Diperbaharui pada Kamis, 25 Januari 2018 | 09:37

Xiaomi Mulai Kembangkan MIUI 10 dengan Fitur AI

Produsen smartphone asal China Xiaomi akhirnya resmi mengumumkan telah mulai mengembangkan OS terbaru miliknya, MIUI 10. Seperti yang diketahui, MIUI merupakan software buatan Xiaomi yang dikembangkan berdasarkan OS Android.

Perusahaan ini mengumumkan kabar ini dalam sebuah ajang pertemuan penghargaan MIUI di China pada 23 Januari kemarin. Dalam ajang tersebut, Hong Feng selaku Co-Founder, VP dari Xiaomi dan pemimpin divisi MIUI mengungkapkan bahwa produsen Xiaomi akan fokus mengembangkan sistem dengan fitur AI dan fitur mesin pembelajaran baru.

Hal ini tentu akan menjadi ubahan besar dalam MIUI berikutnya. Sebagai perbandingan, MIUI 9 Sebelumnya dibuat dengan sistem yang lebih stabil, lebih smooth dan lebih hemat baterai.

Tentu dalam MIUI 10, ambisi terbaru Xiaomi ingin membuat jarak antara produsen smartphone lainnya seperti Apple, Google bahkan Huawei yang menggunakan sistem stock. Dalam kabar lebih lanjut, Feng mengungkapkan bahwa Xiaomi sedang berkonsentrasi untuk melebarkan sayapnya secara global.

Xiaomi ingin penjualan produknya terus meningkat dalam setiap bulannya. Setidaknya dalam data terbaru menyebutkan lebih dari 289 juta pengguna aktif MIUI yang ada di dunia, 20% diantaranya atau 56 juta pengguna berada di luar China. Maka dengan hadirnya MIUI terbaru akan membuat jumlah pengguna MIUI terus berkembang.

Untuk sistem MIUI paling akhir yang dihadirkan Xiaomi ialah versi 9.1.1. Meskipun ada beberapa pengguna yang sudah mendapat update 9.2.1 Beta. MIUI 9 menghadirkan fitur mirip dengan OS Android Nougat, termasuk fitur Split Screen.

Nantinya, Xiaomi juga berencana akan menghadirkan fitur Picture in Picture pada update MIUI 9. Xiaomi juga akan menghadirkan sejumlah modifikasi untuk memaksimalkan kinerja MIUI 9, memperbaiki bug dan mengembangkan fitur lainnya.

Xiaomi bahkan menghadirkan Game Speed Booster yang membuat MIUI lebih stabil kala digunakan gaming. Beberapa smartphone yang dapat MIUI 9 juga hadir dengan ubahan ikon dan launcher. Sedangkan beberapa  smartphone Xiaomi lainnya di pasar yang berbeda mendapat tema, wallpaper baru, dan aplikasi kalender untuk liburan.

Untuk bisa melakukan update MIUI 9, kamu cukup menunggu notifikasi update MIUI. Untuk itu, pastikan koneksi internet kamu stabil dan cepat. Bila kamu mendapat notifikasi, segera klik notifikasi update tersebut untuk melakukan update OTA.

Cara berikutnya, kamu bisa masuk ke settings – My Device – MIUI Version. Atau kamu bisa mengecek update ke Forum MIUI. Selain menghadirkan fitur AI, MIUI 10 juga akan menghadirkan beberapa fitur khas OS Android O. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel:

MIUI 9 Mulai Disebar untuk 27 Ponsel Xiaomi Seri Baru dan Lama

MIUI 9 Global Stable ROM Sambangi Perangkat Xiaomi Mi 6

Xiaomi Mi 5 dan Xiaomi Mi 5s Plus Sudah Dapat MIUI 9

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts