Teknologi Fast Charging Meizu, 20 Menit Langsung Full!

Oleh Aris Wibowo updated Kamis, 2 Mar 2017 | 10:34

Salah satu produsen smartphone asal Tiongkok, Meizu terkenal sebagai produsen smartphone murah dengan spek mumpuni. Namun, ternyata diam-diam Meizu telah mengembangkan teknologi charger baru.

Bahkan beberapa waktu lalu, Meizu mengejutkan banyak pihak dengan mengumumkan salah satu teknologi terbarunya yakni Super mCharge. Ini merupakan teknologi teknologi pengisian daya super cepat yang memanfaatkan kabel data dan sirkuit pintar yang mempercepat pengisian daya. Meizu mengklaim bahwa teknologi ini membuat pengguna bisa mengisi daya penuh sebuah smartphone hanya dalam waktu 20 menit saja.

Teknologi fast charging ini tentu menarik perhatian banyak pihak dalam ajang Mobile World Congress 2017. Sayangnya, hingga saat ini Meizu belum memberitahukan rencana lebih lanjut mengenai teknologi Super mCharge ini. Namun, dari beberapa bocoran, Meizu berencana menghadirkan teknologi ini secara nyata ke produk smartphone massal pada akhir tahun 2017 atau awal 2018.

Bila ini memang teknologi pengisian daya ini dipasang di smartphone, teknologi Super mCharge ini menjadi salah satu teknologi fast charging tercepat yang pernah ada. Meizu sendiri masih mengembangkan kabel data dan charger dengan sirkuit baru agar teknologi ini bisa maksimal dan optimal digunakan. Nantinya, charger Meizu ini mampu memberikan tegangan listrik 11V/5A dengan total daya 55W serta kabel data tersebut mampu mendukung daya hingga 160W.

Lebih lanjut lagi, Meizu mengungkap bahwa teknologi Super mCharge bisa terwujud akibat penggunaan dua sirkuit konversi baru yang mampu secara langsung mengatur setengah dari voltase output dari charger. Dengan daya yang lumayan besar ini, hasil uji baterai Meizu berhasil mempertahankan kapasitas asli setelah diisi ulang hingga 800 kali.

Sekadar informasi, saat ini teknologi pengisian daya tercepat yang ada baru dihadirkan pada beberapa smartphone premium. Teknologi fast charging saat ini bahkan baru bisa mengisi penuh baterai smartphone dalam waktu 90 menit saja. Bahkan untuk yang paling baru, Huawei berhasil menghadirkan pengisian daya yang cukup cepat dibawah 70 menit. Hal ini tentu menjadi peluang bagi Meizu untuk mengembangkan teknologi fast charging, Super mCharge.

Baca juga artikel:
Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617
Meizu M5s, Smartphone RAM 3GB Harga Murah
Keren! Meizu Pro 7 Pakai Chipset Helio X30 dan Layar 4K

Artikel Lainnya

Komentar