Apple iPad Masih Jadi Tablet Paling Populer di Dunia Awal 2017

Oleh Aris Wibowo updated Jumat, 05 Mei 2017 | 16:37

Image via iMore

Apple memang terus mengembangkan produk smartphone iOS iPhone beberapa tahun ini. Walaupun demikian, Apple ternyata tidak melupakan kelas tablet dengan terus memasarkan varian iPad. Meski tidak sepesat iPhone, diam-diam tablet iOS ini masih menjadi yang paling populer selama 3 bulan awal tahun 2017 ini.

Meski pengiriman tablet iPad menurun hingga 13% dibanding tahun 2016, tablet Apple ini ternyata masih diminati banyak orang dengan fakta 8,9 juta unit tablet yang dikirim di kuartal pertama 2017. Hal ini berbeda jauh dengan data tahun lalu, yang menyebutkan semua varian iPad dipasarkan sebanyak 10,3 juta unit.

iPad juga masih menguasai pasar tablet dunia. Tablet iOS ini bahkan menguasai lebih dari 24% pasar tablet dunia. Menariknya dalam jajaran tablet iPad, nama iPad Pro masih menjadi tablet yang paling diminati. iPad Pro sendiri dirilis pada tahun 2015 silam. Tablet iOS ini mengusung layar 12,9 inci (versi 2015) dan layar 9,7 inci (versi 2016) dengan teknologi retina display. Layar ini hadir dengan teknologi baru yang diharapkan bisa memudahkan pengguna dalam beraktifitas. Apple bahkan menghadirkan chipset baru A9X yang diklaim lebih powerful dan membawa pengalaman layaknya menggunakan komputer desktop. Hal ini semakin terasa, pasalnya iPad Pro akan dibekali RAM 4GB. Tentu spesifikasi ini sangat menjanjikan ditengah persaingan pasar tablet yang kian meredup.

Tablet Samsung hanya memiliki 16,5% pangsa pasar

Tidak hanya Apple yang bermain di kelas tablet. Samsung juga masih memiliki beberapa varian tablet Android yang cukup berperforma tinggi. Samsung berhasil mengapalkan sebanyak 6 juta tablet di kuartal pertama tahun 2017, menurun 1,1%. Hal ini membuat jarak antara Apple dan Samsung terus berbedakatan.

Yang menarik dalam data pasar tablet terbaru ialah pengiriman tablet dari Huawei. Pasalnya, produsen asal Cina ini mencatat jumlah pengiriman yang cukup meningkat tajam hingga 31,7%. Tablet Huawei kini memiliki pangsa pasar 7,4%.

Peningkatan ini terjadi akibat Huawei terus menghadirkan tablet-tablet Android baru baik tablet premium hingga tablet entry-level. Setelah Huawei, ada produsen Amazon dan Lenovo yang juga mengalami penurunan pengiriman tablet. Kedua produsen ini sudah memiliki pangsa pasar 6% dan 5,7%.

Secara keseluruhan, pasar tablet dunia masih hidup dengan mengirimkan lebih dari 36,2 juta tablet selama kuartal pertama tahun 2017 ini. Hal ini memang turun 8,5% dari data tahun sebelumnya. Pasalnya semakin banyaknya smartphone layar lebar, pasar tablet memang diperkirakan akan terus menurun di masa akan datang.

Baca juga artikel:
Tablet Android Huawei MediaPad T3 Dibandrol Mulai Rp 1,8 Jutaan
ASUS Rilis Tablet 2in1 Baru, ASUS Transformer Pro 2017
Apple Rilis iPad 9,7 Terbaru, Harganya Paling Murah di Tahun 2017 Ini

Artikel Lainnya

Komentar