USB 3.2 Bawa Kecepatan 20 Gbps, Rilis September Mendatang

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 28 Jul 2017 | 15:50

Image via Anandtech

USB menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah perangkat teknologi. Pasalnya komponen ini menjadi tempat untuk memindahkan data hingga mengisi daya. Tidak heran, beberapa produsen lebih senang menggunakan USB terbaru.

Menyadari hal tersebut, USB 3.0 Promoter Group selaku pihak yang mengembangkan standar USB, mengembangkan varian USB berkecepatan tinggi. Kabar ini kian jelas dengan diperkenalkannya spesifikasi awal USB generasi terbaru yakni USB 3.2. Ini merupakan USB dengan kecepatan data standar baru yang diklaim bisa 2x lebih kencang dari USB generasi 3.1. Sayangnya, ini semua masih belum final karena masih dalam tahap pengembangan. USB terbaru ini baru akan benar-benar dirilis pada September mendatang.

USB 3.2 akan menggunakan standar baru dalam hal pemindahan data dan pengisian daya. Salah satu standar baru yang dikembangkan ialah hadirnya dukungan untuk multi-lane operation. Artinya, USB ini bisa memanfaatkan lebih dari satu jalur data untuk komunikasi antar perangkat. Tidak heran, kecepatan yang ditawarkan USB 3.2 bisa mencapai 2x lipat dari USB 3.1.

Bahkan dalam menggunakan kabel USB-C mampu mengantarkan performa kecepatan lebih dari 2 GB/detik. Sayangnya, tidak semua kabel USB-C bisa mendukung multi lane operation. Hanya kabel tersertifikasi sesuai spesifikasi saja yang bisa mendukung fitur kecepatan ini. Jika menggunakan kabel data biasa saja maka kecepatan akan lebih rendah namun tetap lebih cepat dibanding USB generasi lama.

USB 3.2 masih kompatibel dengan standar lama, termasuk USB 2.0, USB 3.0 serta USB 3.1. Hal ini terjadi karena USB 3.2 masih menggunakan sebagian spesifikasi dari USB 3.0.

USB 3.1 sendiri menawarkan 3 peningkatan besar daripada USB 3.0. Sebut saja adanya C Type Connector yang memudahkan pengguna menghubungkan antar perangkat, hingga kecepatan pemindahan data mencapai 10 Gbps. Konektor pada USB 3.1 didesain lebih kecil dan tipis. Walaupun kecil, konektor ini bisa digunakan untuk mengisi daya.

USB atau Universl Serial Bus sendiri dikembangkan pada tahun 1990 untuk membantuk komunikasi termasuk menghubungkan antar perangkat seperti komputer dengan printer atau scanner. Dalam pengembangannya, USB kian memiliki fungsi yang beragam termasuk untuk memindahkan data antar perangkat hingga mengisi daya.

USB 3.0 dirilis pada November 2008, hampir delapan tahun lamanya setelah seri USB 2.0 dirilis. Setelah itu, pada tahun 2015 lalu diperkenalkan USB 3.1. Dan September mendatang giliran USB 3.2 dirilis. Kita nantikan saja.

Baca juga artikel:

HyperX Rilis USB Drive Super Cepat, HyperX Savage

Ini Harga Kabel OTG Xiaomi di Berbagai Toko Online

Smartphone Sony dengan Dukungan Fitur OTG

Artikel Lainnya

Komentar