.
  • Bloatware yang cukup banyak dan mengganggu.
  • Mudah kotor oleh sidik jari dan debu.
  • Bisa menjadi panas saat pengisian cepat atau bermain game berat.

Kesimpulan

Tecno Pova 5 pro

Tecno Pova 5 Pro adalah Hp yang cocok bagi Kami yang mencari Hp gaming dengan desain futuristik dan harga terjangkau. Hp ini menawarkan performa yang cukup baik untuk kelasnya, layar yang besar dan berkualitas, baterai yang tahan lama, dan pengisian yang cepat.

Meskipun ada beberapa kekurangan, seperti kecerahan layar yang terbatas, bloatware yang banyak, dan suhu yang bisa naik saat pengisian atau gaming, Hp ini tetap memberikan nilai yang baik untuk harganya, terutama bagi Kami yang suka bermain game dan mencari Hp yang stylish dan fungsional.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1684 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.